Ar-Rahman

‏ الرَّحْمنُ (1 (Tuhan) Yang Maha Pemurah. 2) عَلَّمَ الْقُرْآنَ Yang telah mengajarkan Al Qur'an. 3) خَلَقَ الْإِنْسانَ Dia menciptakan manusia, 4) عَلَّمَهُ الْبَيانَ Mengajarnya pandai berbicara. 5) الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ بِحُسْبانٍ Matahari dan bulan ( beredar ) menurut perhitungan. وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدانِ (6) Dan tumbuh- tumbuhan dan pohon-pohonan kedua- duanya tunduk kepada-Nya. وَ السَّماءَ رَفَعَها وَ وَضَعَ الْميزانَ (7) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca ( keadilan ). أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْميزانِ (8) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. وَ أَقيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَ لا تُخْسِرُوا الْميزانَ (9) Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. وَ الْأَرْضَ وَضَعَها لِلْأَنامِ (10) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk ( Nya ). فيها فاكِهَةٌ وَ النَّخْلُ ذاتُ الْأَكْمامِ (11) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.(11) وَ الْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَ الرَّيْحانُ (12) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga- bunga yang harum baunya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (13) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. خَلَقَ الْإِنْسانَ مِنْ صَلْصالٍ كَالْفَخَّارِ (14) Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, وَ خَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مارِجٍ مِنْ نارٍ (15) Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (16) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَ رَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ (17) Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (18) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيانِ (19) Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu بَيْنَهُما بَرْزَخٌ لا يَبْغِيانِ (20) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (21) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَ الْمَرْجانُ (22) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (23) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لَهُ الْجَوارِ الْمُنْشَآتُ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلامِ (24) Dan kepunyaan-Nya lah bahtera- bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung- gunung. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (25) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كُلُّ مَنْ عَلَيْها فانٍ (26) Semua yang ada di bumi itu akan binasa. وَ يَبْقى‏ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (27) Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (28) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَسْئَلُهُ مَنْ فِي السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ في‏ شَأْنٍ (29) Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (30) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَ الثَّقَلانِ (31) Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (32) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَ الْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطارِ السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلاَّ بِسُلْطانٍ (33) Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus ( melintasi ) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (34) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُرْسَلُ عَلَيْكُما شُواظٌ مِنْ نارٍ وَ نُحاسٌ فَلا تَنْتَصِرانِ (35) Kepada kamu, ( jin dan manusia ) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri ( daripadanya ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (36) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَإِذَا انْشَقَّتِ السَّماءُ فَكانَتْ وَرْدَةً كَالدِّهانِ (37) Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti ( kilapan ) minyak. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (38) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَيَوْمَئِذٍ لا يُسْئَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَ لا جَانٌّ (39) Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (40) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُعْرَفُ الْمُجْرِمُونَ بِسيماهُمْ فَيُؤْخَذُ بِالنَّواصي‏ وَ الْأَقْدامِ (41) Orang- orang yang berdosa dikenal dengan tanda- tandanya, lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (42) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هذِهِ جَهَنَّمُ الَّتي‏ يُكَذِّبُ بِهَا الْمُجْرِمُونَ (43) Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang- orang berdosa. يَطُوفُونَ بَيْنَها وَ بَيْنَ حَميمٍ آنٍ (44) Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (45) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لِمَنْ خافَ مَقامَ رَبِّهِ جَنَّتانِ (46) Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (47) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. ذَواتا أَفْنانٍ (48) Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (49) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ تَجْرِيانِ (50) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (51) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما مِنْ كُلِّ فاكِهَةٍ زَوْجانِ (52) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (53) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ فُرُشٍ بَطائِنُها مِنْ إِسْتَبْرَقٍ وَ جَنَى الْجَنَّتَيْنِ دانٍ (54) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat ( dipetik ) dari dekat. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (55) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ قاصِراتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (56) Di dalam surga itu ada bidadari- bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (57) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كَأَنَّهُنَّ الْياقُوتُ وَ الْمَرْجانُ (58) Seakan- akan bidadari itu permata yakut dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (59) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هَلْ جَزاءُ الْإِحْسانِ إِلاَّ الْإِحْسانُ (60) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan ( pula ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (61) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ مِنْ دُونِهِما جَنَّتانِ (62) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (63) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan, مُدْهامَّتانِ (64) Kedua surga itu ( kelihatan ) hijau tua warnanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (65) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ نَضَّاخَتانِ (66) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (67) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما فاكِهَةٌ وَ نَخْلٌ وَ رُمَّانٌ (68) Di dalam keduanya ada (macam- macam ) buah-buahan dan kurma serta delima. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (69) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ خَيْراتٌ حِسانٌ (70) Di dalam surga- surga itu ada bidadari- bidadari yang baik- baik lagi cantik- cantik. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (71) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. حُورٌ مَقْصُوراتٌ فِي الْخِيامِ (72) (Bidadari- bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (73) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (74) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (75) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَ عَبْقَرِيٍّ حِسانٍ (76) Mereka bertelekan pada bantal- bantal yang hijau dan permadani- permadani yang indah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (77) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. تَبارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (78) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.
Sesungguhnya surga itu memiliki banyak pintu, salah satunya disebut AR-RAYYAN artinya 'Basah melimpah'. Nanti akan dipanggilah pada hari kiamat "wahai mana orang-orang yang berpuasa?" lalu bila orang terakhir dari mereka telah masuk ke dalam pintu tersebut, maka pintu itu pun ditutuplah (Sabda Nabi Muhammad SAW. HR Bukhari dan Muslim) Apakah tabungan puasa kita yang telah terkumpul dari tahun ke tahun itu cukup untuk membuka AR-RAYYAN, salah satu pintu surga yang termasyur itu? Tentu hanya Tuhan yang tahu. Tapi setidakknya kita harus yakin dahulu.

Prediksi UN 3


3
PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL

1.     Bacalah dengan saksama !
Jalan tim sepak bola Indonesia di arena SEA Games Ke-26 memang masing panjang. Namun sukses memetik kemenangan pada penampilan perdana, 6-0 atas Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta kemarin malam, memberi keindahan tersendiri, khususnya dari sisi penampilan luar biasa anak-anak Papua yang membela tim nasional negerinya. Patrich Wanggai, Titus Bonai, Octovianus Maniani dan Stevie Bonsapia menampilkan totalitas teknik, determinasi dan kegembiraan bermain bersama rekan-rekannya sesame pengguna Garuda Muda.

