Ar-Rahman

‏ الرَّحْمنُ (1 (Tuhan) Yang Maha Pemurah. 2) عَلَّمَ الْقُرْآنَ Yang telah mengajarkan Al Qur'an. 3) خَلَقَ الْإِنْسانَ Dia menciptakan manusia, 4) عَلَّمَهُ الْبَيانَ Mengajarnya pandai berbicara. 5) الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ بِحُسْبانٍ Matahari dan bulan ( beredar ) menurut perhitungan. وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدانِ (6) Dan tumbuh- tumbuhan dan pohon-pohonan kedua- duanya tunduk kepada-Nya. وَ السَّماءَ رَفَعَها وَ وَضَعَ الْميزانَ (7) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca ( keadilan ). أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْميزانِ (8) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. وَ أَقيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَ لا تُخْسِرُوا الْميزانَ (9) Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. وَ الْأَرْضَ وَضَعَها لِلْأَنامِ (10) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk ( Nya ). فيها فاكِهَةٌ وَ النَّخْلُ ذاتُ الْأَكْمامِ (11) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.(11) وَ الْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَ الرَّيْحانُ (12) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga- bunga yang harum baunya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (13) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. خَلَقَ الْإِنْسانَ مِنْ صَلْصالٍ كَالْفَخَّارِ (14) Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, وَ خَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مارِجٍ مِنْ نارٍ (15) Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (16) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَ رَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ (17) Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (18) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيانِ (19) Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu بَيْنَهُما بَرْزَخٌ لا يَبْغِيانِ (20) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (21) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَ الْمَرْجانُ (22) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (23) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لَهُ الْجَوارِ الْمُنْشَآتُ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلامِ (24) Dan kepunyaan-Nya lah bahtera- bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung- gunung. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (25) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كُلُّ مَنْ عَلَيْها فانٍ (26) Semua yang ada di bumi itu akan binasa. وَ يَبْقى‏ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (27) Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (28) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَسْئَلُهُ مَنْ فِي السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ في‏ شَأْنٍ (29) Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (30) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَ الثَّقَلانِ (31) Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (32) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَ الْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطارِ السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلاَّ بِسُلْطانٍ (33) Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus ( melintasi ) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (34) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُرْسَلُ عَلَيْكُما شُواظٌ مِنْ نارٍ وَ نُحاسٌ فَلا تَنْتَصِرانِ (35) Kepada kamu, ( jin dan manusia ) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri ( daripadanya ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (36) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَإِذَا انْشَقَّتِ السَّماءُ فَكانَتْ وَرْدَةً كَالدِّهانِ (37) Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti ( kilapan ) minyak. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (38) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَيَوْمَئِذٍ لا يُسْئَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَ لا جَانٌّ (39) Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (40) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُعْرَفُ الْمُجْرِمُونَ بِسيماهُمْ فَيُؤْخَذُ بِالنَّواصي‏ وَ الْأَقْدامِ (41) Orang- orang yang berdosa dikenal dengan tanda- tandanya, lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (42) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هذِهِ جَهَنَّمُ الَّتي‏ يُكَذِّبُ بِهَا الْمُجْرِمُونَ (43) Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang- orang berdosa. يَطُوفُونَ بَيْنَها وَ بَيْنَ حَميمٍ آنٍ (44) Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (45) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لِمَنْ خافَ مَقامَ رَبِّهِ جَنَّتانِ (46) Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (47) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. ذَواتا أَفْنانٍ (48) Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (49) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ تَجْرِيانِ (50) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (51) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما مِنْ كُلِّ فاكِهَةٍ زَوْجانِ (52) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (53) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ فُرُشٍ بَطائِنُها مِنْ إِسْتَبْرَقٍ وَ جَنَى الْجَنَّتَيْنِ دانٍ (54) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat ( dipetik ) dari dekat. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (55) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ قاصِراتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (56) Di dalam surga itu ada bidadari- bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (57) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كَأَنَّهُنَّ الْياقُوتُ وَ الْمَرْجانُ (58) Seakan- akan bidadari itu permata yakut dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (59) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هَلْ جَزاءُ الْإِحْسانِ إِلاَّ الْإِحْسانُ (60) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan ( pula ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (61) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ مِنْ دُونِهِما جَنَّتانِ (62) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (63) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan, مُدْهامَّتانِ (64) Kedua surga itu ( kelihatan ) hijau tua warnanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (65) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ نَضَّاخَتانِ (66) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (67) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما فاكِهَةٌ وَ نَخْلٌ وَ رُمَّانٌ (68) Di dalam keduanya ada (macam- macam ) buah-buahan dan kurma serta delima. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (69) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ خَيْراتٌ حِسانٌ (70) Di dalam surga- surga itu ada bidadari- bidadari yang baik- baik lagi cantik- cantik. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (71) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. حُورٌ مَقْصُوراتٌ فِي الْخِيامِ (72) (Bidadari- bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (73) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (74) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (75) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَ عَبْقَرِيٍّ حِسانٍ (76) Mereka bertelekan pada bantal- bantal yang hijau dan permadani- permadani yang indah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (77) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. تَبارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (78) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.
Sesungguhnya surga itu memiliki banyak pintu, salah satunya disebut AR-RAYYAN artinya 'Basah melimpah'. Nanti akan dipanggilah pada hari kiamat "wahai mana orang-orang yang berpuasa?" lalu bila orang terakhir dari mereka telah masuk ke dalam pintu tersebut, maka pintu itu pun ditutuplah (Sabda Nabi Muhammad SAW. HR Bukhari dan Muslim) Apakah tabungan puasa kita yang telah terkumpul dari tahun ke tahun itu cukup untuk membuka AR-RAYYAN, salah satu pintu surga yang termasyur itu? Tentu hanya Tuhan yang tahu. Tapi setidakknya kita harus yakin dahulu.

Prediksi 2 UN SMP





2

PREDIKSI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang : SMP
Hari/Tanggal :
Waktu : 08.00 – 10.00

PETUNJUK UMUM
1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Latihan Ujian Nasional (LJLUN) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJLUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJLUN.
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 60 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan.
8. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya.
9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
10. Lembar soal tidak boleh dicoret-coret.


PETUNJUK KHUSUS
Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat pada  lembar jawaban yang telah disediakan!

1. Ada  yang  berpendapat  bahwa  mengoleksi  benda  -  benda  kuno  tak  ubahnya  mengumpulkan  sejarah  masa  lalu .  Dengan  mengoleksi  benda  kuno  seseorang  akan  berusaha  mengetahui  latar  belakang  benda  itu  sendiri .  Usaha  mengetahui  latar  belakang  benda  itu  dapat  dilakukan  dengan  mencari  literatur  pendukung  yang  tepat. Selain itu seseorang  penggemar  benda  kuno  juga  harus  berusaha  menggali  nilai – nilai  luhur  yang  terkandung  di dalamnya .

Gagasan Utama  yang  terdapat    dalam  paragraf  diatas  adalah  ....
A. Mengetahui  benda  kono  seperti  mengumpulkan  sejarah.
B. Benda – benda  kuno  memiliki  nilai – nilai  tertentu.
C. Kolektor  benda  kuno  harus  membaca  leteratur  yang  tepat .
D. Benda  kuno  harus  diketahui  latar  belakangnya.

