.Premis umum
: Pada hari raya Idul Fitri jalur pantura macet. |
|||||||||||||
|
Manusia
yang memiliki ilmu yang luas akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia
merasa dirinya banyak kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada
dirinya. Ia pun merasa kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya
dengan setangkai padi. Padi itu bila bulirnya makin berisi, makin berat
sehingga tangkainya tidak kuat menahan, dan akhirnya batang tangkai menjadi
merunduk. ..... Kalimat
simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Saya
melihat orang-orang asyik membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga
saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman-taman
hal yang sama juga saya lihat, orang duduk bersantai sambil membaca koran.
Bahkan, ketika saya keluar ruangan dan sampai di trotoar, saya melihat
berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca
..... Simpulan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Pada masa
lalu bila seseorang mau menabung atau mengambil uang di bank, harus datang
langsung ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Demikian juga
ketika seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke
bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratan. Segala sesuatu harus
diselesaikan di bank tempat nasabah tersebut menyimpan uang. Sekarang, para
nasabah semakin dimanjakan dengan ditawarkannya berbagai pelayanan baru dalam
perbankan. Bila nasabah akan mengadakan transaksi mulai dari menabung,
mengambil uang, mengecek saldo akhir, transfer antarrekening, membayar
telepon, listrik, dan lain-lain dapat melakukan dari jarak jauh dengan cara
menelepon. Telebanking harus dimiliki setiap orang untuk bertransaksi.
|
|||||||||||
|
Udara
berkabut. Dingin menusuk kulit, sunyi, dan sepi sekali. Pepohonan pun
terlihat tidak bergerak. Terdengar sayup-sayup dari radio nyanyian Mozart
Night mengalun lambat beriba-iba ..... Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Warung
internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru.
Dengan ........ harga sewa yang jauh lebih murah daripada hotel, sejumlah
warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan sandarannya untuk
tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave dan shower. Selain
mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga ........ ratusan buku komik. |
|||||||||||||
|
Tujuan
pelatihan kecerdasan emosional ini ........ orang tua sadar terhadap emosi
mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka ........ menyelaraskan
diri secara tulus dengan perasaan anak mereka. Kata
penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah
........ |
|||||||||||||
|
Hasil percobaan masyarakat desa
dalam membudidayakan lele dumbo. |
|||||||||||
|
Dalam film ini ingin mengatakan
bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri
Ajeng alias cuma sok tahu. |
|||||||||||
|
Penerapan Ejaan yang Disempurnakan
(EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta Latar belakang karya tulis yang
sesuai dengan tema tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Penulis tergelitik
hatinya untuk melakukan penelitian iklim organisasi di sekolah tersebut. |
|||||||||||||
|
BANK MASPION |
|||||||||||
|
Demikian surat lamaran ini kami
ajukan dan atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu terima kasih. |
|||||||||||
|
Buku Pengkajian
Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat bagus karena
dilengkapi dengan contoh-contoh analisis semiotiknya maupun hubungan
intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca
untuk memahami puisi. |
|||||||||||
|
(1) Syukur-syukur jadi anak superior
dengan IQ di atas 130. |
|||||||||||||
|
Dalam
perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar.
Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya
bertanya pada teman apa arti "Osama". Ternyata berarti raja. Jepang
memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik. |
|||||||||||||
|
Pada
dasarnya ada dua jenis keritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik
dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisis
karya berdasarkan bentuk dan gayanya, secara komplek. |
|||||||||||||
|
Namun
semua terjadi di luar perhitungan. Tidak dapat dihindari, mereka melihat anak
itu dan dapat menandai dari seragam sekolah yang dikenakannya. Seorang dari
mereka datang ke arah kami, mencengkeram, dan merenggut kerah baju di bagian
lehernya.Terdengar benang putus di bagian kerah yang direnggut anak itu.