Gagasan utama dari penggalan tajuk di atas ….
A.    Kejuaraan tim sepak bola Indonesia masih panjang
B.    Tim sepak bola Indonesia sukses memetik kemenangan
C.    Papua membela tim nasioanl
D.    Kegembiraan sesama pemain di Garuda Muda memitik kemenangan

2.       Bacalah dengan saksama !
Peta khusus bagi penyandang tuna netra bertema transportasi di uji coba oleh siswa dan guru penyandang tuna netra di kota Solo dan sekitarnya, di aula Yayasan Kesejahteraan Anak-Anak Buta (YKAB) Solo, Senin-Rabu (7-9/ 11). Kegiatan ini diikuti lima guru dan 26 siswa SMP dan SMA.
Harapannya, kata Farukhi, akan diperoleh masukan dan evaluasi untuk perbaikan pembuatan peta khusus bagi tuna netra. Sehingga para penyandang tuna netra akan lebih mengenal wilayah Indonesia.

Simpulan dari penggalan wacana di atas ….
A.    Kegiatan Yayasan Kesejahteraan Anak-anak Buta (YKAB)
B.    Peta khusus bagi tuna netra bertema transportasi
C.    Peta khusus bagi tuna netra diujicoba
D.    Harapan untuk pembuatan peta khusus bagi tuna netra


3.     Penggalan riwayat singkat Pahlawan Nasional Baru
Syafruddin Prawiranegara
Lahir tanggal 28 Februari 1911, beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Nasioanal Baru diantara 7 Pahlawan lainnya. Oleh Susilo Bambang Yudhoyono.
Jasanya ketika Jogja jatuh ke tangan Belanda, 19 Desember 1948, Soekarno-Hatta ditawan Belanda, Sjafruddin Prawiranegara ditugasi membentuk dan menjadi Presiden Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), 22 Desember 1948 di Sumatra. Selama 6 bulan, Sjafruddin menjalankan pemerintahan RI dari dalam belantara hutan yang mempropagandakan pemerintahan Indonesia masih ada.Aksi ini berhasil, dunia internasional akhirnya memaksa Belanda menghentikan agresi militer Belanda mau ke meja perundingan.Beliau meninggal pada tanggal 15 Februar 1989.

Keistimewaan tokoh dari penggalan biografi di atas ….
A.    Membentuk dan menjadi Presiden Darurat Republik Indonesia (PDRI)
B.    Pahlawan Nasional Baru
C.    mempropagandakan pemerintahan Indonesia
D.    Membela Tanah Air pada zaman Kolonial Belanda

4.     Sifat tokoh yang dapat diteladani dari Sjafruddin Prawiranegara ….
Pantang menyerah
Setia membela kebenaran
Rela berkorban demi Negara
Sabar menghadapi Belanda



5.     Bacalah dengan saksama !
Menghadapi tantangan masa depan bangsa kita dituntut untuk mempertahankan kepribadian dan kreatif agar mampu bersaing dengan bangsa lain, dengan tetap mempertahankan kepribadian sebagai bangsa berbudaya, beragama dan bermartabat.
Sejalan dengan tekad mempertahankan kepribadian maka karakter yang hendak kita tanamkan kepada peserta didik di semua jenjang pendidikan adalah karakter Pancasilais.Karakter itu berlandasan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan keadilan sosial. Karakter yang hendak kita bangun di Indonesia tentu berbeda dari karakter bangsa lain.

Tujuan penulisan artikel di atas ….
A.    Tantangan untuk mempertahankan kepribadian sebagai karakter bangsa
B.    Karakter yang hendak dibangun Indonesia berbeda dengan bangsa lain
C.    Karakter yang berlandasan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan keadilan social
D.    Menghadapi tantangan untuk mempertahankan kepribadian yang berkreatif sebagai karakter bangsa yang berlandasakan nilai-nilai pancasila

6.     Artikel I
Menghadapi tantangan masa depan bangsa kita dituntut untuk mempertahankan kepribadian dan kreatif agar mampu bersaing dengan bangsa lain, dengan tetap mempertahankan kepribadian sebagai bangsa berbudaya, beragama dan bermartabat.
Sejalan dengan tekad mempertahankan kepribadian maka karakter yang hendak kita tanamkan kepada peserta didik di semua jenjang pendidikan adalah karakter Pancasilais.Karakter itu berlandasan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan keadilan sosial. Karakter yang hendak kita bangun di Indonesia tentu berbeda dari karakter bangsa lain.

Artikel II
Puluhan tenda warna-warni memenuhi halaman lapangan SMP N 1 Bejen, Wonorejo, Karanganyar, Selasa (8/ 11).Berbagai perkakas rumah tangga, seperti panci, kompos gas, dandang, wajan pun terlihat di belakang tenda.
Sebagian peserta lainnya mengikuti berbagai kegiatan permainan seperti joget bola, estafet sarung, estafet gelang dan lainnya.Keceriaan begitu tampak pada raut wajah para peserta kemah yaitu siswa kelas VII, VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) se-Kecamatan Karanganyar.
Persamaan ide dua artikel di atas …
A.    Menghadapi tantangan masa depan bangsa dengan pendidikan berkarakter
B.    Menghadapi masa depan dan Mengikuti kegiatan permainan
C.    Menghadapi tantangan masa depan bangsa dan Puluhan tenda memenuhi halaman SMP Dan 1 Bejen Wonorejo Karanganyar
D.     Menghadapi masa depan anak-anak belajar mandiri di perkemahan

7.     Bacalah kutipan berita di bawah ini !
          Menurut Syaifi banyak gangguan sendi  rahang diantaranya hilangnya  sejumlah gigi, kebiasaan mengunyah satu sisi, tertawa atau menguap terlalu lebar, adanya tumor rahang, atau pasca kecelakaan. Justru yang menarik faktor stress psikologis  ternyata dapat memicu ganguan sendi rahang. “ Sekitar 30 % penyebab gangguan sendi rahang karena stress.” Tandas dosen FKG UGM itu.
     Isi kutipan berita di atas yang tepat adalah …
A.    Penyebab gangguan sendi rahang antara lain hilangnya sejumlah gigi, kebiasaan mengunyah satu sisi, tertawa atau menguap terlalu lebar, tumor rahang, kecelakaan, dan stress psikologis.
B.    Penyebab gangguan sendi rahang 30 %  karena stress, mengunyah satu sisi, tertawa atau menguap terlalu lebar, tumor rahang, setelah kecelakaan.
C.    30 % orang terkena gangguan sendi rahang karena mengunyah satu sisi, giginys hilang, adanya tumor rahang, menguap atau tertawa terlalu lebar dan karena stress psikologis.
D.    Penyebab gangguan sendi rahang banyak sekali, salah satunya stres psikologis  yang banyak dialami oleh orang,
8.   Bacalah kedua teks berita di bawah ini !
      Teks berita 1
Tiga ruang kelas dan sebuah perpustakaan SD Negeri 1 Putuk Rejo Kecamatan Ngargoyoso roboh diterjang angin lesus.Jumat[15/1] sekitar pukul 15.30.
       Teks berita 2
Angin kencang dan hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara Minggu [17/1]. Satu orang dilaporkan tewas dan ribuan rumah rusak.
        Persamaan isi kedua teks berita di atas adalah …
A.    .Bencana alam yang tidak memakan korban jiwa.
B.     Bencana alam yang disebabkan oleh kekuatan angin kencang.
C.     Bencana alam yang menyebabkan ribuan rumah rusak.
D.     Bencana alam yang mengakibatkan banyak gedung sekolah roboh.
Thank you for making Samsung the No.1
LCD  TV brand Southeas Asia !

Ingin rasanya kami memenuhi halaman ini dengan ucapan terima kasih. Karena berkat kesetiaan Anda, Samsung berhasil menjadi brand LCD TV nomor 1 di Indonesia. Anda telah memenuhi usaha kami untuk mempersembahkan  teknologi terbaik dan kesempurnaan desain seperti Higa Definition LCD TV kami terinspirasi sentuhan anggun Wine Bordeaux.
9. Perhatikan Iklan di bawah ini !








            Pernyataan yang berupa fakta pada iklan di atas adalah …
A.    Ingin rasanya kami memenuhi halaman ini dengan ucapan terima kasih.
B.    Anda telah melengkapi usaha kami untuk mempersembahkan teknologi terbaik.
C.    Samsung berhasil menjadi brand LCD TV nomor 1 di Indonesia.
D. Kesempurnaan desain seperti Higa Definition LCD TV kami terispirasi sentuhan anggun
Wine Bordeaux.
10. Perhatikan dengan cermat Iklan berikut ini !
DIJUAL CEPAT
RUMAH TINGKAT LUX
Jl. Bungur Raya X No. 33 kav. G [ dlm. Kmplks ] SHM, lt/lb ; 600/500, 5 k tidur, 6 k mandi, lant marmer, S.pool. peminat serius hub. : [ 029 ] 8759492

 





        Informasi yang lengkap tentang isi iklan  baris tersebut adalah …
A.    Penjualan rumah mewah bertingkat  berlantai marmer yang terletak di dalam kompleks Jalan Bungur Raya X Nomor 33, luas tanah 500 m, luas bangunan 600 m, sertifikat hak milik. Rumah tersebut  mempunyai 5 kamar tidur, 6 kamar mandi, kolam renang. Bagi yang berminat dapat menghubungi telepon [029] 8759492
B.    Penjualan rumah mewah yang terletak di dalam kompleks Jalan Bungur Raya  Nomor X  kaveling 33, luas tanah 600 m, luas bangunan 500 m, sertifikat hak milik. Rumah tersebut mempunyai 5 kamar tidur, 6 kamar  mandi,  serta kolam renang. Bagi yang berminat  daapat menghubungi telepon [029] 8759492.
C.    Penjualan rumah mewah yang terletak di Jalan Bungur Raya  Nomor X  kaveling 33 dalam kompleks, luas tanah 600 m, luas bangunan 500 m, sertifikat hak milik. Rumah tersebut mempunyai 5 kamar mandi dan 6 kamar  tidur, serta  ruang pertemuan. Bagi yang berminat  dapat menghubungi telepon [029] 8759492.
D.    Penjualan rumah mewah yang terletak di dalam kompleks Jalan Bungur Raya  X Nomor 33 kav. G, luas tanah 600 m, luas bangunan 500 m, sertifikat hak milik. Rumah tersebut mempunyai 5 kamar tidur dan  6 kamar  mandi, berlantai marmer, dan  kolam renang. Bagi yang berminat  dapat menghubungi telepon [029] 8759492.
11.  Perhatikan kutipan Ensiklopedi Indonesia di bawah ini !
Siti Nurbaya, Kasih Tak Sampai, Roman karya Marah Rusli [1922], bertema pokok tantangan terhadap adat Minangkabau yang menghalangi cinta antara dua orang anak muda. Berakhir tragis dengan kematian semua tokoh utamanya, tetapi roman ini dianggap  sebagai yang pertama mengemukakan masalah aktual zaman itu,yaitu  kepincangan adat lama. Tema demikian banyak ditulis para pengarang roman kemudian, terutama yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, seperti buku-buku tulis Sultan Sati,Adinegoro dan lain-lain.
        Isi kutipan Ensiklopedi di atas adalah …
A.    Adat telah menghalangi cinta dua orang anak muda.
B.    Perbedaan adat lama
C.    Banyaknya pengarang roman Siti Nurbaya
D.    Kisah cinta Siti Nurbaya
12   Perhatikan daftar  nomor telepon berikut!







       Nomor telepon Bank Pembangunan Daerah menurut daftar nomor telepon tersebut adalah    ...
A. 711-426
B. 672-4942
C. 7078-7005
D. 356-1335                                                                                              
13.  Cermati kutipan indek di bawah ini !
       Biologi Laut [ilmu] 3:386                            Biologi Laut 3:386
       Biologi Molekuler [ilmu]                                        Biologi Umum [buku karya]                                       
       Polindrom 12:70                                           Nasoetion, Andihakim 11:36
       Biologi Nuklir [ilmu] 3:386                         Biologi Assay [farmasi]
       Biologi Oseanografi [ilmu]                          Bioasay 3:378
       Biokimia 3:382                                             Biological Chemestry, Bioma [lingkungan]
       Biologikal Control [lingkungan]                 Chapparal 4:94
       Biologi, Pengendalian 3:387                   Ekologi [Biofer, Ekosfer, dan bagian-bagiannya 5:28
       Biological Oxygen Demand [lingkungan]    Taiga 16:489       
       Pencemaran [Pencemaran air] 12:359          Bio Taiga [lingkungan] 3:387
       Biologis Penegendalian [Biologi] 3:387       Rantai Makanan 14:96
       Biologisme [filsafat]                                     Biomassa [lingkungan] 3:388

       Indek buku jilid 3 halaman 387 membahas tentang istilah …
A.    Bio Taiga [lingkungan], Biologi, Pengendalian, Biologis Nuklir [ilmu].
B.    Bio Taiga [lingkungan], Biologi, Pengendalian, Biologis, pengendalian [Biologi].
C.    Biologis, Pengendalian [Biologis], Biomassa [lingkungan], Biologi, Pengendalian.
D.    Biologi, pengendalian, Biological Chemestry, Biological oxygen Demand.

14.  Perhatikan denah berikut!














Pertanyaanyangjawabannyasesuaidengandenah tersebutadalah....
A.    BenarkahPlumpangSemperdisebelahbaratJln.YosSudarso?
B.    BenarkahKodimterletakdisebelahtimurJln.YosSudarso?
C.    BenarkahKantorWalikotadisebelahutaraKantorPertamina?
D.    BenarkahKantorTelkomdisebelahutara GelanggangRemaja?

15. 
Jl. Diponegoro
Jl. Kapuas
G.Kesenian
Jl. Mangga
U
Text Box: Jl. MelatiText Box:  Melati PermaiText Box: Jl.IndahPerhatikan denah berikut!









Berdasarkan denah tersebut, Jalan yang tercepat menuju Gedung Kesenian dari Komplek Melati Permai adalah ...
A.    Dari Kompleks Melati Permai ke Jalan Diponegoro belok kanan Jalan Kapuas sampai di Gedung Kesenian.
B.    Dari Kompleks Melati Permai Jalan Melati belok kanan Jalan Diponegoro sampai di Gedung Kesenian.
C.    Dari Kompleks Melati Permai ke Jalan Mangga belok kiri Jalan Kapuas sampai di Gedung Kesenian.
D.    Dari Kompleks Melati Permai Jalan Melati belok kanan Jalan Diponegoro belok kiri Jalan Indah.

16.  Cermatilah grafik berikut!
Tahun
Koperasi SMP Melati
 


Text Box: Keuntungandalamribuan




















Penjelasan isi grafik tersebutyangtepat adalah …
A.    Koperasi SiswaSMPMelatitahun 2006 mengalamikenaikan.
B.    Perkembangan koperasiSMPMelatisetiap tahun meningkat.
C.    Koperasi siswaSMPMelatimengalami kenaikandari tahun 2002 hingga tahun 2003.
D.    Koperasi siswaSMPMelatimengalamikenaikandrastis padatahun 2007.

17.  Perhatikan tabel berikut!
Benih Jagung
Tk. Makmur Jaya
Purwodadi
Tk.Sentani
Lampung
Tk. Umbul Mulya
Semarang

(Rp/Kg)
(Rp/Kg)
(Rp/Kg)
P11
50.000,00
60.000,00
50.000,00
P21
57.000,00
65.500,00
58.500,00
Nusantara
25.000,00
40.000,00
25.500,00
Hibrida 816
45.000,00
50.300,00
46.000,00

Pertanyaan yang jawabannya paling sesuai dengan tabel tersebut adalah ...
A.    Berapakah selisih harga benih jagung P11 di Purwodadi dengan di Semarang?
B.    Di kota manakah harga benih jagung yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya?
C.    Berapa kali lipatkah harga benih jagung lebih tinggi di Lampung dibandingkan dengan Semarang?
D.    Mengapa harga P11 lebih tinggi di Lampung?
18.  Tuhan, pelankanlah malam tiba
agar kami berdua tidak kehilangan arah
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan, sisihkanlah mendung itu
jika gerimis, sakit ibuku kambuh
jalan yang kami tempuh masih jauh
Tuhan berikanlah kekuatan
untuk menempuh hidup ini
kami tahu derita hari ini
adalah bahagia esok hari

Tema puisi tersebut adalah ….
A.    Kepasrahan
B.    Keyakinan
C.    Peralanan
D.    permintaan


19.  Denting jam tengah malam
[…]
Tuk bersujud
Kuagungkan Asma-Mu
Mohon ampunan-Mu

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Bangunkan diriku
B. Terdengar nyaring
C. Kusebut nama-Mu
D. Tepat pukul tiga

20.  Cermati kutipan puisi berikut!
Kasih Ibu
Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai  sang surya menyinari dunia

Tuhan
Tuhan ...
Tuhan Yang Maha Esa
Tempat aku meminta
Dalam segala pinta
Tuhan...
Tuhan yang Maha Esa
Tempat aku berteduh
Tempat aku mengeluh
Dengan segala keluh
Perbedaan unsur intrinsik yangterdapat dalam kedua kutipan puisi di atas adalah ... .
A.    Kasih sayang seorang Ibu kepada anaknya yang tiada batas
Mendekatkan diri kepada Allah
B.    Balas budi seorang anak kepada Ibu
permintaan seorang hamba kepada Allah
C.    Pemberian seorang ibu pada anak
Bersyukur kepada Allah
D.    Kasih sayang anak terhadap ibu
Kemurahan Tuhan terhadap hamba-Nya

21.  Ayah memberi soal banyak-banyak….Dan kali itu seperti biasa aku tak sanggup menyelesaikannya walau saparuh soal, sedang temen-temenku sudah banyak yang memeriksakannya…

Latar tempat dan waktu kutipan cerpen adalah
A.    di rumah, malam hari
B.    di sekolah, sore hari
C.    di ruang kelas, siang hari
D.    di kamar, malam hari

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
1)     Rombongan pengantar jenasah sudah sepi. Tinggal si Pongge. Perempuan muda it uterus bersimpuh di depan gundukan tanah merah. Ia menangis sesenggukan menyebut nama Abah. Iasepertinya tidak ingin meninggalkan tempat itu. Namun, dua orang lelaki menyusulnya. Mereka adalah Aceng dan Romli.
2)     ”Pongge, sedang apa kamu di sini?” Tanya Aceng bernada membentak
“Aku…aku…,?”jawab Pongge terbata-bata
3)     Hei, dengar Pongge. Orang lain sedang menunggumu dirumah. Kamu kok enak-enakan di sini. Cepat pulang!”
4)     Tidak Mau, aku ingin bersama Abah di sini, Kang Aceng!”
“Goblok, kamu harus mati dulu kalau mau ikut Abah.Sekarang, kamu harus pulang pak Punduk menunggumu!”

22.  Bukti bahwa latar tempat kutipan tersebut di kuburan terdapat pada bagian bernomor…
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

23.  Watak Aceng yang kasar dapat diketahui melalui…
A.    Dialog antar tokoh
B.    Pelukisan tindakan
C.    Diceritakan pengarang
D.    Diceritakan tokoh lain

24.  Bacalah kutipan drama berikut!
Parlan        : Harus antre? Aku malas ah(menenteng jerigen minyak tanah)
Iman          : Ya, iyalah. Kamu lihat orang meletakkan jerigen minyak tanah dalam antrean!
                    (menarik lengan Parlan menunjuk kearah depot minyak tanah)
Parlan        : Lalu, kapan aku memandikan kerbauku?
Iman          : Ah, kamu ini. […]
Parlan        : Kamu benar juga, Man!
Amanat yang terdapat dalam drama di atas…..
A.    Membudayakan antre dalam segala hal
B.    Antre memandikan kerbau
C.    Antre membeli minyak tanah
D.    Pembicaraan antara Parlan dan Iman tentang memandikan kerbau

25.  Aku serba bingung mau mendekati bibi atau eyang. Kalau aku mendekati eyang aku kasihan kepada ibu yang menangis karena dimarahi eyang. Akan tetapi, kalau mendekati ibu eyang bias marah juga kepadaku. Wah, hati itu aku benar-benar tidak tahu apa yang harus aku lakukan.
Kutipan cerita tersebut menggunakan jenis konflik…
A.    Lahir
B.    Psikologis
C.    Fisik
D.    Ide

26.  Perhatikan kutipan novel berikut!
Melihatku demikian gusar, lintang tersenyum krcil padaku.Sebuah senyum damai. Aku tahu, seperti biasa, ia dapat membaca pikiranku dengan benderang. Ia membalas menatap tatapanku dengan lembut seakan mengatakan, “Sabar, Dik, biar Abang bereskan persoalan ini…” Wajahnya tenang sekali. Aku dan sahara ciut. Kami mengerut di ketiak kiri kanan pendekar ilmu pengetahuan yang sakti mandraguna andalan kami ini.
Etika dalam kutipan tersebut yang tepat adalah…
A.    Penolong
B.    Pemberani
C.    Penyabar
D.    Penyayang

27.  Bacalah kutipan novel berikut!
Kutipan Novel I
Tuti seorang gadis pemikir, yang hanya mengatakan hal-hal yang perlu-perlu. Ia giat dalam perkumpulan kaum putri dan memperjuangkan kemajuan kaum wamita. Pidatonya dalam rapat selalu berapi-api, membangkitkan semangat kaum wanita untuk mengangkat derajat mereka dengan kesadaran sendiri.

Kutipan Novel II
“Saya pikir-pikir, apa yang bisa saya kerjakan?” kata Bu Bustaman lagi”. Saya tidak pernah sekolah. Tidak bisa masak buat membuka warung makanan. Lagi pula membuka warung makan memerlukan modal. Lalu pada suatu hari, saya keluarkan isi lemari. Saya pilih pakaian yang masih bagus, tapi yang tidak saya perlukan lagi, Dan saya sewa emper ini sekarang. Setiap hari saya menjajakan dagangan disini”.
Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ....

Kutipan Novel I
Kutipan Novel II
A.
Perjuangan
Berdagang
B.
Pendidikan
Kebudayaan
C.
Kemiskinan
Ketuhanan
D.
Perjuangan
Ketuhanan

28.  Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!
Inu             : “Tenangm Jati. Tidak ada apa-apa!”
Jati            : “Enak saja! Senang ya, dapat membuat orang lain menangis?”
Inu             : “Hei bukan aku penyebabnya, Jati” (tertawa)
Jati            : “Kamu mampu tertawa sementara ketiga sahabatmu menangis duka.
                    “Dimana perasaanmu, Inu?”
Inu             : “Jati, apa setiap tangis duka?”
Jati            : “Tetapi jelas, mereka nampak menderita”
Inu             : (tertawa) “tampak menderita tidak sama dengan nyata menderita”.
                    (memberikan selembar kertas)
Jati            : (Dengan segan menerima. Kemudian tertegun membacanya)
                    “Maaf, kami sedang latihan akting menangis, jangan ganggu ya! Trims!” “Bila sudah, hentikan latihan gila-gilaan ini!” Semua tertawa terbahak-bahak sementara Jati salah tingkah.
Suasana pada kutipan drama tersebut adalah ....
  1. sepi
  2. sedih
  3. ramai
  4. senang

29.  Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!
Ponirah     : Hampir tiba saat sirine malam berbunyi, Bung Slamet silahkan jalan! Bung Samir, surat itu akan saya antarkan ke alamatnya Bung, segera cari teman Bung.
Marni        : Setelah tugas selesai, Bung harus mempertanggung jawabkan!
Samin        : Nyawa saya taruannya. Saya akan menebus kesalahan saya.
Ponirah     : Bagus! Selamat berjuang. Merdeka!
Marni        : Mari kita berpisah ke pos kita masing-masing!
Latar tempat kutipan drama diatas adalah ....
  1. zaman perang
  2. markas perang
  3. medan perang
  4. prajurit perang

30.  Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Pada hari Senin 21 Januari 2009, merupakan hari yang membahagiakan bagi Ina. Setelah upacara dilaksanakan, Ibu Widya. Pembina Osis di sekolahnya mengumumkan bahwa dialah yang menjadi Juara I dalam meraih prestasi akademik di kelas IX. Dia mendapat hadiah berupa beasiswa. Dia sangat bersyukur pada Tuhan.
Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
  1. Aku sangat bersyukur, kepada Tuhan karena mendapatkan beasiswa. Hal ini terjadi Senin, 21 Januari 2009.
  2. Pada hari Senin, 21 Januari 2009, Bu Widya mengumumkan juara dalam prestasi akademik.
  3. Malam Senin, Ina bahagia karena meraih Juara I dan mendapatkan beasiswa.
  4. Senin, 21 Janauri 2009, aku sangat bersyukur pada Tuhan karena berhasil menjadi juara I di bidang akademik dan mendapat beasiswa.

31.  Perhatikan kutipan surat pribadi!
Jakarta, 15 Agustus 2005

Teruntuk Adikku, Alia
Jalan Ir. H. Juanda 539 Ciamis

Salam Kangen,
....................? Semoga kamu tetap sehat selalu. Maaf, Kakak baru bisa balas surat Adik, soalnya Kakak agak sibuk sedang mempersiapkan ujian. Saat ini Kakak dalam keadaan sehat dan bahagia.
Bagian untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah ....
  1. Salam Sejahtera
Surat Permohonan Anda sudah diterima
  1. Assalamu’alaikum Wr.Wb
Saya memberitahukan bahwa surat saudara sudah diterima
  1. Dengan hormat,
Mengharapkan kehadiranmu pada acara ulang tahunku.
  1. Salam Kangen
Halo, Dik ... Dimana kabarnya?
32.  Bacalah kutipan surat berikut
Mengharap kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal        :           Kamis, 10 November 2011
Waktu                   :           Pukul 09.00 WIB
Tempat                  :           Aula SMP Bhakti Karya
Acara                    :           Rapat Persiapan Perpisahan Kepala Sekolah
Karena pentingnya rapat tersebut, dimohon saudara hadir tepat waktu.
Kalimat penutup yang sesuai untuk surat tersebut adalah ....
  1. Atas kehadirannya, kami sangat berterima kasih
  2. Atas kehadirannya, Kami ucapkan terima kasih
  3. Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih
D.    Atas kehadirannya, Saudara diucapkan banyak terima kasih.

33.  Bacalah penggalan wacana berikut dengan cermat
Setelah puas berkeliling kota Yogyakarta, pemberhentian terakhir kami adalah, Malioboro tempat arak-arakan pernikahan putri Sri Sultan. Kami berada di tengah-tengah royal weedhing yang meriah.Walaupun hanya sekedar menikmati nasi angkringan, namun dalam hati kami merasa bangga.Ternyata pernikahan putri keraton Yogyakarta tidak kaliah dengan pernikakahan pangeran Inggris yang disambut meriah oleh dunia.
Berdasarkan penggalan wacana di atas kalimat laporan yang paling tepat adalah…
A.    Kami puas berkeliling kota Yogyakarta
B.    Senang makan nasi angkringan di Malioboro
C.    Pernikahan putri keraton Yogyakarta sangat menriah
D.    Royal weedhing putri keraton Yogyakarta tidak kalah dengan pangeran Inggris

34.  Perhatikan petunjuk berikut
Membuat manisan mangga
1.     Mangga dikupas dan dipotong dadu
2.     Rendam dengan air bercampur kapur
3.     Siapkan buah mangga yang masih muda
4.     Masukan gula dalamsegelasair, tambahkan sitrun
5.     Tiriskan mangga yang sudah dicuci
6.     Masukan mangga ke dalam air gula
7.     Manisan siap dihidangkan
Urutan membuat petunjuk membuat manisan mangga yang tepat adalah….
A.    3, 1, 2, 5, 4, 6, 7
B.    3, 2, 1, 5, 4, 7, 6
C.    1, 3, 2, 4, 5, 6, 7
D.    2, 1, 3, 4, 5, 6, 7

35.  Bacalah dengan cermat petunjuk berikut ini ….
1.     Menyiapkan bahan – bahan yang akan dimasak
2.     Menyiapkan alat – alat yang diperlukan
3.     ….
4.     Menyajikan masakan
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah….
A.    Menyalakan kompor
B.    Memasak bahan yang disiapkan hingga matang
C.    Membersihkan alat – alat memasak
D.    Membersihkan bahan yang akan dimasak
36.    Bacalah penggalan pengumuman berikut :
Diberitahukan kepada siswa kelas VII, VIII, IX OSIS SMP Taruna yang akan mengikuti
lomba Bupati Cup pada :
hari, tanggal : Sabtu, 12 November 2011,
agar semua siswa memberi dukungan kepada Team Volly SMP Taruna.
Isi pengumuman yang sesuai dengan konteks pengumuman adalah ….
A.    Semua siswa SMP Taruna ikut pertandingan volly
B.    Semua siswa kelas VII, VIII, IX dimohou turut mendukung Tim Volly SMP Taruna dalan pertandingan Bupati Cup.
C.    SMP Taruna diwajibkan untuk mengikuti pertandingan Volly di Kabupaten
D.    Diberitahukan kepada siswa kelas VII, VIII, IX untuk mengikuti pertandingan volly

37.    Pewawancara       :  “ lalu apa yang harus Bapak lakukan?”
Narasumber         :  “ Kita harus mencapai kemajuan dibidang IPTEK “
Kalimat tidak langsung yang tepat sesuai dengan teks wawancara adalah…
A.    Narasumber mengatakan , bahwa kita harus mencapai kemajuan dibidang IPTEK.
B.    Kata narasumber, “kita harus mencapai kemajuan dibidang IPTEK”
C.    “ Kita harus mencapai kemajuan dibidang IPTEK” kata narasumber
D.    “ Kita harus mencapai kemajuan dibidang IPTEK “ narasumber mengatakan.

38.    Cermati pesan singkat berikut ….
Dari          :  Pembina OSIS
Kepada     :  Ketua OSIS

Segera siapkan laporan pertanggungjawaban kegiatan meting kelas untuk rapat OSIS pada :
Hari          :  Sabtu
Tanggal    :  12 November 2011

Isi pesan yang sesuai dengan teks memo adalah ….
A.    Dari pembina OSIS wajib menyiapkan laporan pertanggungjawaban
B.    Ketua OSIS akan mengadakan rapat pertanggungjawaban
C.    Pembina OSIS memperintahkan agar Ketua OSIS menyiapkan laporan pertanggungjawaban
D.    Pertanggungjawaban kegiatan dilaksankan pada rapat OSIS

39.    Cermati wacana berikut ….
Rasa stress biasanya timbul manakala seseorang terbebani masalah yang sangat berat. Rasa stress akan muncul pada saat seseorang tidak dapat mencari jalan keluar tentang masalah yang dihadapi. Adapula rasa stress muncul karena rasa takut dan tidak percaya diri.
Rangkuman yang tepat sesuai dengan penggalan wacana adalah….
A.    Munculnya rasa stress semata – mata karena jiwa merasa terbebani
B.    Rasa stress muncul dari hal – hal yang sangat sepele
C.   Rasa stress pada dasarnya muncul apa bila jiwa seseorang terbebani masalah dan tidak dapat mencari jalan keluar sehingga timbul rasa takut dan tidak percaya diri.
D.    Kejiwaan yang terganggu tidak percaya diri dan rasa takut dapat menimbulkan stress.







40.      Perhatikan gambar berikut !



Paragraf yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ...
A.    Sungguh indah pemandangan di tepi pantai. Hawanya sejuk dan nyaman. Aku senang sekali tamasya ke pantai
B.    Ingin kumiliki rumah. Rumah yang indah di perkampungan. Halaman luas terhampar. Pepohonan rimbun menghijau.
C.    Deru mobil menggema di perumahan. Membangunkan penjaga malam. Waspadalah hidup di perumahan.
D.    Rumah indah rumah idaman. Bangunannya membuat kita terasa nyaman.  Hamparan rumput di halaman menambah keindahan.

41.      Perhatikan ilustrasi berikut !
Ambles di kawasan Sayung – Mranggen, kabupaten Demak ambles. Apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan semakin luas.

Paragraf teks berita yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ...
A.    Jalan raya penghubung kawasan Sayung – Mranggen di kabupaten Demak ambles. Apabila tidak segera ditangani dikhawatirkan semakin luas.
B.    Jalan raya Demak ambles. Apabila tidak segera ditangani akan membahayakan
C.    Jalan raya Demak ambles. Titik yang ambles tidak begitu berbahaya
D.    Jalan raya di Demak ambles. Apabila tidak segera ditangani  dikhawatirkan sering terjadi kecelakaan.

42.      Guna mendukung ”Gerakan menanam sejuta pohon”, OSIS SMP Negeri 2 Grobogan bermaksud menyelenggarakan bakti sosial melalui kegiatan menanam pohon. Hal ini karena dengan  menanam sebatang pohon akan memberi banyak manfaat.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.    Hijau lingkungan dengan menanam
B.    Ayo menanam sekarang juga
C.    Satu pohon demi anak cucu
D.    Satu pohon berjuta manfaat

43.      Perhatikan iklan baris berikut !
Djl cpt rmh lt 264m2 / lb 200 m2, Puri Asmara
A 8/12, lkp hub. 08176777701.
Iklan baris di atas tergolong ke dalam jenis iklan ....
A.   Permintaan
B.   Penawaran
C.   Keluarga
D.   Layanan masyakarat

44.      Perhatikan cuplikan resensi berikut !
Dari total 242 halaman yang berisi 15 esai Budi Darma,  ada sebuah alinea yang menjadi titik berat pembacaan  saya. Suatu faktor yang sering dilupakan dalam hampir semua aspek kehidupan adalah faktor intuisi, demikian pula dalam kreativitas intuisi adalah bakat. Pendidikan atau latihan hanya bersifat menambah ketajaman.
Intuisi (hal. 109). Alenia ini terdapat pada esainya yang berjudul ”Kritik Sastra dan Karya Sastra”.
Buku yang diresensi  di atas tergolong ke dalam jenis ...
A.    Perjalanan hidup
B.    Kumpulan esai
C.    Teori bahasa dan sastra
D.    Ilmu pengetahuan dan teknologi

45.      Perhatikan kalimat berikut !
aku senang belajar bahasa indonesia karena sangat menarik.
Penulisan huruf kapital yang benar pada kalimat di atas adalah ....
A.    Aku, Bahasa Indonesia
B.    Bahasa, Indonesia
C.    Aku, Indonesia
D.    Aku, Belajar, Indonesia

46.      Perhatikan kalimat berikut !
Untuk menghindari serangan hama tikus para petani Desa Ngembak terpaksa menyemai benih padi di kebun.
Penggunaan tanda koma yang tepat dalam kalimat di atas adalah ...
A.    Diletakkan di belakang kata tikus
B.    Diletakkan di belakang kata petani
C.    Diletakkan di belakang kata Desa Ngembak
D.    Diletakkan di belakang kata padi

47. Faiqah membacakan surat dari paman dengan sangat keras, tetapi walaupun demikian nenek tidak mendengarnya.
      Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …
A.    Kata dengan dan sangat dihilangkan
B.    Kata walaupun diganti meskipun
C.    Kata walaupun dan dengan dihilangkan
D.    Kata walaupun demikian dan sangat dihilangkan

48. …
Hadirin yang berbahagia,
            Kami atas nama wakil teman- teman kelas I dan kelas II mengucapkan terima kasih  atas perhatian Bapak- bapak dan Ibu- ibu guru beserta kakak- kakak siswa kelas III yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah ini.
      Berdasarkan kutipan teks pidato tersebut terdapat kata sapaan yang belum tepat. Kata sapaan yang tepat terdapat pada kalimat …
A.    Kami atas nama wakil teman- teman kelas I dan II
B.    Atas perhatian Bapak dan Ibu Guru beserta kakak- kakak siswa kelas III
C.    Kita atas nama wakil teman- teman kelas I dan II
D.    Atas perhatian Bapak- bapak dan Ibu guru beserta kakak- kakak siswa kelas III
49. Ketua Osis akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya kebersihan sekolah dalam mencegah penyebaran firus flu burung. Pidato tersebut disampaikan pada acara Pembukaan Pekan Penanggulangan Flu Burung di sekolah.
      Bagian isi pidato berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A.    Kebersihan adalah kunci keimanan. Keimanan seseorang dapat dilihat dari kebersihannya. Oleh karena itu, mari menjaga kebersihan lingkungan kita.
B.    Mencegah penularan flu burung harus dimulai menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan sehat. Oleh karena itu mari bersama kita jaga kebersihan.
C.    Menjaga kebersihan sekolah adalah kewajiban kita. Tidak ada kata lain selain kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita agar asri dan nyaman.
D.    Jika kita tidak menjaga lingkungan sekolah kita, sekolah kita akan kotor dan tidak terawat. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan sekolah kita.
50. Bacalah ilustrasi berikut!
      Lalu lintas di depan sekolah sangat ramai. Di depan sekolahku ini sering terjadi kecelakaan siswa yang tertabrak karena tidak ada jembatan penyebrangan. Sampai saat ini juga tidak ada petugas pengatur lalu lintas baik di pagi hari ketika siswa masuk sekolah atau siang hari pada saat para siswa pulang sekolah.
      Kalimat surat pembaca yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.    Polisi lalu lintas tugasnya melayani semua lapisan masyarakat termasuk anak sekolah yang mau menyebrang pada saat berangkat sekolah atau pun saat pulang sekolah.
B.    Saya usulkan sebaiknya petugas pengatur lalu lintas peduli terhadap kepentingan masyarakat kecil termasuk siswa-siswa di sekolah kami agar bisa menyebrang.
C.    Melalui surat pembaca ini saya mengusulkan agar setiap pagi dan siang ditempatkan petugas pengatur lalu lintas di depan sekolah kami agar tidak terjadi kecelakaan lagi.
D.    Pemerintah daerah hendaknya peduli dengan kepentingan siswa yang bersekolah di daerah ramai untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas.
51. Perhatikan tema karya ilmiah berikut !
      Tema karya ilmiah :Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
      Rumusan permasalahan yang tepat dari tema tersebut adalah …
A.    Mengapa perpustakaan sekolah dapat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?
B.    Apakah peran perpustakaan sekolah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa ?
C.    Di manakah fungsi perpustakaan sekolah yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?
D.    Bagaiman peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?
52. Bacalah simpulan berikut!
Sebagian besar anak SMP mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian akhir dalam waktu yang singkat.Mengingat banyaknya materi akibatnya belajarnya sebagian-sebagian saja dengan teknik spekulasi atau untung- untungan bagi mereka yang beruntung, bagian materi pelajaran yang mereka baca, ada pada soal ujian. Namun bagi mereka yang tidak beruntung, bagian materi yang mereka baca tidak tersajikan sama sekali dealam soal ujian.
      Saran berdasarkan simpulan karya tulis ilmiah di atas adalah …
A.    Belajar sebagian sangat baik apabila diikuti dengan latihan soal-soal yang praktis.
B.    Waktu belajar yang singkat hendaknya digunakan untuk belajar materi-materi yang mungkin tersajikan saja.
C.    Waktu belajar yang panjang sangat membosankan. Oleh sebab itu, belajar menjelang ujian lebih mengena dan mudah dicerna.
D.    Sebaiknya kita menghindari spekulasi dalam belajar. Belajar secara keseluruhan lebih baik karena menjadikan kita percaya diri dan penuh persiapan.


