RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Teks Tanggapan Deskriptif
Tema :
Pengenalan
Budaya Indonesia
Subtema :
Pantun
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x
Tatap Muka)
A.
Kompetensi Inti
a.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
b.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
c.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengeahuan, teknologi,
seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
KompetensiDasar dan Indikator
3.1. Memahami teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan.
Indikator
1) menggunakan Bahasa Indonesia
untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentul lisan
2) menggunakan bahasa Indonesia
untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk tulis
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi,
tanggapan diskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan.
Indikator
1) menunjukkan perilaku jujur
dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
2) menunjukkan perilaku tanggung
jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3) menunjukkanperilaku
santun dalam menanggapi hal-hal atau
kejadian
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan
tulis sebagai bentuk dari rasa
menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
2.
Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau
kejadian
3.
Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal
atau kejadian
4.
Siswa menunjukkan perilaku santun
dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
5.
Diberikan model teks tangapandeskripsi, siswa dapat menjelaskan
struktur teks tanggapan deskripsi
6.
Diberikan model teks tanggapan deskripsi, siswa dapat menjelaskan
ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks tanggapan deskripsi
7.
Diberikan model teks tanggapan deskriptif siswa dapat memaknaikata
dan istilah yang terdapat dalam teks tanggapan deskriptif
8.
Diberikan model teks tanggapan deskriptif, siswa dapat menuysun
tekstanggapan deskriptif
D.
MateriPembelajaran
·
Struktur teks tanggapan deskripsi
·
Ciri – ciri teks tanggapan
deskriptif
·
Makna kata dan Istilah
E.
MetodePembelajaran
Metode discovery
learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
F.
Media
1. Teks tanggapan dekripsi
2. Teks pantun
G.
Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS
H.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan
Pertama
a. Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi,
meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Untuk menarik minatdan menggugah kesadaran
siswa agar mencintai budayaIndonesia
maka diputarkan vidio tari saman.
b. Kegiatan
Inti
1) Untuk membangun konteks pembelajaran,
dengan sikap peduli dan santun siswa mengamati teks pantun.
2) Dengan santun dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan
konteks pembelajaran
3) Dengan sikap responsif, santun, dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar siswa menjawab pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan pantun.
4) Siswa mengambil kertas undian yang berisi
istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu
membentuk kelompok kecil dan menamakan kelompoknya sesuai istilah yang
dipilihnya.
5) Dengan sikap santun dan responsive siswa
menyimak pembacaan teks laporan hasil tanggapan deskriptif
6) Dengan sikap
tanggung jawab, tanggapan peduli,
responsif, dan santunsiswa
secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan teks
yang disimaknya
7) Dengan sikap santun dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar siswa melaporkan hasil diskusinya.
8) Kelompok lain menanggapi dengan responsif
dan santun.
9) Dengan sikap responsif dan peduli siswa
menyimak penjelasan guru mengenai struktur teks laporan hasil tanggapan deskriptif
10) Dengan santun dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan
struktur teks tanggapan deskriptif
11) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswamembaca dan mengamati teks tanggapan
deskriptif
12) Dengan sikap
tanggung jawab, peduli, respon, dan santunsiswa berdiskusi menentukan strukturteks tanggapan deskriptif
13) Dengan sikap
tanggung jawab, santun,danmenggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benarsalah satu perwakilan kelompok melaporkan
hasil diskusinya.
14) Kelompok lain menanggapi dengan responsif
dan santun.
c. Kegiatan
Penutup
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santunsiswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
3)
Dengan sikap peduli, responsif, dan santunsiswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
4)
Siswa
menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
5)
2. Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi,
meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan i
b.
Kegiatan Inti
1)
Kedalaman
pengetahuan dan kemampuan siswa tentangciri-ciri bahasa teks tanggapan deskriptif
dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks tanggapan
deskriptif
2)
Dengan
sikap responsif dan peduli siswa menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri
bahasa teks tanggapan deskriptif
3)
Dengan
santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya
hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri bahasa teks tanggapan deskriptif
4)
Dengan sikap tanggung jawab,
peduli, responsif, dan santunsiswa
membaca dan mengamati teks tanggapan deskriptif
5)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santunsiswa berdiskusi
menentukan ciri-ciri bahasateks tanggapan desiptifkr
6)
Dengan sikap tanggung jawab, santun,dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar salah satu perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7)
Kelompok
lain menanggapi dengan responsif dan santun.
c.
Kegiatan Penutup
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santunsiswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
3)
Dengan sikap peduli, responsif, dan santunsiswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
4)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santunsiswa menyimak
informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a.
Kegiatan Pendahuluan
1)
Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2)
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
4)
Dengan
sikap responsif siswa mengamati beberapa kalimat yang dirumpangkan dan
menentukan kata yang tepat untuk melengkapinya .
5) Dengan santun dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar, siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan
istilah dan makna kata
6) Dengan sikap
tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswa membaca dan mengamati unsure kebahasaan teks tanggapan
deskriptif
7) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswa berdiskusi mengerjakan tugas 4
8) Dengan sikap
tanggung jawab, santun,dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar salah satu perwakilan kelompok
melaporkan hasil diskusinya.
9) Kelompok lain menanggapi dengan responsif
dan santun.
10) Siswa mengulang kembali kegiatan 7-9
dengan menggunakan teks yang berbeda
b. Kegiatan
Penutup
1)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santunsiswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2)
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
3)
Dengan sikap peduli, responsif, dan santunsiswa mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami
struktur teks tanggapan deskriptif
4)
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun siswa menyimak
informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
I.
Penilaian
1. Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian dan Pilihan
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2. Contoh
Instrumen Penilaian
a.
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah
ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus
dan ajeg/konsisten
|
4
|
b.
Tes Tertulis
Tes Uraian
1) Berdasarkan teks laporan tanggapan
deskriptif yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks
laporan tanggapan deskriptif dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian
paragraf)
2) Berdasarkan teks tanggapan deskriptif ,
identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan tanggapan deskriptif
dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
Kunci
1)
|
|
Struktur Teks
|
Kalimat
|
|
|
Definisi umum
|
|
|
|
Deskripsi bagian
|
|
|
|
Deskripsi manfaat
|
|
Catatan:
kalimat disesuaikan dengan teks
2)
|
|
Ciri-ciri Teks
|
Kalimat
|
|
|
Penggunaan
kata sifat
|
|
|
|
Penggunaan kata kerja aksi
|
|
|
|
Penggunaan istilah-istilah teknis
|
|
Catatan:
kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. Struktur dan ciri-ciri teks deskriptif lengkap
b. Struktur dan ciri-ciri teks deskriftif kurang lengkap
c. Struktur dan ciri-ciri teks deskriptif tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data (kalimat) mendukung atau
sesuai dengan struktur dan
ciri-ciri teks deskriptif dimaksud
b. Data (kalimat) kurang
mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks deskriptif dimaksud
c. Data (kalimat) kurang
mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks deskriptif dimaksud
|
3
2
1
|
c.
Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1) Berdasarkan teks laporan tanggapan
deskriptif, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks
laporan tersebut!
2) Berdasarkan teks tanggapan deskriptif,
tentukan makna teks tersebut disertai
dengan data yang mendukung!