A. KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
|
INDIKATOR
|
|
1
|
Membaca dan
memahami berbagai
|
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
|
|
|
teks nonsastra
(biografi, artikel,
|
|
Menentukan
persamaan isi berita.
|
|
|
berita, iklan,
tabel/diagram, bagan,
|
|
|
|
|
|
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
|
|
|
|
grafik, peta,
denah), berbagai karya
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
|
|
|
|
sastra (puisi,
antologi puisi, cerpen,
|
|
|
|
|
|
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
|
|
|
buku kumpulan cerpen, cerita
anak,
|
|
|
|
|
|
Menyimpulkan
isi paragraf.
|
|
|
|
buku cerita anak, novel remaja,
novel
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
|
|
|
angkatan 20 – 30-an, dan
drama).
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita
|
|
|
|
|
anak.
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
|
2.
|
Menulis dan
menyunting teks
|
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
|
|
|
nonsastra
dengan menggunakan
|
|
Menulis
pesan singkat sesuai konteks.
|
|
|
kosakata yang
bervariasi dan efektif
|
|
|
|
|
|
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
|
|
|
|
dalam bentuk
buku harian, surat
|
|
|
|
|
|
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
|
|
|
pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
|
|
|
|
|
|
Menulis
rangkuman.
|
|
|
|
singkat, laporan, pengumuman,
|
|
|
|
|
|
Menulis
teks berita sesuai konteks.
|
|
|
|
petunjuk, rangkuman, teks
berita,
|
|
|
|
|
|
Menulis
slogan sesuai konteks.
|
|
|
|
slogan/ poster, iklan, resensi
dan
|
|
|
|
|
|
Menulis
iklan sesuai konteks.
|
|
|
|
karangan,
surat pembaca, teks pidato,
|
|
|
|
|
|
Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
|
|
|
|
dan karya
ilmiah; menulis teks sastra
|
|
|
|
|
|
Menulis
teks pidato.
|
|
|
|
dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng,
|
|
|
|
|
|
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
|
|
|
|
cerpen, dan drama.
|
|
|
|
|
|
ilmiah/daftar
pustaka.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
|
|
|
|
Melengkapi
pantun.
|
|
|
|
|
Melengkapi
puisi.
|
|
|
|
|
Melengkapi
naskah drama.
|
|