2. Kebutuhan  akan  darah  semakin  meningkat  dari  tahun  ketahun .  Hal  ini  antara  lain  disebabkan  oleh  majunya  tehnologi  dalam  bidang  kedokteran .  Pelayanan  usaha  transpusi  darah  dipercayakan  oleh  pemerintah  kepada  Palang  Merah  Indonesia.  PMI  berupaya  menghimpun  anggota  donor  darah  sukarela ,  baik  secara  perseorangan   maupun  secara  kelompok . PMI  menyimpan  serta  menyalurkan  kepada  penderita  yang  memerlukan.

Simpulan paragraf  diatas  adalah  ....
A. Keadaan  PMI  menguntungkan  pemerintah.
B. Masyarakat  membutuhkan  transfusi  darah  dari  PMI .
C. PMI  memberikan  pelayanan  transfusi  darah  bagi  yang  membutuhkan .
D. PMI  menjadi  pusat  pelayanan  transfusi  darah .

3. Disamping kamus, Poerwadarminta sempat juga menulis buku mengenai teori karang mengarang: ABC Karang-Mengarang   Bahasa Indonesia  dalam Mengarang , dan  masih  banyak  buku  lain  mengenai bahasa  Kawi  dan Jawa. Kesetiaan  akan  tugas  tergambar  pada  kegiatannya  dalam  menyusun  kamus  bahasa  Latin  yang  masih  dikerjakan  sampai  November 1968  di Yogyakarta  dan  tidak  sempat  melihat  terbitnya  karya  terakhir  itu.  Jasa  dan  pengabdiannya  dalam  bidang  bahasa  dihargai  pemerintah  dengan  pemberian  Satya  Lencana  Kebudayaan  secara  anumerta  pada  tahun  1970.

Diantara keistemawaan yang  dimiliki  oleh  tokoh  dalam  penggalan  biografi  tersebut  adalah ...
A. Diminta  mengajar  di perguruan  tinggi  swasta.
B. Mendapatkan penghargaan pemerintah dengan pemberian Satya Lencana  Kebudayaan secara anumerta pada  tahun 1970.
C. Pernah  juga  mengajar  disalah satu Universitas di Tokyo.
D. Dialah yang menyusun kamus bahasa Indonesia yang dianggap paling lengkap.

4. Dari jalan hidup  yang  ditempuhnya ,  terkesan  bahwa  selain  dunia  pendidikan ,  bahasa merupakan  lapangan  yang  dicintainya.  Ia banyak mempelajari bahasa asing dan  dikenal n sebagai  leksikograf ( penyusun kamus yang  tunak. Orang  yang  pernak  bekerja  sama  dengan  Poerwadarminta  masih  mengenangnya  sebagai  orang  yang  tidak  banyak  bicara  tetapi  selalu  tekun  dalam  kegiatannya.  Bertahun – tahun dilaksanakannya  tugas  memimpin  penyusunan  Kamus  Umum  Bahasa  Indonesia.

Sifat  tokoh  yang  ada  pada  penggalan  biografi  tersebut  adalah  ....
A. Pendiam
B. Sombong
C. Mau menang sendiri
D. Masa bodoh

5. Identifikasi  masalah
Apakah  limbah  kertas  bekas  dapat  dimanfaatkan ?
Bagaimana  pengelolaan  limbah  menjadi  berguna ?

Latar  belakang  masalah  yang  tepat  untuk  identifikasi  masalah  tersebut  adalah  ....
A. Kertas  bekas  yang  selama  ini  dianggap  limbah  ternyata  dapat  dijadikan benda  bermanfaat.  Pemanfaatan  limbah  kertas  tersebut  menjadi  salah satu solusi  terhadap  persoalan  sampah.
B. Kertas  merupakan  salah  satu  dari  sekian  jenis  sampah  sangat  melimpah, sesbab  hampir  seluruh  sektor  kehidupan  di masyarakat  kita  menggunakan kertas.
C. Dunia  pendidikan  kita  tidak  bisa  dipisahkan  antara  kertas  dan  kegiatan   proses  belajar  mengajar. Kertas  adalah  hal  yang  pokok  bagi  semua  siswa  dan  mahasiswa  yang  aktif  maupun  para  alumni  yang  telah  memasuki  dunia  usaha.
D. Sampah  merupakan  suguhan  pokok  yang  terjadi  di kota-kota bahkan sampai  di desa. Kota – kota besar mengalami polusi karena sampah. Sampah menjadi masalah baik didesa maupun di kota.





6. Kutipan artikel   I
KPK  sebagai  lembaga  anti  kurupsi  mendapatkan  simpati  yang  luas  dalam  masyarakat ,  namun  sebagai  lembaga  yang  punya  gigi  tajam,  lembaga  ini  acap  mendapat  rintangan  luar  biasa  yang  justru  dari  penguasa  negeri ini.  Wacana  pembubaran  KPK  terdengar  2007                  (  SM/29/0L/07)  Pada  saat  ini  banyak  pihak  penggembosan  lembaga  KPK  telah  merambah  DPR  saat  ini,
(  Suara  Merdeka,  tanggal  8  Agustus  2011 )
Kutipan  artikel  II
Subtansi  realitas  buruknya  kualitas  kehidupan  penegak  hukum  yang  dirasakan  sekarang  ekstensi  polri  tidak  lain  adalah  ;  konstek  tanggung  jawab  moral,  anggota  polri  harus  senantiasa  bertindak  berdasarkan  norma  hukum, norma agama, kesopanan, kesusilaan, seeta menjujung tinggi  HAM   ( PASAL 19 UU  Nomor  2  Tahun 2002)
(  Suara  Merdeka,  tanggal  1  Juli  2011 )

Persamaan  penggalan  artikel  tersebut  adalah  ....
A. Manfaat  hukum
B. Kesadaran  masyarakat  tentang  penegakan  hukum
C. Kendala  penegakan  hukum  di  Indonesia
D. Lembaga – lembaga penegakan hukum

7.  Masa  tanggap  darurat  erupsi  Gunung  Merapi  diwilayah  Kabupaten  Magelang diperpanjang  dua  pekan .  Pemkab  Magelang  mengajukan  tambahan  dana  penanganan  bencana  ke  Pemerintah  Pusat.

Isi  berita  tersebut  adalah  ....
A. Kondisi  Gunung  Merapi  berstatus “  Awas “.
B. Kondisi  Gunung  Merapi
C. Gunung  Merapai  tidak  berbahaya
D. Masa  tanggap  darurat  Gunung  Merapi  diperpanjang.


8.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor  dan 2!
Teks berita I

Sri Mulyani Indrawati setelah menjabat direktur Bank Dunia , akhirnya pulang ke rumah lamanya untuk kali pertama. Mantan menteri  Keuangan itu menyambagi Kantor Kementerian Keuangan dan mengadakan pertemuan dengan Menteri keuangan Agus Martowardojo beserta jajaranya. Pertemuan itu terjadi pada hari Senin,7 Nopember 2011.