Mereka menyeretnya dari sisiku. Aku langsung bertindak mencegahnya. .... |
|||||||||||
|
(1) Hanya
helaan napas yang terdengar berat dan panjang. (2) Pak Kus gelisah sejak
tadi, perasaannya campur aduk. (3) Jangan-jangan Ketua Yayasan telah tahu
kalau dirinya suka menerima amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa
pulang untuk kebutuhan keluarga. (5) Sebab orang nomor satu di sekolah itu
terkenal tegas, disiplin, dan mengagungkan kejujuran dalam hidupnya. Kalimat
yang tidak padu atau sumbang dalam paragraf tersebut adalah
nomor........ |
|||||||||||||
|
AKU |
|||||||||||||
|
Melihat
tingkah kedua remaja itu, ditambah dengan ajakannya yang menggoda, serta
musik pengiringnya yang merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu pun
tergelitik ikut menari. Semua mereka sekarang menari. Anak gadis yang duduk
di sebelahku mungkin tergoda pula untuk menari. Dia menoleh kepadaku dan
berkata," Mari kita ikut menari, Pak." |
Masalah yang diungkapkan dalam
kutipan cerpen tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Amanat yang terdapat dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
Syahdan
akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputra laki-laki yang
baik parasnya. Maka kata permaisuri: "Kakang Aji, ingin pula rasanya
kita ini peroleh anak." Maka kata Nata: "Sungguh seperti kata Tuan;
Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan
pun Yayi, akan jadi ganti pun Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita
kedua dikehendaki oleh Shangyang Sukma kembali ke kayangan kita." Maka
kata Permaisuri: "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya akan kita akan anak
ini." |
Watak permaisuri dalam kutipan
tersebut adalah ........ |
|||||||||||||
|
Amanat yang sesuai dengan isi
kutipan tersebut adalah ........ |
|||||||||||
|
(1)
Sepeninggal kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di
pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang
dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun
rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi
putih seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah
menang dalam perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak
dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu, ia tetap duduk
termenung sampai akhir hayatnya. |
25. 42. |
Nilai moral yang terkandung dalam
kutipan karya sastra di atas adalah ........ |
||||||||||
|
26. 43. |
Bukti latar tempat digambarkan
pada kalimat nomor ........ |
||||||||||||
|
"Bangsat,
siapa kau," Haji Basuni membentak dan ketika menajami mukaku dengan
geramnya ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku undur dan menjawab: |
27. 44. |
Watak tokoh Haji Basuni dalam
cerpen tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
28. 45. |
Pendeskripsian watak dalam
penggalan cerpen di atas dilakukan dengan cara ........ |
||||||||||
|
Menurut
Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter
Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka,
dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi
menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu
mereka memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter. |
29. 46. |
Konflik dalam kutipan tersebut
adalah ........ |
||||||||||
|
30. 47. |
Penyebab konflik pada diri kuli
kontrak adalah ........ |
||||||||||
|
31. 48. |
Peristiwa akibat konflik tersebut
adalah ........ |
||||||||||
|
MENYESAL |
32. 49. |
Kata petang pada larik
ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang ........ |
||||||||||||
|
33. 50. |
Maksud bait kedua puisi tersebut
adalah ........ |
||||||||||||
|
|||||||||||||
34. "Rayonisasi dulu dan sekarang
itu berbeda". Kalau dulu rayonisasi mengelompokkan anak untuk
melanjutkan sekolah pada daerah tertentu, sekarang hanya membantu orang tua
murid mendaftar sekolah. Jadi lebih bersifat pelayanan. "Sekarang, murid
bebas memilih sekolah", kata Abdul Rochim, Kepala Subdinas Pendidikan
Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Dinas Pendidikan Dasar Provinsi DKI
Jakarta, saat ditemui Kompas sebelum acara Sosialisasi PSB
200212003 di Jakarta, Jumat (10/5). |
|
||||||||||||
|
|||||||||||||
35. 2. |
|
||||||||||
|
36. 3. |
37.
