Sekolah
|
:
|
SMP NEGERI 3
TEGOWANU
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
: 9.1 Menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah yang didengar
( (disiplin, cermat, kerja keras, mandiri, kreatif,bertanggung jawab)
|
Indikator
|
:
|
9.1.1 Mampu
menemukan hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/
ceramah dengan
kreatif dan cermat
9.1.2 Mampu
menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit (1 pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran
9.1.1 Siswa
mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/ ceramah dengan kreatif dan cermat
9.1.2 Siswa
mampu menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah
B. Materi
Pembelajaran
Penyimpulan terhadap pidato/khotbah/ceramah yang didengarkan
Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang
ditujukan kepada orang banyak atau publik dalam sistuasi dan tujuan
tertentu.
Ada berbagai contoh pidato, misalnya
pidato Kepala Dinas P dan K, pidato kenegaraan, pidato politik,
ceramah ilmiah, ceramah keagamaan, dan lain sebagainya. Karena pidato dan
ceramah sifatnya sekali ucap, maka untuk dapat memahami isi pidato tersebut
diperlukan konsentrasi yang sungguh-sungguh.
Kamus : pidato n 1 pengungkapan
pikiran dl bentuk kata-kata yg ditujukan kpd orang banyak; 2 teks atau naskah yg disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak: — politisi sangat memukau simpatisannya; berpidato mengucapkan (membacakan) pidato;
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah pidato adalah:
1. topik pidato,
2. tujuan pidato,
3. permasalahan yang diuraikan dalam
pidato,
4. sebab-sebab timbulnya
permasalahan, dan
5. solusi yang diberikan pembicara.
Seseorang yang berbicara tentu
mempunyai tujuan tertentu. Berikut ini beberapa tujuan penyampaian pidato.
a.
Memotivasi
Pidato dikatakan memotivasi jika pembicara
berusaha memberikan semangat, membangkitkan kegairahan atau menekan perasaan
yang kurang baik, serta menunjukkan rasa hormat dan pengabdian.
b.
Memersuasi
Pidato dikatakan memersuasi jika
pembicara berusaha memengaruhi keyakinan atau sikap mental para pendengar.
c.
Melakukan
tindakan
Pidato dikatakan mempunyai tujuan
melakukan tindakan jika pembicara dalam
berpidato menghendaki pendengar untuk bertindak sesuatu.
d.
Menginformasikan
Pidato dikatakan
menginformasikan jika pembicara ingin memberitahukan atau
menyampaikan sesuatu kepada pendengar agar mereka
bertambah pengetahuannya.
e.
Menghibur
Pidato dikatakan menghibur jika
pembicara ingin menggembirakan orang yang mendengar pembicaraannya atau menimbulkan suasana gembira
pada suatu pertemuan.
C. Metode
Pembelajaran
a. ceramah
b. diskusi
c. tanya
jawab
d. penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit) (disiplin)
a.
Berdoa,
salam, mendata kehadiran siswa, dan memotivasi siswa mengikuti proses
pembelajaran
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
1)
Siswa mampu menemukan hal-hal pokok
dalam pidato/khotbah/ ceramah
2)
Siswa mampu menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah
c.
Guru menyampaikan rencana kegiatan.
Pada
bagian ini kegiatan yang dilakukan adalah 1) mendengarkan pidato, 2) menuliskan
pokok-pokok pidato yang didengar, dan 3) menyimpulkan isi pidato yang didengar
2. Eksplorasi
(5 menit) (mandiri, kritis, kreatif)
Guru
mengadakan apersepsi (Siswa dan guru bertanya jawab tentang
pidato yang pernah ia dengar, apa yang dilakukan saat mendengarkan pidato,
mengapa kita mendengarkan pidato)
3. Elaborasi
(20 menit) (mandiri, kritis, kreatif)
1.
Siswa berkelompok 3-4 orang
2.
Siswa diberi Lembar Kerja 9.1
3.
Siswa mendengarkan pidato yang
dibacakan oleh temannya atau dari rekaman
4. Konfirmasi
(40 menit) (mandiri, kritis, kreatif)
Kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan memberikan komentar
5. Refleksi
(10 menit) (bertanggung jawab)
a.