Teks berita II

Pada hari Senin,7 Nopember 2011, Sri Mulyani Indrawati akhirnya pulang ke rumah lamanya untuk kali pertama. Mantan menteri  Keuangan itu tidak bersedia menjawab pertanyaan soal isu pencalonannya sebagai presiden pada pilpres 2014.


. Perbedaan Penyajian teks berita tersebut adalah ....


Teks I Teks II
A.
B.
C.
D. apa−bagaimana−di mana
siapa−apa−kapan
apa−bagaimana−siapa
siapa−bagaimana−di mana kapan−mengapa−apa
kapan −siapa− bagaimana
apa−mengapa−di mana
mengapa−bagaimana−siapa

9.  Cermatilah iklan berikut ini!

1).Dijual tanah seluas 200m2 di JalanDiponegoro no 13 Wirosari, Grobogan. 2).Tanah yang dijual tersebut bebas banjir, dan lomgsor. 3)Tanah tersebut harganya murah, mudah dijangkau oleh semua kalangan.4).Harga tanah Rp 400 juta (bisa nego).5). Siapa yamg berminat Hub. 081225112021.

Kalimat fakta yang terdapat pada iklan  tersebut terdapat pada kalimat .…
A. (1) dan (5)
B. (2) dan (4)
C. (1) dan (3)
D. (1) dan (4)


10. BOS BORONG mengerjkn  Bng/Renov Rmh/ Kntr,dll.Telp; 081325718379/70780863
  Menurut isinya ,iklan tersebut termasuk iklan…………...
A. Bahan bangunan
B. Transportasi
C. Biro jasa
D. Ekspor/impor

11.Perhatikan kutipan Kamus berikut ini!

1 abang n 1 kakak laki-laki;saudara laki-laki; nya dua tahun lebih tua;2 panggilan kepada laki-laki yang lebih tua yang tidak dikenal;3. Panggilan istri kepada suami;4.panggilan kepada penjual sayur/ pengemudi becak,dsb;
Berabang v1 mempunyai abang; 2 menyap/memanggil abang; ia kepada saya
2 abang a merah
abangan n golongan masyarakat yang menganut agama Islam, tetapi tidak melaksanakan ajaran secara keseluruhan.

Berdasarkan kutipan kamus, kata Abang dalam kalimat berikut ini yang berarti panggilan kepada orang laki-laki yang tidak dikenal adalah…….
A. Mengapa pesananku tidak Abang bawakan untuk acara nanti malam?
B. Bapak tidak masuk kantor,nanti  Abang yang mengantarkan surat ini ya?
C. Saya kira Abang sudah mengetahui peristiwa yang menimpa keluarga kita.
D. Saya  orang baru, bisakah Abang menunjukkan jalan ke Bledug Kuwu Wirosari?

12.Perhatikan kutipan telepon di bawah ini

Sofi : “Halo, Assalamualaikum kak?”
Kak Amel : “Walaikumsalam warahmatullohi wabarakatuh.”
Sofi : “Apa betul, hari ini  ada upacara di sekolah?”
Kak Amel : “Oh, Ya. Kan sekarang tanggal 10 Nopember.”
Sofi :  “Memangnya tanggal 10 Nopember ada apa kak?”
Kak Amel :   ……………………………………………………
Sofi : “Oh, begitu…..terima kasih ya kak informasinya.
Kak Amel : “Ya…Sama-sama.”

Kalimat yang digunakan untuk melengkapi kutipan telepon di atas adalah……
A. Bangsa Indonesia memperingati hari ABRI
B. Bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan
C. Kita memperingati hari Sumpah pemuda
D. Kita memperingati hari kesaktian Pancasila
13.Perhatikan paragrap di bawah ini!
         Pada pelajaran bermain peran ,Hadi diminta Bapak kepala dusun untuk berceramah tentang pertanian. Padaha,l Hadi  bukan ahli pertanian.Untuk kepentingan ceramahnya Hadi harus menyiapkan materi yang harus disampaikan di hadapan para petani. Hadi pun mencari buku-buku pertanian yang ada di perpustakaan desa. Ada dua buku penting yang harus cepat dibaca dan dipahami.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan Hadi adalah sebagai berikut kecuali:

A. Mencari buku-buku Peternakan
B. Mencari buku-buku Pertanian
C. Membuka daftar isi untukmelihat posisi / halaman indeks
D.  Menemukan istilah dan kata-kata pertanian

14.  Perhatikan denah di bawah ini.                  Jln. Hasanudin                                    



                                                                                                         
                                                                                                             Jln. Thamrin            Sekolah Amelia
                                                                                                                                   
                                                                                   
                               Jln.  Pattimura                            Jln. Pattimura


                                                 Jln. Senopati                                       Jln. Kartini
                                                                                                     

                Jln.  Ampera                               Jln. Ampera


                                                                                                                                             Jln. Diponegoro
                                                                                                                               
                                                                                                              Jln. Sudirman
                                                     Rumah Amelia

      Rute perjalanan Amelia yang paling efektif  dari rumah menuju ke sekolah adalah….
A. rumah Amelia - jalan Ampera – jalan Senopati – jalan Pattimura - jalan Thamrin – jalan  Diponegoro - sekolah Amelia
B. rumah Amelia - jalan Ampera –jalan Sudirman - jalan Diponegoro – jalan Thamrin - sekolah Ameli.
C. rumah Amelia  - jalan Ampera – jalan Sudirman – jalan Kartini - jalan Diponegoro - jalanThamrin - sekolah Amelia
D. rumah Amelia - jalan Ampera – jalan Sudirman – jalan Thamrin– jalan Diponegoro – sekolah Amelia











15. Cermatilah denah berikut!
RSUD
Kantor Pos
Museum
SMPN X















Rute arah paling efektif dan dekat dari SMPN X menuju ke Museum adalah....
a. SMPN X -> Jl. R. A. Kartini -> Jl. Gatot Suroto -> Museum
b. SMPN X -> Jl. Dewi Sartika -> Jl. Gatot Suroto -> Museum
c. SMPN X -> Jl. A. Yani -> Jl. Cut Nyak Dien -> Museum
d. SMPN X -> Jl. R. Katamso -> Jl. R. A. Kartini -> Museum

16.
Perhatikan grafik berikut!











Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah....
a. Jumlah pengunjung terendah terjadi pada bulan September.
b. Jumlah pengunjung mengalami peningkatan selama satu semester.
c. Peningkatan jumlah pengunjung terbesar terjadi pada bulan Oktober.
d. Penurunan jumlah pengunjung terbesar terjadi pada bulan November.

17. Tabel Harga Sembako di Semarang (Rupiah/Kg)
Minggu I Bulan Oktober

No. Nama Barang Pasar Johar Pasar Bulu Pasar Peterongan
1 Beras 4.500 4.500 4.600
2 Gula Pasir 8.100 8.400 8.200
3 Tepung Terigu 5.300 5.500 5.200
4 Minyak Goreng 7.000 7.000 7.100

Simpulan yang tepat isi tabel tersebut adalah....
a. Harga gula pasir paling murah di Pasar Peterongan.
b. Harga minyak goreng di Semarang relatif sama.
c. Harga beras di Pasar Johar lebih mahal daripada di Pasar Bulu.
d. Harga sembako di Pasar Johar paling murah di Semarang.

18.           Kupeluk Engkau
Apa yang paling sunyi
Selain puisi
Apa yang paling gemuruh
Selain ruh

Kupeluk Engkau
Karena sunyi dan gemuruh
Puisi dan ruh
Bereda dalam diri-Mu
Lapis melapis dan abadi

Tema puisi tersebut adalah....
A.Ketuhanan
B.cinta kasih
C.Kesunyian
D.Keabadian

19. Cermati kutipan puisi berikut !
   
Malam kian larut (1)
Angin mengendap-endap diantara daun bambu(2)
Bulan bersandar lesu(3)
Segala pekat lekat(4)

Kalimat bermajas pada kutipan puisi tersebut adalah....
A.(1) dan (2)
B.(2) dan (4)
C.(2) dan (3)
D.(1) dan (3)

20. Puisi 1 .............................
Kehilangan nyawa kau tak peduli
Daripada kehilangan bangsa
Engkau berkorban
Demi tanah air

      Puisi 2 ........................................................
Hamparan pasir putih
Bak permadani indah berseri
Debur ombak yang menerjang karang
Bagai genderang pesta

     Perbedaan tema kedua puisi tersebut adalah....

Puisi 1 Puisi 2
A. kepahlawanan Keindahan alam
B. pengorbanan Pesona alam
C. perjuangan Keindahan alam
D. kepahlawanan Pesona

21.....................................................................................................................................
       Aku berjalan diantara pohon-pohon pinus yang menjulang.Sendiri saja.Di kejauhan terlihat hamparan kebun teh.Tiba-tiba aku teringat pada Astrid,gadis cantik putri Pak Dirja,pemilik pabrik teh.Astrid tlah  mampu menambatkan hatiku.............

 Latar kutipan cerpen di atas  adalah....
        A.Hutan
        B.Pegunungan
        C.Pedesaan
        D.Tempat wisata

22.    ......................................................................................................................................
         Ketika pak Fritz hendak membuka pintu,terdengar suara kecil dari belakang.(1)
         “Tolong saya,Tuan.Saya tak punya makanan untuk makan malam ini,”kata seorang anak lelaki kecil sambil menadahkan tanganya.(2)
         “Aku tidak punya makanan,apalagi uang.Kalau kau mau bunga ini,ambilah! Ujar Pak Fritz.(3)
         “Bunga tidak bisa dimakan,Tuan,”
         “Juallah,kau pasti dapat uang,”kata Pak Fritz lagi.(4)

          Kalimat dalam kutipan cerpen tersebut yang menjadi bukti watak tokoh Pak Fritz  adalah....
A. Kalimat(1)
B. Kalimat(2)
C. Kalimat(3)
D. Kalimat(4)


Bacalah kutipan cerpen berikut !
23.      Badannya kurus tinggi, punggungnya bungkuk udang, dadanya cekung, serta kakinya pengkar kepalanya besar, tetapi tipis di muka, serta sulah pula. Rambutnya yang tinggal sedikit sekeliling kepalanya itu, telah putih sebagai kapas dibusur. Misai dan janggutnya panjang, tetapi hanya beberapa helai saja, tergantung pada dagu dan ujung bibirnya, melengkung ke bawah. Umurnya lebih dari setengah abad. Matanyakecil,  tetapi tajam, hidungnya bungkuk, mulutnya besar, giginya hitam dan kotor, yang di muka keluar sebagai gigi tupai. Telinganya besar, seperti telinqa gajah, kulit mukanya berkarut-marut dan penuh dengan bekas penyakit cacar.
     Cara yang digunakan oleh pengarang dalam melukiskan watak tokoh dalam kutipan cerpen di atas adalah…
A. Analitik
B. Dramatik
C. Dialog antartokoh
D. Jalan pikiran tokoh
Perhatikan penggalan drama berikut ini !
24. Nenek     : Ayahmu dulu, ke sekolah jalan kaki.
      Gimin       : Itu kan dulu, Nek ! Sekarang mana ada yang jalan kaki sedemikian jauh.
      Nenek      : Itulah, Cu ! Ayahmu jalan kaki, prestasinya bagus (setengah berbisik). Selalu menjadi bintang kelas.
      Gimin       : Aku ngerti, Nek. Ayah memang hebat. Tapi, dulu pelajaran belum sebanyak dan seberat sekarang.
     Nenek       : Cu, setiap generasi menghadapi tantangan yang berbeda, bergantung zamannya. Yang berhasil adalah mereka yang mampu mengatasi  masalah-masalah yang dihadapinya.
     Amanat dari penggalan drama di atas adalah…
A. Nenek harus mengingatkan cucunya agar menjadi anak yang berhasil
B. Generasi dahulu menghadapi tantangan lebih berat daripada sekarang
C. Kita harus berani menghadapi tantangan apa dan kapan pun
D. Anak harus selalu berbakti kepada nenek dan orang tua
Bacalah kutipan cerita berikut ini !
25.      Jika aku menuntut Pak Mandor untuk menggeser jam kerjaku pasti sia-sia. Ketika Fauzan teman satu ruang denganku meminta hal yang sama, bukan jadwal baru yang diperolehnya tapi bentakan keras Pak Mandor disertai ancaman. Sementara ukuran daster isteriku yang semakin terdesak dengan perutnya yang kian membuncit di bulan kesembilan ini, selalu menjadi bayangan cemasku disela hiruk pikuknya mesin-mesin pemintal benang yang setiap malam menunda tidurku sampai pagi.
     Konflik batin yang terjadi pada tokoh tersebut adalah…
A. Harus kerja malam hari  disaat isterinya sedang hamil tua
B. Daster isterinya sudah sesak karena perutnya membesar
C. Tiap malam tidurnya selalu tertunda karena bekerja
D. Fauzan dibentak dan diancam ketika minta geser jam kerja
Bacalah kutipan novel berikut !
26. “Biarlah ini sudah nasib kita. Janganlah marah apalagi dendam !”, kata Ayah. “Tapi, Yah. Mereka itu keterlaluan, kita dikatakan orang yang tak tahu diuntung. Memangnya apa yang telah mereka berikan kepada kita ?” Ibu masih kelihatan marah. Raut mukanya masih tetap kelihatan merah. “Bu, kejahatan kalau dibalas kejahatan tidak akan ada artinya. Biarlah Yang Maha Kuasa memberikan pelajaran kepada siapa saja yang bersalah.”
Nilai kehidupan dari novel tersebut adalah…
A. Setiap manusia pasti mempunyai pengalaman
B. Segala sesuatu kita pasrahkan kepada Tuhan
C. Berlatih itu perlu bila kita ingin sukses
D. Manusia dapat meraih kemenangan bila ada kesempatan
Perhatikan kedua kutipan novel berikut !
27. Kutipan 1
       Setiap aku masuk ruangan itu, aku merasa dibelit rantai penjara. Kebebasanku dirampas. Segala gerakanku dikomandokan dan semua gerak-gerikku diamati. Andang pengawas merangkap wakil kepala bagian, mutlak menjadi penguasa tunggal di ruangan itu.
     Kutipan 2
     Perempuan itu jalan duluan, aku menyusulnya di belakang. Bukan main cepatnya ia melangkah. Aku mengikutinya setengah berlari-lari, hingga napasku mendesah-desah.
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel di atas adalah…

Kutipan 1 Kutipan 2
A Orang pertama pelaku sampingan A Orang pertama pelaku utama
B Orang kedua pelaku utama B Orang ketiga pelaku sampingan
C Orang kedua pelaku utama C Orang ketiga pelaku utama
D Orang pertama pelaku utama D Orang pertama pelaku sampinga

Perhatikan kutipan drama berikut secara seksama kemudian kerjakan soal nomor 28 dan 29 !
28. Ahmad     : “Edi, kamu ya yang menyembunyikan rokok di tasku, sampai aku dipanggil ke guru BP ?”
      Edi             : “Tid, tidak kok, aku sejak tadi berada di kantin kok.”
      Rudi          : “Yak kok Mad, aku tadi melihat Edi  memasukkan sesuatu di tasmu, kan hanya Edi yang merokok di kelas ini.”
     Edi              : “Nggak, nggak mungkin, a, aku sejak tadi di kantin kok.”
     Suasana yang tergambar pada kutipan drama tersebut adalah…
A. Mengharukan
B. Menyenangkan
C. Menegangkan
D. Meresahkan
29. Latar tempat pada kutipan drama tersebut di atas adalah…
      A. Kelas
      B. Jalan
      C. Kantin
      D. Sekolah
         
30. . Perhatikan ilustrasi berikut !
Setelah satu semester menunggu, Sabtu, 20 Desember 2010 tepatnya pukul 08.30, rapor dibagikan oleh wali kelas. Andi Gunawan, peringkat pertama di kelas IX-9. Pengumuman itu mewujudkan impian Andi selama ini. Andi bersyukur kepada Tuhan.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ..
A. Sabtu, 20 Desember 2010, tepatnya pukul 08.30. Namaku diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Wow ... akhirnya, impianku terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doaku.
B. Sabtu, 20 Desember 2010. Andi  diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Akhirnya, impian Andi terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doanya.
C. Sabtu, 20 Desember 2010, tepatnya pukul 08.30. Wali kelas mengumumkan bahwa Andi mendapat prestasi yang membanggakan di kelas IX-9. Andi peringkat pertama di kelas.
D. Sabtu, 20 Desember 2010.  Saat pembagian rapor di kelas IX-9. Saya bangga karena Andi mendapat peringkat pertama. Hal itu,  sangat membanggakan bagi Andi.

31.  Perhatikan kutipan surat pribadi berikut !
Jakarta, 14 Desember  2010
Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No. 12 Jambi
Salam kangen dari jauh,
Maafin aku ya, karena baru sekarang aku sempat membalas suratmu.

Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Jadi berkunjung ke kotaku kan? Aku janji akan mengajakmu berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.
Sahabatmu,
Ana
Isi surat surat pribadi tersebut adalah ...
A. Menanyakan kabar Diana.
B. Berkunjung ke Jakarta.
C. Berkeliling ke Jakarta.
D. Menanyakan rencana Diana untuk ke Jakarta.

32.  Perhatikan kutipan surat resmi berikut !

SMP HARAPAN
Jalan Arga Makmur No. 2, Jakarta

Nomor : 17/S.030/SB/2010 (1) 2 Mei 2010
Hal : Undangan

Yth. Para Guru dan Karyawan
        SMP Harapan
        di Jakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pelaksanaan Ulangan Semester Genap tahun 2010, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
hari,tanggal : Sabtu, Mei 2010
waktu       : Pukul 08.00
tempat       : Aula SMP Satria Bangsa
acara             : Persiapan Ulangan Semester Genap

(.....)
























Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah....
A. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
B. Demikian surat undangan ini kami sampaikan.Atas perhatian Bapak/Ibu kami
ucapkan terima kasih.
C. Sekian dulu surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan
terima kasih.
D. Sekian dulu surat undangan ini kami sampaikan.
33. Perhatikan pernyataan berikut !
 (1) Terpancar wajah berseri, saat penghuni pantai diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3) Kami berbaur bersama dalam kegembiraan.
(4) Kegiatan itu dipusatkan di Panti Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir tepat pukul 16.00.
(6) OSIS SMP Bunda melakukan kegiatan bakti sosial.

Urutan kalimat yang tepat untuk laporan adalah....
A. (4),(3),(2),(5),(6),(1)
B. (6),(4),(2),(1),(3),(5)
C. (6),(5),(4),(3),(1),(2)
D. (4),(3),(2),(6),(5),(1)

34. Perhatikan kalimat petunjuk berikut!
1) Tuangkan mi dan kuahnya ke dalam mangkuk, aduk dengan bumbu hingga merata.
2) Sementara mi direbus, campurkan bumbu, minyak bumbu, dan bubuk cabai ke dalam mangkuk.
3) Mi lezat siap disajikan.
4) Rebus mi dalam 400 cc (2 gelas) air mendidih selama 3 menit sambil diaduk.

Urutan petunjuk cara menyajikan mi instan yang tepat adalah ....
A. 4 – 2 – 1 – 3
B. 1 – 2 – 3 – 4
C. 4 – 3 – 1 – 2  
D. 2 – 1 – 4 – 3

35. Perhatikan petunjuk berikut !

Petunjuk Membuat Puding Strowberi Segar
(1) Siapkan 1 bungkus agar-agar rasa strowberi.
(2) Agar-agar dicampur dengan air, dimasak sampai mendidih.
(3) […]
(4) Masukkan agar-agar yang telah mendidik sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur yang telah kaku sampai habis sambil diaduk rata.
(5) Ambil cetakan ukuran garis tengah 24cm tebal 3cm.
(6) […]
(7) Setelah dingin dikeluarkan dari cetakan, hiasi dengan strowberi segar dan siap dihidangkan.

Bagian rumpang pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat...
A. (3) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dinginkan.
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai mengeras.
B. (3) Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku
(6) Masukkan ke lemari pendingin sampai menge
C. (3)  Sementara itu putih telur dikocok sampai kaku.
(6) Cetak agar-agar dalam cetakan tadi lalu dingin.
D. (3) Sementara itu masukkan ke cetakan.
(6) Bungkus agar-agar dengan plastic kecil-kecil sampai habis.

36. Perhatikan penggalan teks pengumuman berikut !

Teman-teman, kelas kita, VIIC jadi juara satu lomba Mading antar kelas! Senin depan kita
harus siap mewakili sekolah dalam lomba Mading antar sekolah.

Isi pengumuman di atas adalah....
A. Sekolah akan mengadakan lomba mading di kelas VIIC
B. Lomba mading diselenggarakan oleh kelas VIIC
C. Yang menyampaikan pengumuman adalah ketua kelas VIIC
D. KelasVIIC memenangkan lomba mading antar kelas.

37. Simak teks wawancara berikut!
Siswa : Bagaimana perasaan Ibu setelah menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini?
Ibu Silvi : Saya sangat bangga. Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat saya.
Siswa : Sudah berapa lama Ibu mengajar?
Ibu Silvi : Ibu sudah mengajar selama 15 tahun
Teks narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara di atas adalah....
A. Dengan berbekal pengalaman saya mengajar selama 15 tahun, saya berhasil menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini. Saya merasa sangat bangga atas prestasi saya. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat saya,” kata saya.
B. Dengan berbekal pengalamannya mengajar selama 15 tahun, Ibu Silvi berhasil menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini. Saya merasa sangat bangga atas prestasinya. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buatnya,” kata saya.
C. Ibu Silvi merasa sangat bangga atas prestasi saya menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat dia,” kata beliau. Ibu sudah mengajar selama 15 tahun.
D. Ibu Silvi merasa sangat bangga atas prestasinya menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat saya,” kata beliau. Ibu Silvi sudah mengajar selama 15 tahun.

38. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Ketua OSIS hendak mengadakan rapat pengurus. Ia menugasi sekretaris agar menyiapkan surat undangan rapat.
Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Harap segera secepatnya susun surat undangan.
B. Segera siapkan surat undangan rapat pengurus.
C. Segera siapkan daftar hadir rapat pengurus secepatnya.
D. Harap edarkan surat undangan rapat pengurus yang dibuat.

39. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.
Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah....
A. Masker membuat kulit wajah berseri.
B. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
C. Fungsi masker dan penggunaannya.
D. Masker lumpur mengurangi lemak.

40. Perhatikan gambar ilustrasi berikut!

Teks berita yang paling sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut adalah….
A. Kota Ambon memanas lagi. Sejumlah ruas jalan dibarikade, konsentrasi massa pun terjadi di sejumlah ruas jalan. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIT, Ahad, 11 September 2011. Suara tembakan di Kota Ambon, yang mencoba menghentikan kedua kelompok massa yang saling.
B. JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jendral PSSI  Tri Goestoro mengungkapkan, pihaknya sudah mendapat surat gugatan dari tiga klub papan atas Liga Indonesia, Arema Indonesia, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Ketiga klub tersebut mengugat keputusan PSSI terkait penyelesaian konflik internal mereka.
C. JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee, mengungkapkan kunci kemenangan timnya membungkam Thailand 2-1 pada lanjutan penyisihan Grup A cabang sepak bola SEA Games XXVI, Rabu (9/11/2011). Kunci kemenangan "Harimau Malaya" adalah dengan memasukan tambahan penyerang saat Thailand bermain sepuluh pemain.
D. Kim Swee bergerak cepat setelah timnya kebobolan. Dia memasukkan Ramlan Izzaq pada menit ke-80. Alhasil, hanya dalam tempo lima menit, Izzaq berhasil menjebol gawang Thailand. Gol tersebut terjadi ketika Thailand harus bermain sepuluh pemain setelah Weerawut Kayem mengalami cedera. Mereka tidak bisa melakukan pergantian pemain karena telah tiga kali melakukan pergantian pemain.
41. Bacalah ilustrasi berikut!
Badan POM pastikan indomie aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A. Dalam melindungi kesehatan masyarakat, Badan POM secara periodik melakukan sampling dan pengujian produk pangan yang beredar di pasaran, termasuk mie instan.  Kepala badan POM Kustantinah memastikan, kalau seluruh produk mie instan yang beradar tidak memiliki kadar pengawet nipagin melebihi batas yang ditentukan.

B. Penggunaan Nipagin telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 722 Tahun 1988 tentang bahan tambahan pangan. Apabila dipakai dalam produk kecap, penggunaan batas maksimum adalah 250 mg per kg. Dalam makanan lain, kecuali daging, ikan dan unggas, batas maksimum penggunaan adalah 1.000 mg per kg.
C. Zat pengawet yang ditengarai menjadi penyebab penarikan mie instan di Taiwan adalah Nipagin atau methyl p-hydroxybenzoate.  Zat pengawet ini terdapat pada kecap yang disertakan dalam kemasan mie instan khususnya jenis mie goreng.
D. Berdasarkan data Badan POM, hingga saat ini, jumlah produk mie instan yang terdaftar di Indonesia adalah 663 item jenis dalam negeri dan 466 item jenis luar negeri.

42. Bacalah ilustrasi berikut!
Untuk meningkatkan kepedulian warganya tentang kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur membuat slogan.
Slogan yang sesuai untuk ilustrasi tersebut adalah ....
A. Lingkungan hidup asri dambaan kita.
B. Gaya hidup bersih cermin perilaku sehat.
C. Hijau lingkunganku pasti nyaman hidupku
D. Hidup sehat dengan makan banyak.

43. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Hardiman akan menjual rumah dan tanah. Lokasinya strategis, yakni di Jalan Cendrawasih Nomor 26 RT 3 Bengkulu. Luas rumah dan tanah 595 m2. Harga dapat dirundingkan. Masyarakat yang berminat dipersilakan menghubungi nomor 085267682043.
Kalimat iklan baris yang efektif dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . . .
A. Dijual rumah dan tanah yang luas
Hubungi kami 085267682043
Jln. Cendrawasih No 26 RT3 Bengkulu
luas seluruh 595 m2. Harga 400 juta
Yang mau membeli silakan
B. Jual rumah dan tanah harga 400 juta
hubungi kami 085267682043
lokasi sangat strategis
boleh beli, boleh tidak, yang mau beli silakan
C. Lokasi strategis, jual rumah dan tanah
harga silakan berdamai
yang tidak berminat tidak apa-apa
Yang berminat hubungi kami di 085267682043
D. Dijual rumah dan tanah
Lokasi strategis Jln. Cendrawasih
No. 26 RT 3 Bengkulu, luas 595 m2
Hrg. damai. Hub. 085267682043


44. Bacalah bagian resensi berikut ini!
      Judul buku ini sangat menarik dan sangat spesifik dalam menentukan siapa kira-kira target pembaca buku ini. Dari judulnya saja, pembaca akan segera akan mengetahui apa yang terdapat dalam isi buku ini. Buku ini diharapkan dapat menjawab berbagai pertanyaan yang selalu muncul dalam benak seseorang ketika ia akan menulis.
Berdasarkan resensi di atas, termasuk bagian resensi …..
A. Pendahuluan
B. Isi
C. Penutup
D. Daftar Pustaka

45.Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Dengan penulisan ini, Penulis ingin memberikan sumbangan yang nyata dalam
    1 2
Bidang Pembangunan berupa sarana buku untuk peningkatan ilmu. Buku ini Kami
   3                4         5 6
sajikan sesederhana mungkin agar para Siswa lebih mudah memahami pelajaran
7
Bahasa Indonesia  
8 9
Kesalahan penulisan huruf kapital pada paragraf tersebut terdapat pada nomor...
A. 2, 3, 4, 5, 6, 7
B. 2, 3, 4, 6, 8, 9
      C. 2, 3, 4, 6, 7, 8
      D. 2, 4, 5, 6, 7, 8

46. Dengan bantuan alat Ultrasonografi dokter mendeteksi perkembangan janin dalam rahim.
Perbaikan ejaan dan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah.....
A.-  Penulisan kata Ultrasonografi diganti manjadi ultrasonografi
  -  Setelah kata dokter diberi tanda koma (,)
B -  Penulisan kata Ultrasonografi diganti menjadi ultrasonografi
-  Setelah kata Ultrasonografi diberi tanda koma (,)
C.-  Penulisan kata Ultrasonografi diganti menjadi ULTRASONOGRAFI
-  setelah kata Ultrasonografi diberi tanda koma (,)
D -  penulisan kata Ultrasonografi diganti menjadi ULTRASONOGRAFI
-  setelah kata dokter diberi tanda koma (,)

47. Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif dengan tepat adalah...
A. menghilangkan kata mewabah dan sekali
B. memindahkan kata sudah sebelum kata sangat
C. meletakkan kata mewabah setelah kata penyakit
D. menempatkan kata sudah danbanyak sebelum kata korban.

48. Pada acara perpisahan, siswa perwakilan kelas III menyampaikan sambutan.
Sapaan yang tepat dalam sambutan tersebut adalah...
A. Bapak kepala sekolah yang terhormat, Bapak/Ibu guru yang terhormat, undangan yang terhormat dan teman yang saya sayangi.
B. Kepala sekolah yang terhormat, Bapak/Ibu guru dan undangan yang terhormat serta teman yang saya hormati.
C. Kepala sekolah yang kami hormati, Bapak/Ibu guru yang mulia, dan teman-teman yang saya hormati.
D. Kepala Sekolah yang terhormat, Bapak/Ibu Guru, dan undangan yang saya hormati serta teman-teman yang saya sayangi.
49.    Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kepala Dinas Pendidikan mengundang guru-guru, termasuk pula masyarakat sekitar untuk mengenang jasa-jasa Ki Hajar Dewantoro.
    Pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah………
A. Akhirnya marilah pada kesempatan ini kita mengheningkan cipta dan berdoa agar  arwah  almarhum KI Hajar Dewantoro diterima dan ditempatkan di sisi-Nya.
B. Saudara sekalian, khususnya para pendidik yang berbahagia, kita panjatkan puji syukur  Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada saat ini kita dapat berkumpul untuk  memperingati jasa-jasa  pahlawan nasional, Bapak Ki Hajar Dewantoro yang telah  berjuang memerangi kebodohan rakyat Indonesia dan membaca Basmallah bersama- sama.
    C. Saudara-saudara, perkenankanlah saya mengulangi kembali tentang sikap dan sifat Ki  Hajar Dewantoro yang banyak berjasa kepada bangsa Indonesia.
    D. Hari ini tanggal 2 Mei merupakan hari peringatan kelahiran Bapak Ki Hajar Dewantoro  sebagai bapak pendidikan nasional Indonesia, marilah kita awali acara ini dengan pembukaan

50. Bacalah surat pembaca  berikut ini!

Belajar Dalam Suasana Bising

             Sejak Pemerintah Kabupaten Makmur Jaya membuka jalur mobil penumpang umum melalui Jalan Muhammad Yamin, suasana sekolah kami menjadi bising, terutama kelas-kelas yang berada di pinggir jalan raya.
Saya sangat berharap Bapak Bupati beserta unsure pimpinan Pemerintah Kabupaten Makmur Jaya mempertimbangkan kembali pembukaan jalur ini. Bayangkan selama enam jam belajar, telinga dibisingkan suara kendaraan dan klakson.
Kami butuh suasana yang tenang seperti dulu untuk belajar. Tolonglah, kembalikan suasana tenang di sekolah kami, apalagi enam bulan lagi siswa kelas Sembilan akan mengikuti Ujian Nasional.
Terima kasih atas perhatian bapak dan ibu untuk menindaklanjuti harapan kami ini.
                                   
Saminta Salsamedina
SMP Tunas Harapan



Berdasarkan surat pembaca tersebut, dibawah ini manakah yang bukan ciri-ciri surat pembaca adalah
A.  Ditulis oleh pengirim yang dilengkapi nama dan alamat  
B.  Judul ditulis dengan jelas
C.  Tema dituliskan dengan jelas
D.  Isi naskah ditulis langsung ke pokok persoalan

51.Tema  : Meningkatkan prestasi Belajar
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah …
A. Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?
B. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?
C. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?
D. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar?
52. Berdasarkan uraian pada bab IV di atas, peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Kemampuan siswa menulis puisi kelas VII E SMP Negeri Tunas Muda tahun pelajaran 2009/2010 sebelum menggunakan metode menulis bersama dikategorikan cukup, dengan  nilai rata-rata  64(belum tuntas)
2. Terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi dengan metode menulis bersama siswa kelas VII E SMP Tunas Muda tahun pelajaran 2009/2010 dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 75 (tuntas) pada siklus II.
Kalimat saran yang sesuai dengan simpulan di atas adalah …
A. Dalam mengembangkan konsep pembelajaran menulis puisi dengan metode menulis bersama,guru harus mampu menguasai situasi kelas,kecerdasan siswa dan aktivitas belajar siswa
B. Guru perlu membandingkan  hasil penelitian yang telah dilakukan
C. Dalam rangka memperoleh hasil yang baik perlu ditetapkan ketercapaian nilai siswa
D. Harus terjadi peningkatan nilai tiap siklus yang dilakukan jika tidak maka penelitian yang dilakukan tidak berhasil
53. Perhatikan bait pantun di bawah ini !
 Pohon jati pohon rambutan
 (…………..1)
 Menangis adik di depan pintu
 (…………..2)
 Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah …
A. Pohon petai pohon mangga (1)
Melihat kakak tertawa (2)
B. Tumbuh rimbun menjadi pagar (1)
Melihat ibu pergi ke pasar (2)
C. Menari-nari burung di pucuk (1)
Karena kakinya terluka (2)
D. Tebang satu tumbuh seribu (1)
Melihat ayam beradu (2)

54.Perhatikan kutipan puisi berikut!
Taman bungaku subur nan indah
(….)
Aneka bunga mekar tersenyum
Membuat hati bahagia dan kagum
      Larik yang bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah….
A. Kan kujaga selalu taman rumputku
B. Tanaman tumbauh di apntai
C. Aku ingin memetik buah
D. Rimbun dedaunan berlenggak- lenggok

55. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
 Pantai kuta merupakan salah satu obyek wisata di Bali. Banyak wisatawan asing yang  menikmati keindahan pantai Kuta, mereka takjub melihat indahnya matahari terbenam atau sering kita sebut sun set dan pasir putih yang berkilauan. Anak-anak berlari-larian, bermain pasir, berjemur dan ada yang berenang.
       Puisi yang sesuai dengan paristiwa dalam ilustrasi tersebut adalah…
A. Pantai Kuta
Pasir hitam nan kotor
Banyak wisatawan yang tak tertarik denganmu
Orang dewasa bahkan anak kecil segan bermain
Di pantaimu
B. Kunjungi dan nikmati pantai Kuta
Kamu akan menyukainya
Karena Pantai Kuta salah satu obyek wisata di Bali
Kamu tidak akan kecewa
C. Wisatawan suka padamu
Mereka berjemur di pantaimu
Anak-anakpun menyukaimu
Kau adalah Pantai Kuta
D. Pantai Kuta
Indahnya Pantaimu
Pasirmu yang putih tampak berkilauan
Anak-anak berlarian riang gembira
Menikmati suasana pantaimu

56.  Perhatikan urutan cerita di bawah ini!
       (1.) Di perjalanan, rombongan Haji Sahak dirampok oleh segerombolan penyamun yang   dipimpin oleh Medasing,Haji Sahak ,istrinya serta anak buahnya mati dibunuh oleh  Medasing.( 2.) Keberangkatannya berdagang ke Palembang itu, Haji Sahak di temani   istrinya yang bernama Nyi Haji Andun,serta anak perawannya yang cantik bernama  Sayu serta puluhan anak buahnya.(3). Sedangkan Sayu, anak perawan Haji Sahak dibawa lari oleh Medasing dan kawan-kawan.(4). Seorang pedagang kaya yang bernama Haji Sahak hendak pergi ke Palembang untuk menjual dagangannya, yaitu berpuluh-puluh  ekor kerbau.
 Urutan cerita yang tepat adalah …
A. 1,2,3,4
B. 2,1,4,3
C. 4,2,1,3
D. 4,1,3,2
57. Perhatikan ilustrasi berikut!
Hari itu,25 November 2010 adalah ulangtahun Diva yang ketiga belas. Sebenarnya Diva  ingin merayakan pesta ulang tahunnya dengan mengundang teman-teman akrab di rumah. Apalagi kenaikan kelas kemarin dia mendapat ranking 1. Sayang, keinginan Diva tidak terlaksana karena orang tuanya tidak mampu. Akhirnya pesta ulang tahun di rayakan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan jalan pergi ke kamar lalu menulis buku harian.
    Catatan harian yang ditulis Diva sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A. Perayaan ulang tahunku berlalu dengan sukses. Semua yang saya rencanakan telah terlaksana. Semoga panjang umur dan murah rejeki.
B. Hari ini adalah hari yang akan kuingat sepanjang umurku. Aku merayakan ulang tahunku yang ketiga belas dengan cara yang luar biasa. Berbaring sendiri di kamar,sambil membayangkan gaun indah dan kue ulang tahun yang tidak akan pernah ada.
C. Nina tidak merayakan ulang tahunnya karena dia berasal dari keluarga sederhana. Dia lalu menuliskan perasaannya pada buku harian.
D. Hari ini ulangtahunku yang ketiga belas. Aku gembira sekali sebab teman-teman banyak yang datang ikut merayakan. Mereka larut dalam kegembiraan.
58. ……………………
MARNI :”Yang jelas kamu berbeda. Tukang ojek lain kalau nunggu penumpang main gaple, kamu bikin PR. Tukang ojek lain selalu siap dengan uang kembalian, kamu tidak. Tukang ojek lain siap menerima uang tip, kamu malu-malu.”
ANTO    :”Sekarang aku tidak malu, supaya cicilan motor cepat lunas.”
MARNI :”Eh, berapa utangku ?”
ANTO    : “Utang apa ?”
MARNI :”Langganan ngojek sama kamu.”
ANTO : “Simpan saja uangmu. Aku lagi tidak butuh.”
MARNI :”Yang kamu butuh apa dong ?
ANTO :”Pakai tanya lagi. Kita kan lama nggak ketemu ? Marni.”                    ( MEMEGANG TANGAN MARNI )
MARNI : ( MARAH )”Apa sih ?”
Lakuan marah pada adegan terakhir kurang tepat. Yang lebih tepat adalah ….



A. Manja
B. Tertegun
C. Malu
D. Bingung
59. PahlawanKecil
……………………
Padahal kereta api yang hendak lewat sudah terdengar derunya dari kejauhan. Anak-anak yang tengah bermain-main tiba-tiba tertegun melihat kejanggalan itu. "Kenapa Pak Sarpan belum juga menutup palang kereta api?" tanya Iwan. "Barang kali dia tertidur”, jawab Herman.
"Tidak mungkin," sahut Nuri, "Pak Sarpan tidak pernah ketiduran saat menjalankan tugasnya."
"Padahal kereta api sudah dekat," kata Totok pula.
Kereta api yang makin lama makin mendekat itu kereta api ekspres. Lalu lintas di jalan raya yang memotong rel kereta itu ramai sekali waktu itu.
"Kalau begitu, kita harus mencegah terjadinya malapetaka," kata Herman. Terburu-buru ia pun keluar dari dalam air sambil menyambar celana dan bajunya. Dikenakannya pakaiannya lalu berlari cepat-cepat ke arah palang kereta api.
.........................................
Bentuk dialog dari penggalan cerpen di atas adalah . . . .
A. Iwan : “Kenapa Pak Sarpan belum juga menutup palang kereta api?”
Herman :” Barangkali dia tertidur”
Nuri : "Tidak mungkin. Pak Sarpan tidak pernah ketiduran saat menjalankan tugasnya."
Totok : ” Padahal kereta api sudah dekat”
Herman :” Kalau begitu, kita harus mencegah terjadinya malapetaka”
B. Iwan : “Pak Sarpan kok belum kelihatan ya?”
Herman :” Barangkali dia tertidur”
Nuri : "Tidak mungkin. Pak Sarpan tidak pernah ketiduran saat menjalankan tugasnya."
Totok : ” Padahal kereta api sudah dekat”
Herman :” Kalau begitu, kita harus mencegah terjadinya malapetaka”

C. Iwan : “Kenapa Pak Sarpan diam saja ya?”
Herman :” Barangkali dia tertidur”
Nuri : "Tidak mungkin. Pak Sarpan tidak pernah ketiduran saat menjalankan tugasnya."
Herman :”ya bisa saja kan?”
Totok : ” Padahal kereta api sudah dekat”
Herman :” Kalau begitu, kita harus mencegah terjadinya malapetaka”

D. Iwan : “Kenapa Pak Sarpan belum juga menutup palang kereta api?”
Herman :” Barangkali dia tertidur”
Nuri : "Tidak mungkin. Pak Sarpan tidak pernah ketiduran saat menjalankan tugasnya."
Herman : ”Ya bisa saja, siapa tahu dia ngantuk”
Totok : ” Padahal kereta api sudah dekat”
Herman :” Kalau begitu, kita harus bangunkan dia untuk mencegah terjadinya malapetaka”

60. Ishak : Aku akan pergi (1)
Satilawati : . . . (2)
   Ishak : Jauh, jauh sekali. Di rumahmu aku tidak dapat bercakap. (3)
   Satilawati : .... (4)
   Ishak : Tidak boleh orang mendengarnya, ayah pun tidak. (5)
  Satilawati : Tapi ayah selalu baik pada kita. Lagipula ia tidak ada di rumah sekarang. Pergi menjemput nenek ke stasiun. (6)
  Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam dialog tersebut di atas   adalah
A. (2) pergi ke mana?
(4) jauh ya?
B. (2) pergi dengan siapa?
(4) ke mana perginya?
C. (2) pergi ke mana?
(4) pergi dengan siapa?
D. (2) pergi ?
(4) mengapa?