1. OBJEKTIF: dilaksanakan sesuai dengan kondisi nyata guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari
2. ADIL: memberlakukan syarat, ketentuan, dan prosedur standar kepada semua guru yang dinilai
3. TRANSPARAN: memungkinkan penilai, guru yang dinilai, dan pihak lain yang berkepentingan untuk
mengakses informasi atas penyelenggaraan penilaian
4. PRAKTIS: dapat dilaksanakan secara mudah tanpa mengabaikan prinsip-prinsip lainnya
5. AKUNTABEL: hasil pelaksanaan penilaian dapat dipertanggungjawabkan
6. BERMANFAAT: bermanfaat bagi guru dalam rangka peningkatan kualitas kinerjanya secara berkelanjutan sekaligus pengembangan karir profesinya
7. BERORIENTASI TUJUAN: dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan
8. BERORIENTASI PROSES: memperhatikan proses bagaimana guru dapat mencapai hasil tersebut
9. BERKELANJUTAN: dilaksanakan secara periodik, teratur, dan berlangsung terus-menerus selama seseorang menjadi guru
10. RAHASIA: hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan
2. ADIL: memberlakukan syarat, ketentuan, dan prosedur standar kepada semua guru yang dinilai
3. TRANSPARAN: memungkinkan penilai, guru yang dinilai, dan pihak lain yang berkepentingan untuk
mengakses informasi atas penyelenggaraan penilaian
4. PRAKTIS: dapat dilaksanakan secara mudah tanpa mengabaikan prinsip-prinsip lainnya
5. AKUNTABEL: hasil pelaksanaan penilaian dapat dipertanggungjawabkan
6. BERMANFAAT: bermanfaat bagi guru dalam rangka peningkatan kualitas kinerjanya secara berkelanjutan sekaligus pengembangan karir profesinya
7. BERORIENTASI TUJUAN: dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan
8. BERORIENTASI PROSES: memperhatikan proses bagaimana guru dapat mencapai hasil tersebut
9. BERKELANJUTAN: dilaksanakan secara periodik, teratur, dan berlangsung terus-menerus selama seseorang menjadi guru
10. RAHASIA: hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan