Kalimat Sumbang

Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mengacu ke ide pokok dalam sebuah paragraf.



Kalimat Sumbang
1.      (1) Tanaman perlu perawatan. (2) Merawat tanaman dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk, menyirami setiap hari, dan menyiangi rumput yang menggangu pertumbuhannya. (3) Rumput ada yang dijadikan obat. (4) Tanaman akan tumbuh dengan baik apabila perawatan tanaman dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Kalimat penjelas yang tidak mengacu kepada kalimat utama adalah kalimat....
A. 1              B. 2                C. 3                             D. 4

2.       (1) Temulawak merupakan tanaman yang sangat familiar dengan orang Indonesia. (2) Tanaman dengan daun panjang ini memiliki aroma khas karena kandungan minyak astirinya. (3) Selain bermanfaat untuk meningkatkan insulin, senyawa ini berguna untuk meningkatkan antisembelit. (4) Temulawak digemari para peneliti.

Perbaikan kalimat (4) agar paragraf tersebut padu adalah
A.      Temulawak cocok untuk orang sakit kepala.
B.      Temulawak sering diekspor ke luar negeri.
C.      Tumbuhan ini sering dijadikan tanaman hias.
D.     Tumbuhan ini mudah didapatkan di Indonesia.

3.       1) Ardi tampak murung, meskipun perpisahan berlangsung sangat meriah. 2) Ardi memang pantas bersedih karena cita-citanya untuk menjadi seorang sarjana pertanian kandas 3) Orang tuanya tak sanggup lagi membiayai sekolahnya. 4) Ayahnya menyarankan agar Ardi memilih jurusan mesin saja.

Kalimat sumbang pada paragraf di atas adalah kalimat ke ...
A.      1.                 B. 2                C. 3                             D. 4

4.       (1) Nella melamun beberapa saat. (2) Kenangan masa lalunya muncul silih berganti. (3) Besok ia akan menari. (4) Dulu, ibunya selalu mendampingi pada saat pentas seni. (5) Situasi seperti itu sangat membahagiakan hatinya.

Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat perbaikan terhadap nomor (3) adalah ....
A.    Besok ia akan mengikuti pentas seni.
B.    Pentas seni sangat meriah.
C.    Ia bahagia sekali.
D.    Ia sedih, karena teringat ibunya.

5.       Pendidikan merupakan alat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Dengan pendidikan diharapkan tercipta manusia – manusia yang memiliki wawasan berfikir kreatif dan logis. [....] Tidak kalah pentingnya, dengan pendidikan diharapkan tercipta manusia–manusia Indonesia yang berkepribadian dan berbudi luhur sesuai dengan nilai – nilai Pancasila.
Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang dia atas adalah … .
A.    Hal yang  sangat  penting  untuk  mengembangkan  sumber  daya manusia yang cedik dan mempunyai kepribadian yang luhur
B.    Dengan pendidikan diharapkan dapat disiapkan manusia – manusia yang terampil melalui pembimbingan dan pengajaran
C.   Guru di sekolah mempunyai peranan penting dalam rangka menciptakan manusia yang cerdik dan mempunyai kepribadian yang luhur
D.   Tenaga pendidikan sudah semestinya mendapatkan kesejahteraan yang lebih, agar dalam melaksanakan tugasnya bersemangat

6.       (1) Peranan air dalam tubuh kita tentu dapat kita rasakan. (2) Air melarutkan zat makanan kita. (3) Proses pertukaran zat dapat terjadi  dalam bentuk larutan. (4) Air juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.
Kalimat  sumbang dalam paragraf di atas ditandai nomor ….
A.  (1)         B. (2)         C.  (3)                           D.  (4)
7.        (1)Perpustakaan sekolah merupakan tulang punggung kemajuan bangsa. (2)Perpustakaan bagi siswa, sebagai gudang ilmu. (3)Perpustakaan tersedia beragam buku. (4)Buku ada yang mahal ada yang murah. (5)Buku berisi ilmu pengetahuan. (6)Para pembaca buku berarti pembuka jendela ilmu. (7)Bulan ini akan diadakan lomba perpustakaan.
Kalimat sumbang dalam paragraph di atas adalah kalimat ke ….
A.      (1) dan (3)                                      C. (3) dan (7)
B.       (5) dan (6)                                      D. (7) dan (4)

