Uraian
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
Bentuk
soal
|
Gagasan
utama paragraf
|
1
|
PG
|
|
Kalimat utama dan penjelas
paragraf
|
o
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama pada paragraf tersebut
|
2
|
PG
|
Persamaan
isi berita
|
o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
menentukan persamaan isi berita tersebut
|
3
|
PG
|
Perbedaan
penyajian teks berita
|
o Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat
menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
|
4
|
PG
|
Biografi
tokoh
|
o Disajikan sebuah paragraf biografi, siswa
dapat mengidentifikasi isi paragraf biografi tersebut
o Disajikan sebuah paragraf biografi, siswa
dapat mengidentifikasi sifat-sifat yang dapat diteladani dan keistimewaan
tokoh.
|
5
52
|
PG
Esai
|
Iklan
|
o Disajikan sebuah iklan, siswa dapat
mengidentifikasi isi iklan tersebut
|
6
|
PG
|
Kalimat fakta
|
o
Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta dalam teks iklan tersebut
|
7
|
PG
|
Kalimat pendapat
|
o Disajikan sebuah iklan, siswa dapat
menentukan kalimat pendapat dalam teks iklan tersebut
|
8
|
PG
|
Isi paragraf
|
o
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut
|
9
|
PG
|
Pernyataan
sesuai isi bagan
|
o Disajikan sebuah bagan, siswa dapat
menentukan pernyataan sesuai isi bagan tersebut
|
10
|
PG
|
Pernyataan
sesuai isi grafik
|
o Disajikan sebuah grafik, siswa dapat
menentukan pernyataan grafik tersebut
|
11
|
PG
|
Simpulan isi tabel
|
o
Disajikan
sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada
tabel tersebut
|
12
|
PG
|
Pertanyaan sesuai isi tabel
|
o
Disajikan
sebuah tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada
tabel tersebut
|
51
|
Esai
|
Pendeskripsian
isi denah perjalanan
|
o Disajikan sebuah denah, siswa dapat
menentukan perjalanan yang paling efektif
|
13
|
PG
|
Menentukan tema, citraan, suasana, nada,
dan misi puisi
|
o Disajikan kutipan puisi, siswa dapat
menentukan tema puisi tersebut
|
14
|
PG
|
o
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan suasana puisi tersebut
|
15
|
PG
|
|
Menentukan watak, latar, sudut pandang
pengarang, dalam cerpen
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
|
16
|
PG
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
|
17
54
|
PG
Esai
|
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan sudut pandang pengarang
dalam cerpen tersebut
|
18
|
PG
|
|
o Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan cara pengarang menggambarkan
watak tokoh dalam cerpen tersebut
|
19
|
PG
|
|
o Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat
menentukan konflik kutipan cerita tersebut
|
20
|
PG
|
|
Menentukan perbedaan tema, latar, sudut
pandang, konflik novel
|
o Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat
menentukan perbedaan tema novel tersebut
|
21
|
PG
|
Menentukan
latar drama dan buktinya
|
o
Disajikan
kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar/bukti latar drama tersebut
|
22
|
PG
|
Menentukan catatan buku harian
|
o Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi,
siswa dapat menentukan kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut
|
23
|
PG
|
Melengkapi
pesan singkat
|
o
Disajikan
ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai
ilustrasi tersebut
|
24
|
PG
|
Menentukan susunan kalimat laporan
|
o Disajikan lima kalimat laporan yang belum
tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu
|
25
|
PG
|
Menulis pengumuman
|
o Disajikan paragraf ilustarsi, siswa dapat
menentukan pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi.
|
26
|
PG
|
Menulis resensi
|
o Disajikan ilustrasi, siswa dapat
mengidentifikasi resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi
|
27
|
PG
|
Melengkapi surat pribadi
|
o Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian
pembuka, isi, atau penutupnya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
28
|
PG
|
Melengkapi bagian surat resmi
Memperbaiki bagian surat resmi yang salah
|
o Disajikan kutipan surat resmi yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa
dapat melengkapinya
|
29
|
PG
|
o
Disajikan surat resmi yang bagiannya
(pembuka, isi, penutup, alamat, tanggal surat) tidak tepat, siswa dapat
menentukan perbaikannya dengan tepat
|
30
|
PG
|
|
Surat
pembaca
|
o
Disajikan surat pembaca rumpang, siswa
dapat menentukan kelengkapan surat pembaca tersebut.
|
31
|
PG
|
Rangkuman
|
o
Disajikan bacaan dua paragraf, siswa dapat
menentukan rangkuman bacaan tersebut
|
32
|
PG
|
Berita
|
o
Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa
tertentu, siswa dapat menentukan teks berita yang tepat
|
33
|
PG
|
Menentukan slogan berdasarkan
konteks
|
o Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang
sesuai ilustrasi tersebut
|
34
|
PG
|
Iklan
|
o Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang sesuai ilustrasi
tersebut.
|
35
|
PG
|
Melengkapi kalimat petunjuk
rumpang
|
o Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya
dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan tepat
|
50
|
PG
|
Menyusun kalimat petunjuk yang
belum padu/runtut
|
o Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara
acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat
|
36
|
PG
|
Menentukan bagian pembuka, isi,
atau penutup terhadap berdasarkan konteks
|
o Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan
paragraf bagian penutup teks pidato yang tepat
|
37
|
PG
|
Menentukan rumusan masalah
Menentukan saran
karya ilmiah
Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku
|
o Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya
ilmiah yang tepat berdasarkan tema
|
38
39
|
PG
PG
|
o
Disajikan kutipan karya ilmiah, siswa dapat
menentukan paragraf saran karya ilmiah tersebut
|
40
|
PG
|
|
o
Disajikan dua data buku, siswa dapat
menentukan penulisan daftar pustaka
|
41
53
|
PG
Esai
|
|
Memperbaiki ejaan, tanda baca,
pilihan kata, atau kalimat tidak efektif
|
o
Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital
salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
42
|
PG
|
o
Disajikan paragraf yang menggunakan
beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
43
|
PG
|
|
o
Disajikan kalimat tidak efektif dalam
paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
44
|
PG
|
|
o
Disajikan kalimat dalam paragraf yang
penggunaan tanda bacanya salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
|
45
|
PG
|
|
Melengkapi pantun
|
o
Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
46
55
|
PG
Esai
|
Melengkapi puisi
|
o
Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas
|
47
|
PG
|
Melengkapi naskah drama
|
o Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
|
48
|
PG
|
o
Disajikan kutipan drama yang petunjuk
lakuannya dirumpangkan, siswa dapat menentukan petunjuk lakuan yang tepat untuk
melengkapi naskah drama tersebut
|
50
|
PG
|
Ar-Rahman
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH 2014
Setiap amal tergantung niatnya
“Dari Amirul mu’minin Umar bin Al-Khotthob
rodiallahu’anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wasallam bersabda, Sesungguhnya amalan-amalan itu berdasarkan niatnya dan
sesungguhnya bagi setiap orang apa yang ia niatkan, maka barangsiapa yang
berhijrah kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya adalah kepada Allah dan
RasulNya, dan barangsiapa yang hijrahnya karena untuk menggapai dunia atau
wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya kepada apa yang hijrahi”. (HR.
Al-Bukhari: 1).
Langganan:
Postingan (Atom)