Apa yang Membuat Suksesnya Kepala Sekolah?
Berikut adalah beberapa kualitas umum ditemukan pada Kepala Sekolah besar:
Di balik setiap organisasi besar ada seorang pemimpin besar demikian juga sekolah. Kepala Sekolah harus menetapkan irama, visi dan harapan untuk staf dan siswa. Kepala Sekolah harus mengisi banyak peran. Yang utama dan terpenting, mereka harus membimbing program instruksional. Mereka harus mengelola dan mengevaluasi guru, menerapkan kebijakan disiplin sekolah, mengembangkan anggaran sekolah, keterlibatan orang tua asuh, dan yang paling penting, pastikan siswa membuat kemajuan akademik.
Tantangan dan Ketakutan
Beberapa hal yang dihadapi kepala sekolah berkaitan dengan tugasnya:
1. meningkatnya tuntutan untuk memenuhi standar pembelajaran dan meningkatkan prestasi akademik,
2. mengelola kritik publik yang keras dan panas,
3. putus asa dari bangkit untuk menantang kendala yang dihadapi.
4. menjadi hamba-pemimpin, seorang arsitek organisasi dan sosial, pendidik, agen moral, advokat anak dan pekerja sosial, aktivis masyarakat, dan negosiator
5. menyeimbangkan semua peran sambil menjaga tanggung jawab utamanya menjadi pemimpin instruksional sekolah di garis terdepan.
Berikut adalah beberapa kualitas umum ditemukan pada Kepala Sekolah besar:
1. Kepala sekolah yang besar adalah pemimpin instruksional.
2. Mereka harus berpengetahuan kurikulum dan kebijakan negara standar
3. Memiliki tujuan instruksional yang jelas untuk sekolah.
4. Mereka adalah pemimpin tim yang harus melibatkan staf dalam masalah kurikulum. Kepala sekolah besar kolaborasi asuh antara anggota staf dan komunitas sekolah. Kepala sekolah adalah pemimpin tim sekaligus anggota tim.
5. Kepala sekolah yang besar memiliki tujuan yang jelas untuk sekolah mereka dan alat pengukur terhadap tujuan-tujuan ini.
6. Kepala sekolah besar menetapkan ekspektasi yang jelas untuk disiplin. Mereka membiarkan siswa tahu apa yang diharapkan dari mereka dan mereka menindaklanjuti dengan tindakan disiplin bila diperlukan.
7. Kepala sekolah yang besar berkomunikasi dengan baik. Mereka memiliki komunikasi rutin dengan staf dan orang tua.
8. Besar Kepala Sekolah mendukung dan mengevaluasi staf pengajar. Selama proses perekrutan, mereka mencari guru yang sesuai dengan filosofi dan kepribadian dari staf sekolah.
9. Kepala sekolah yang besar memberikan orientasi yang tepat dan bantuan bagi guru baru dan mengamati mereka secara teratur, terutama pada awal tahun.
10. Mereka menetapkan ekspektasi yang jelas dan memberikan umpan balik terhadap kinerja guru. Mereka membantu untuk mengembangkan pemimpin guru di sekolah untuk berbagi dalam pengambilan keputusan dan pastikan bahwa staf memiliki sumber daya dan kesempatan untuk belajar dan tumbuh melalui pelatihan guru bermakna.
11. Kepala sekolah yang besar jarang duduk di kantornya; ia tampaknya mana-mana sekaligus: ruang kelas, taman bermain, halte bus, ruang makan,
12. Kepala sekolah yang besar membuat upaya untuk mengetahui siswa dengan nama dan berinteraksi dengan mereka.
13. Kepala sekolah besar membangun suasana keadilan dan kepercayaan.
14. Memiliki reputasi untuk menjadi adil untuk semua walaupun tidak harus memenuhi semua inginkan, tetapi mereka tahu pandangan mereka akan didengar dan dipertimbangkan.
Diolah dari berbagai nsumber