8.       (1) Saya sependapat, membaca merupakan hal yang pokok untuk meraih kemajuan. (2) Bangsa-bangsa yang besar dan maju pada umumnya memang memilih tradisi membaca yang kuat. (3) Membaca yang baik biasanya dilakukan jika mereka sudah kuat. (4) Tapi di Indonesia, saya belum melihat adanya kebiasaan semacam itu.
Dalam paragraf tersebut ada kalimat yang tidak mendukung ide. Kalimat tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)                   B. (3)         C. (2)                            D. (4)

9.       Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Pemandangan di Pantai Putri membuat siapa saja merasa tenteram. (2) Tampak pasir putih, ombak yang tenang, serta laut yang biru. (3) Tak heran banyak orang yang bergerak berjalan-jalan ke tengah pantai. (4) Demikian juga sejumlah pemuda bersenda gurau berenang di pantai itu. (5) Tiba-tiba ada yang berteriak Hiu! (6) Sejumlah pemuda itu tadi lari ke sana ke mari.

Kalimat yang sumbang terdapat pada kalimat nomor ...
A.      (3)              B. (4)         C. (5)                            D. (6)

10.     Bacalah paragraf berikut ini!
Sebagai bangsa Indonesia, sudah semestinya kita mengenal tokoh-tokoh pahlawan, yaitu orang yang berjuang dan berjasa dalam membangun negara kita. Indonesia. (2) Di dalam sinetron yang ditayangkan di televisi tokoh yang berjiwa pahlawan tidak digambarkan menurut semestinya. (3) Kita dapat  mengenal tokoh pahlawan melalui berita atau cerita guru, buku-buku sejarah Indonesia atau boigrafinya.(4) Mengetahui tokoh dan perjuangan dapat memberikan keteladanan kepada kita. (5) Disamping itu, untuk menambah rasa patriotik.
Kalimat sumbang dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor...
A.      1                                    B. 2             C. 3                                D. 4

11.      Bacalah paragraf berikut ini!
Sepak bola merupakan cabang olahraga yang sudah memasyarakat. Permainan ini telah dikenal oleh semua orang. Cabang olahraga yang terkenal selain sepak bola adalah bulu tangkis. Sepak bola tidak hanya digemari kaum lelaki, kaum perempuan juga tidak mau ketinggalan.
Kalimat sumbang pada paragraf di atas adalah kalimat ke
A.                   1. B. 2                C. 3                             D. 4

12.      Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Bahasa di dunia banyak ragamnya. Dengan bahasa, manusia dapat menyampaikan bermacam-macam pikiran dan perasaan kepada manusia lain. Dengan bahasa pula manusia dapat mewarisi dan mewariskan pengalaman dan pengetahuannya.

          Yang bukan berisi gagasan pendukung adalah kalimat ….
A.      1                                    B. 2             C. 3                                D. 4

13.      Kemarau tahun ini benar-benar parah. Para petani tidak dapat menggarap sawahnya karena tidak ada air. Sementara para penggembala kesulitan mendapatkan rumput untuk hewan gembalaannya. Siang itu kerbau-kerbau yang tubuhnya tampak  kurus mengais-ngais sisa-sisa rumput yang masih bisa dimakan. Lapangan tampak hijau penuh rerumputan.
Kalimat sumbang pada paragraf di atas adalah kalimat ke
A. 2                     B. 3             C. 4                               D. 5

14.     PDAM kota Semarang akan memperbaiki pipa bocor eks Asrama Brigif V Banyumanik. Air merupakan kebutuhan pokok manusia karena tanpa air manusia tidak dapat hidup. Perbaikan itu akan menyebabkan terganggunya distribusi air selama 3 hari untuk pelanggan di Kota Semarang bagian atas dan sekitarnya. PDAM meminta maaf atas kondisi itu dan pasokan air bersih akan kembali normal setelah perbaikan selesai.
Kalimat yang harus dibuang karena tidak sesuai dengan kalimat topik pada paragraf di atas adalah kalimat ke .....
A.                        1.                 B. 3             C. 2.                               D. 4

1 komentar:

Komentarnya walaupun singkat