A.A. Navis, nama lengkapnya Ali Akbar Navis. Lahir di Padang Panjang,
Sumatera Barat, tanggal 17 November 1924. Ia tamat perguruan INS di Kayu
tanam tahun 1943. Pada masa Jepang Navis bekerja pada pabrik porselen di Padang
Panjang, kemudian jadi guru, tahun1952 jadi Kepala Urusan Kesenian perwakilan
Jawatan Kebudayaan Sumatera Tengah. |
||||||||||
|
38. 4. |
Paragraf 1 |
||||||||||
|
39. 5. |
(1) Peserta Perubahaan Inti Rakyat
(PIR) kelapa sawit, di desa Suka Makmur bukan hanya memerlukan rumah yang
layak huni. (2) Mereka tahu betul arti rumah yang sehat dan indah. (3) Untuk
bisa memilih rumah, mereka sebaiknya melakukan arisan di antara kelompok
tani. (4) Sekarang di desa yang ditempati tahun 1986 itu telah berdiri"
2200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. (5) Dua puluh
anggota kelompok tani Bunga Kantil memiliki rumah baru dan permanen. |
||||||||||||
|
40. 6. |
Sudah semestinyalah pemimpin
Amerika tersebut mengambil langkah tegas seperti itu. Kalau tidak, bukan saja
kepentingan rakyat Amerika yang akan dirugikan tetapi lebih besar lagi
kepentingan ekonomi Amerika dalam kaitannya dengan kepercayaan asing yang
akan dirugikan. Dengan langkah baru seperti yang diumumkan oleh Presiden
Bush, kelak 213 tindak korupsi akan disiarkan ke publik dan dihukum.
Akuntansi perusahaan juga akan ditarik keluar sistem yang kurang terbuka (out
of the shadows). Dengan langkah itu pula, kepentingan investor kecil dan
pemegang pensiun akan dilindungi. |
||||||||||
|
41. 7. |
Doktor Mumu Sutisno dari Bandung
telah menemukan hormon yang bisa mengembangkan produksi padi sampai 200%.
Mumu Sutisno menamakan hormon temuannya ini Bioregulator (Bioreg). Dengan
menyemprotkan hormon itu pada tanaman padi muda, menurut Mumu, rumpun-rumpun
padi akan cepat beranak pinak. Rumpun padi normal pada umumnya berisi sekitar
35 anakan. Bioreg, kata Mumu pula, membuat jumlah anakan padi itu meningkat
menjadi 60-70 batang per rumpun. Sawah makin rimbun, produksi berlipat.
"Penambahan gabah panen mencapai 55-220%," ujar Mumu. |
||||||||||
|
42. 8. |
Pihak pengacara terdakwa akhirnya
mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung. |
||||||||||
|
43. 9. |
Makna imbuhan meN-kan pada kalimat
"AAyah membelikan saya sepatu baru. " sama dengan makna
imbuhan meN-kan yang terdapat pada kalimat ........ |
||||||||||
|
44. 10. |
Berdasarkan perkiraan kami,
pengunjung konser itu pasti melimpah. |
||||||||||||
|
45. 11. |
Kata berimbuhan peN-an yang
bermakna proses dan hal (ambigu) terdapat pada |
||||||||||
|
46. 12. |
Kalimat yang memakai imbuhan
serapan secara tepat adalah ........ |
||||||||||
|
47. 13. |
Penulisan gabungan kata yang tepat
terdapat dalam kalimat ........ |
||||||||||
|
48. 14. |
Berhari-hari lamanya dia berjalan mondar-mandir
keluar-masuk kantor. Dilihatnya banyak orang berdiri di depan loket. Ada yang
sedang bercakap-cakap, tetapi tidak seorang pun yang tertawa-tawa,
tanya-menanya, atau pandang-memandang. |
||||||||||
|
15. |
Kalimat yang menggunakan kata
ulang yang tepat adalah ........ |
||||||||||
|
16. |
Kalimat yang menggunakan kata
penghubung korelatif adalah ........ |
||||||||||
|
17. |
Kata penghubung antarklausa
terdapat dalam kalimat ........ |
||||||||||
|
18. |
Kata penghubung syarat hasil
terdapat pada kalimat ........ |