53. Bacalah pantun berikut!
      [ … ]
      Dibawa itik pulang petang
      [ … ]
      Melihat ibu sudah datang
      Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.    Elok rupanya jati kumbang
Besar hati tidak berkata
B.    Lihatlah teman ayam menari
Melihat elang kesana- sini
C.    Elok rupanya kembang jati
Tidak berkata besar hati
D.    Lihatlah ayam dengan senangnya
Elang menari di atas udara

54.  Perhatikan kutipan puisi berikut!
Alamku Indonesia
Karya Bambang Lukilo
Alamku Indonesia
Alam yang penuh bahagia
Sawah dan ladang luas menghampar
... .
Bermacam-macam  bunga bermekaran
Hawanya sejuk menyehatkan
Hatiku ingin menari
Bagaikan burung yang terbang tinggi
Larik bermajar yang sesuai untuk melengkapi puisi tersebut adalah ... .
A.    Menghasilkan berbagai kekayaan
B.    Menambah indah alamku
C.    Bagaikan permadani bergelar
D.    Indah dan menentramkan hati

55.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Sudah tiga tahun lamanya, Roni dan kedua orang tuanya berpisah dengan kakaknya. Kakak Roni bekerja di luar negeri sebagai TKI di Malaysia. Kakak Roni mengirim surat bahwa akhir tahun ini akan kembali ke tamah air. Betapa bahagianya Roni dan kedua orang tuanya mendengar kabar tersebut. Roni dan keluarga tidak berhenti bersyukur kepada Tuhan.
Puisi yang sesuia dengan ilustrasi tersebut adalah... .
A.    Setelah tiga tahun lamanya kau pergi
Kini kau datang tuk kembali
Bersama kami di sini
Ya, Tuhan
Semoga saat-saat seperti ini
Akan selalu hadir di keluarga kami
B.    Kala kakak pergi itu yang kami rasakan
Kami harus menahan rasa rrindu
Rasa rindu tuk bertemu kakak
Bercanda dengan kakak
Dan berkumpul bersama ayah dan ibu
C.    Kebahagiaan menyelimuti hatiku
Saat aku melihatnu kembali
Tuk menghibur hatiku yang sedih
Karena tlah kau tinggal bertahun-tahun
Ku harap kau jangan pergi lagi
Tuk temani aku selamanya
D.    Setelah tiga tahun pergi
Kakak berkumpul kembali
Tawa dan canda hadir kembali
Rasa syukur terucap tak pernah henti
Ya, Tuhan
Semoga kebahagiaan ini
Tak pernah hilang lagi

56.  Perhatikan kalimat berikut!
1.     Padahal aku sudah belajar jauh-jauh hari
2.     Mungkin aku belum paham tentang materi tersebut
3.     Aku mendapat nilai 6
4.     Aku harus lebih giat belajar
5.     Malam ini aku termenung dan tak bisa tidur
6.     Aku teringat kejadian tadi siang
Urutan yang paling tepat agar menjadi sebuah cerita yang runtut adalah... .
A.    1,2,3,4,5,6
B.    4,5,6,1,2,3
C.    5,6,3,1,2,4
D.     6,5,3,1,2,4

57.  Perhatikan kutipan cacatan harian berikut!
Hari ini aku sangat malu. Ibu guru tiba-tiba menegurku karena aku dianggap menyontek ppekerrjaan Yanti. Padahal justru Yantilah yang menyontek pekerjaanku. Aku kecewa dengan sikap ibi guru yang menegurku tanpa mengetahui permasalahan yang sebenarnya.
Sudut pandang kutipan catatan harian tersebut adalah... .
A.    Orang pertama sebagai pelaku utama
B.    Orang pertama sebagai pelaku sampingan
C.    Orang ketiga serba tahu
D.    Orang ketiga sebagai pengamat

58.  Bacalah kutipan drama berikut ini!
Ngali         : Ro, mengapa kau kemari perusak rumah tangga orang!
Wiropati: (tenang dan tersenyum)
Ngali         : he, Wir! Jika nanti kau masih ingin melihat cahaya bulan purnama lebih baik kau pergi dari sini lekas! Jika tidak dengan senjata ini kuusir nyawamu dari tubuh mu (mengacungkan keris)
Wiropati: (tertawa, mulai lunak hingga keras)
Ngali: (tersenyum terbahak-bahak)
Petunjuk laku yang tepat untuk mengganti kalimat yang bercetak miring tersebut adalah...
A.    Merengutkan muka
B.    Ikut tertawa
C.    Menagis terisak-isak
D.     Termenung sendiri

59.  Perhatikan kutipan cerpen berikut ini !
“Pikirkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu bulan” Taksu menggeleng.
“... .”
“Tidak! Kamu pikir dulu satu bulan lagi!” sepanjang perjalanan. Yang dijadikan bulan-bulanan saya. Menurut dia sayalah yang sudah salah didik, sehingga Taksu menjadi cupet pikirannya.
Dialog  yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah... .
A.    Mau makan apa kalau kamu tidak kerja mencari uang sekarang ini susah
B.    Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama pak. Saya tidak ingin jadi guru
C.    Walau pun bapak ibu terus merayuku aku  akan tetap bekerja
D.    Sampai kapan bapak dan ibu terus saja ngomel tentang diriku

60.  Perhatikan kutipan drama berikut!
Karmaen   : (berdiri) Ani! Ani!
Ani            : (dari dalam) ya , mas!
Karmaen   : Sudah selesai berpakaian?
Ani            : (tampil) sudah lama selesai, mas.
Karmaen   : ... .
Ani            : saya membantu pekerjaan koki.
Karmaen   : Who, engkau  turut masak?
Ani            : Tidak mas, hanya memasak air. Daripada diam tidak ada kerja, supaya tidak merasa kesal.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah... .
A.    Tapi mengapa diam saja di belakang?
B.    Mengapa kamu masih di sini?
C.    Kakak sungguh kelewatan
D.    Harusnya kamu juga membantu di dapur