Merujuk kembali ke tujuan dan hasil
belajar, bertanya kepada para siswa apakah tujuan-tujuan ini sudah bisa
tercapai.
b.
Tanyakan kepada para siswa :
1)
Apakah kamu dapat menemukan pokok-pokok
pidato yang kamu dengar?
2) Apa
kamu dapat menyimpulkan pidato yang kamu dengar?
c.
Memberikan kesempatan kepada para siswa
untuk menuliskan kesan pembelajaran hari ini ke dalam buku jurnal.
E. Sumber Belajar
a.
Rekaman pidato/khotbah/ceramah
b.
Teks pidato/khotbah/ceramah
F. Penilaian
a.
Teknik : Tes tertulis.
b.
Bentuk instrumen : Tes
Uraian
c.
Soal /Instrumen :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
9.1 1 Mampu
menemukan hal-hal pokok dalam pidato/khotbah / ceramah dengan
kreatif dan cermat
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Sebutkan pokok-pokok pidato/khotbah/ ceramah yang kamu dengarkan!
|
9.1 2 Mampu
menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Simpulkan pesan pidato /khotbah/ceramah yang kamu dengarkan!
|
Pedoman Penskoran
Indikator
|
Pertanyaan
|
Kegiatan
|
Skor
|
9.1.1
|
Tulislah
hal-hal pokok dari pidato/khotbah/ ceramah yang didengarkan!
|
Siswa menuliskan pokok-pokok pidato dengan lengkap
Siswa menuliskan sebagian besar pokok-pokok pidato
Siswa menuliskan sebagian kecil pokok-pokok pidato
Siswa tidak menuliskan hal-hal pokok pidato
|
4
3
2
0
|
9.1.2
|
Simpulkan
pesan pidato/khotbah/ ceramah ke dalam beberapa kalimat!
|
Siswa menyimpulkan
pesan pidato dengan lengkap
Siswa menyimpulkan sebagian besar
pesan pidato
Siswa menyimpulkan sebagian kecil pesan pidato
Siswa tidak menyimpulkan pesan pidato
|
4
3
2
0
|
Jumlah skor maksimum
|
8
|
Tugas Terstruktur
Dengarkanlah
pidato, ceramah, atau khotbah dari televisi atau radio atau pidato langsung,
kemudian kerjakanlah hal-hal berikut!
Tempat acara tersebut berlangsung :
Dalam rangka
apa pidato/ceramah/khotbah tersebut :
Waktu
mendengarkan :
a. Mencatat hal-hal penting yang
terdapat dalam pidato, ceramah, atau khotbah tersebut.
b. Simpulkan pesan yang terdapat dalam pidato,
ceramah, atau khotbah tersebut.
Nilai =
Perolehan skor X 100
Skor Maksimal
Tegowanu, Januari 2014
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Markain, S.Pd. Supriyadi, S.Pd.
NIP. 19631212 198710 1 002 NIP. 19710116 20001 1 008
NILAI
|
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Tegowanu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
: 9.1 Menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah yang didengar(
|
Indikator
|
:
|
9.1 1 Mampu
menemukan hal-hal pokok dalam pidato/khotbah/
ceramah dengan
kreatif dan cermat
9.1 2 Mampu
menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ ceramah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
20
menit
|
Nama kelompok
|
:
|
|
Anggota
|
:
|
1.
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
Petunjuk :
1.
Silakan berkelompok 3-4 orang.
2.
Dengarkan pidato yang akan
diperdengarkan.
3.
Diskusikan dengan anggota kelompokmu untuk melengkapi
tabel berikut berdasarkan pidato yang kalian dengarkan.
4.
Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas untuk
ditanggapi oleh kelompok lain.
No
|
Hal-hal
yang diamati
|
Jawaban
|
1
|
Hal-hal penting
yang ada dalam pidato yang telah kalian dengarkan!
|
|
2
|
Tujuan
pidato yang telah kalian dengarkan tadi!
|
|
3
|
Simpulan pesan yang terdapat dalam
pidato tersebut!
|