Ar-Rahman
Murid Satu Guru Sepuluh
Murid Satu Guru Sepuluh
// Rubrik Pendidikan · Majalah 1000guru · January 2014 //
Kalimat judul tulisan ini hanyalah kiasan. Apabila murid membaca satu buku, seorang guru seharusnya membaca minimal sepuluh buku. Ketika buku yang dibaca guru dan murid itu satu, pengetahuan meraka akan sama. Perbedaannya mungkin hanya dalam hal guru membaca lebih awal dibandingkan muridnya. Namun, tidak sedikit siswa yang rajin biasanya akan mempelajari materi yang belum dipelajarinya sebelum guru mengajarkannya.
KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMP/MTs TAHUN 2014/2015
A. KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
|
INDIKATOR
|
|
1
|
Membaca dan
memahami berbagai
|
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
|
|
|
teks nonsastra
(biografi, artikel,
|
|
Menentukan
persamaan isi berita.
|
|
|
berita, iklan,
tabel/diagram, bagan,
|
|
|
|
|
|
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
|
|
|
|
grafik, peta,
denah), berbagai karya
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
|
|
|
|
sastra (puisi,
antologi puisi, cerpen,
|
|
|
|
|
|
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
|
|
|
buku kumpulan cerpen, cerita
anak,
|
|
|
|
|
|
Menyimpulkan
isi paragraf.
|
|
|
|
buku cerita anak, novel remaja,
novel
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
|
|
|
angkatan 20 – 30-an, dan
drama).
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita
|
|
|
|
|
anak.
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
|
2.
|
Menulis dan
menyunting teks
|
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
|
|
|
nonsastra
dengan menggunakan
|
|
Menulis
pesan singkat sesuai konteks.
|
|
|
kosakata yang
bervariasi dan efektif
|
|
|
|
|
|
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
|
|
|
|
dalam bentuk
buku harian, surat
|
|
|
|
|
|
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
|
|
|
pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
|
|
|
|
|
|
Menulis
rangkuman.
|
|
|
|
singkat, laporan, pengumuman,
|
|
|
|
|
|
Menulis
teks berita sesuai konteks.
|
|
|
|
petunjuk, rangkuman, teks
berita,
|
|
|
|
|
|
Menulis
slogan sesuai konteks.
|
|
|
|
slogan/ poster, iklan, resensi
dan
|
|
|
|
|
|
Menulis
iklan sesuai konteks.
|
|
|
|
karangan,
surat pembaca, teks pidato,
|
|
|
|
|
|
Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
|
|
|
|
dan karya
ilmiah; menulis teks sastra
|
|
|
|
|
|
Menulis
teks pidato.
|
|
|
|
dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng,
|
|
|
|
|
|
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
|
|
|
|
cerpen, dan drama.
|
|
|
|
|
|
ilmiah/daftar
pustaka.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
|
|
|
|
Melengkapi
pantun.
|
|
|
|
|
Melengkapi
puisi.
|
|
|
|
|
Melengkapi
naskah drama.
|
|
PANTUN 2
PANTUN 2
Lengkapi pantun berikut ini!
1. Bertamasya ke Surabaya
KeSurabaya berkereta api
Bersekolah apalah gunanya
…………………………………………………….
2. Jalan cepat jangan berlari
Berlari tidak duduk bermenung
…………………………………………………….
…………………………………………………….
3. Sepeda besar sepeda mini
…………………………………………………….
Bila tak punya budi pekerti
…………………………………………………….
4. Bunga melati di puncak gunung
…………………………………………………….
…………………………………………………….
Berilmu kurang merasa cukup
5. Buatlah pantun balasan!
Beli duku di kota Nganjuk
Beli sedikit murah harganya
Bantu aku berilah petunjuk
membaca yang baik gimana caranya?
6. Buatlah pantun pertanyaan untuk pantun jawaban berikut!
Idul Adha Idul Fitri
Makan opor makan ketupat
Bekerja keras sudahlah pasti
Maka kaya akan kau dapat
7. Pantun berikut ini belum memenuhi syarat-syarat pantun. Cermatilah dan kemudian perbaiki!
Senin, selasa rabu kamis
Jumat sabtu diakhiri Minggu
Gadis hitam bermuka manis
Bolehkah aku berkenalan?
8. Susunlah baris-baris berikut menjadi pantun!
1) Tetapi hanya dalam mimpi
2) Bola ditendang kena pipi
3) Aku suka bermain bola
4) Aku memang sedang berduka
9. Buatlah pantun dengan tema : Pendidikan
PANTUN 1
PANTUN 1 |
Lengkapi pantun berikut ini!
1.
Membeli buku untuk
menulis
Menulis surat pada tengah malam
Bila bersedih jangan menangis
……………………………………………………
2.
Bunga mawar bunga
melati
Bunga tulip bunga sakura
…………………………………………………….
…………………………………………………….
3.
Buku disampul agar tak rusak
…………………………………………………….
Belajar antre tidak berdesak
Itulah tanda bijak berilmu
4.
…………………………………………………….
………………………………………………….
Belajar keras janganlah kendur
Agar kelak kamu berhasil
5.
Buatlah pantun
balasan!
Beli duku di kota Nganjuk
Beli sedikit murah harganya
Bantu aku berilah petunjuk
Belajar yang baik gimana caranya?
6.
Buatlah pantun
pertanyaan untuk pantun jawaban berikut!
Idul Adha Idul Fitri
Makan opor makan ketupat
Belajar, berdoa sudahlah pasti
Karena ujian semakin dekat.
7.
Pantun berikut
ini belum memenuhi syarat-syarat pantun. Cermatilah dan kemudian perbaiki!
Senin, selasa rabu kamis
Jumat sabtu diakhiri Minggu
Jika sedih jangan menangis
Lebih baik untuk tertawa
8.
Susunlah baris-baris
berikut menjadi pantun!
1)
Siapa nama si gadis
cantik
2)
Warna jingga warna
kusuka
3)
Kalau boleh aku
bertanya
4)
Memang indah sangat
menarik
9.
Buatlah pantun
dengan tema : Persahabatan
Langganan:
Postingan (Atom)