||||||||||
|
19. |
Selagi jaya pejabat itu dikerumuni
orang-orang yang mengaku teman atau saudara. Sekarang ia sudah kehilangan
jabatannya. Hilanglah pula orang-orang yang mengaku teman dan saudaranya. |
||||||||||
|
20. |
Saya angkat topi atas
prestasi yang telah kauraih untuk memajukan sekolah kita. |
||||||||||
|
21. |
Kalimat yang menggunakan majas
litotes adalah ........ |
||||||||||
|
22. |
Pasangan kalimat yang menggunakan
kata berpolisemi dengan tepat terdapat |
||||||||||
|
23. |
Pasangan kalimat yang menggunakan
kata berhomograf adalah ........ |
||||||||||
|
24. |
Kata yang mengalami penyempitan
makna terdapat dalam kalimat ........ |
||||||||||
|
25. |
Frase bermakna ganda terdapat
dalam kalimat ........ |
||||||||||
|
26. |
Kalimat berikut yang menggunakan
frase atributif berimbuhan adalah ........ |
||||||||||
|
27. |
Kita sebagai orang beriman, kita
wajib menghormati orang tua di mana telah membesarkan kita. |
||||||||||
|
28. |
Kalimat berikut yang termasuk
kalimat pasif adalah ........ |
||||||||||
|
29. |
"Saya gembira sekali,"
kata Ibu, "karena kamu lulus." |
||||||||||
|
30. |
(1) Mardilah : Engkau
anakku Suhita ........ |
||||||||||||
|
31. |
Kalimat berobjek terdapat pada
........ |
||||||||||
|
32. |
Kalimat berpelengkap terdapat
dalam ........ |
||||||||||
|
33. |
Kalimat berikut yang termasuk
kalimat majemuk setara (koordinatif) adalah ........ |
||||||||||
|
34. |
Gubernur DKI mengimbau warga dan
aparat-pemda agar meningkatkan kewaspadaan. Klausa bawahan (anak kalimat)
dari kalimat majemuk bertingkat di atas adalah ........ |
||||||||||
|
35. |
Ibunya menjahit ketika anaknya belajar di
kamar. |
||||||||||
|
36. |
Kalimat majemuk yang memiliki
klausa setara dan bertingkat adalah ........ |
||||||||||
|
37. |
Yth. Pengurus OSIS SMU Jaya |
||||||||||
|
38. |
Bacalah iklam lowongan kerja
dengan cepat! |
||||||||||
|
39. |
Dengan hormat, |
||||||||||
|
40. |
Penulisan alamat surat yang benar
adalah ........ |
||||||||||
|
41. |
Seorang Kepala Sekolah SMU 200
menugasi pembina OSIS SMU 200 untuk mempersiapkan acara penyambutan walikota
ke sekolah tersebut pada tanggal 2 Mei 2003. |
||||||||||
|
42. |
Mari kita jaga kebersihan dan kita
peduli akan lingkungan. Menjaga kebersihan berarti memperhatikan kesehatan.
Jika kita sehat, kita akan menjadi kuat. |
||||||||||
|
43. |
Ada dua macam sarana pendidikan,
yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki
standar kurikulum yang sudah ditentukan oleh pemerintah, seperti SD, SLTP,
SMU/SMK dan lain sebagainya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan
pendidikan luar sekolah seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum
sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang
bersangkutan. |
||||||||||||
|
44. |
PU : Semua siswa SMU
yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri harus lulus SPMB. PK
: Anto siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. |
||||||||||
|
45. |
Percabangan suatu bahasa proto
menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat
bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebatang
pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru,
tiap cabang kemudian bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru.
Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru.
Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa. |
||||||||||||
|
46. |
Penulis menyadari bahwa karya
tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. |
||||||||||||
|
47. |
Saudara, saudara... pada
peringatan Hari Anak Nasional ini, kami mengharap agar semua jajaran yang ada
di kota ini ikut peduli terhadap hak anak. Anak tanpa bimbingan orang tua
akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tak akan terbentuk dengan baik. Oleh karena
itu, kami mengajak warga masyarakat, mulai dari tingkat keluarga, masyarakat,
sekolah, dan lembaga lembaga lainnya untuk ambil bagian dalam memberdayakan
potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global. |
||||||||||||
|
48. |
(1) Bukan cuma pemerintah yang
perlu berfikir tentang masalah pendidikan. (2) Masyarakat pun diharapkan
berperan serta. (3) Karena, pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. (4)
Peningkatan kecerdasan bangsa merupakan cita-cita bangsa. (5) Hal ini jelas
terdapat dalam undang-undang negara kita. |
||||||||||||
|
49. |
Penulisan judul karya tulis yang
tepat terdapat pada ........ |
||||||||||
|
50. |
Penulisan kata serapan yang tepat
pada kalimat ........ |
||||||||||
|
51. |
Judul
buku : Pembentukan
Kata dalam Bahasa Indonesia |
||||||||||
|
52. |
Penulisan nama yang diikuti gelar
akademis yang tepat terdapat dalam kalimat ........ |
||||||||||
|
53. |
Novel Salah Asuhan dikarang
oleh Abdul Muis, seorang putra Minangkabau yang berkecimpung dalam dunia
politik dan juga seorang wartawan. Banyak karya sastra yang ditulisnya,
antara lain Pertemuan Jodoh (1993), Surapati (1950), Robert
Anak Surapati (1953), dan cerita terjemahan: Tom Sawyer Anak Amerika,
Sebatang Kara, dan Don Kisot . |
||||||||||||
|
54. |
Kang Lantip tersenyum.
"Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan
penguasa yang begitu kejam seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya
kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Dan sudah tentu, juga
tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya
membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti itu me-ngandung bibit-bibit
kekerasan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang tidak
bersalah!! Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah
lembut, sopan, penuh tata krama, dengan sekali tebas membabat tiga sistem
kekuasaan yang besar. (Para Priyayi, Umar Kayam: 290) Amanat penggalan novel
di atas adalah ... |
||||||||||
|
55. |
"Anak tukang cukur itu mau
menikah. Nasibnya baik. Dia mendapatkan jodoh seorang pegawai negeri. Siapa
mengira, anak si tukang cukur, bisa mendapatkan jodohnya seorang pegawai
kantoran." |
||||||||||
|
56. |
Tina : Tuhan
menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani. |
||||||||||
|
57. |
"Aku tidak percaya! Aku tidak
percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku
tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang
tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku
mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan
anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu,
angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di
pisau dukun-dukun itu." " (Panggilan Rasul, Hamzah rangka) |
||||||||||||
|
58. |
Sedari mudaku aku di sini, bukan.
Tak kuingat punya istri, punya anak, punya keluarga seperti orang-orang lain,
tahu? Tak kupikirkan hidupku sendiri. Aku tak ingin jadi kaya, bikin rumah.
Segala kehidupanku, lahir batin, kuserahkan kepada Allah Subhanahu wata'ala.
Tidak pernah aku menyusahkan orang lain. Lalat seekor aku enggan membunuhnya.
Tapi kini aku dikatakan manusia terkutuk. Umpan neraka. Marahkah Tuhan kalau
itu yang kulakukan, sangkamu? Akan dikutuki-Nya aku kalau selama hidupku aku
mengabdi kepada-Nya? Tak kupikirkan hari esokku, karena aku yakin Tuhan itu
ada dan pengasih penyayang kepada umat-Nya yang tawakal. Aku bangun
pagi-pagi. Aku bersuci. Aku pukul bedug membangunkan manusia dari tidurnya,
supaya bersujud kepada-Nya. Aku sembahyang setiap waktu, siang malam, pagi
sore. Aku sebut-sebut nama-Nya selalu. Aku puji puji dia. Aku baca kitab-Nya.
Alhamdulillah, kataku bila aku menerima karunia-Nya. |
||||||||||||
|
59. |
" ........Hai anakku,
janganlah engkau beringin-ingin peperangan. Jikalau mudah sekalipun, ketahui
bahwa segala perbuatan itu niscaya berbalas jua. Maka pelihara engkau kan
akhir pekerjaan, bahwa bahaya itu terkejut datangnya. Maka seyogianya engkau
dari dahulu pelihara daripadanya dan perteguh olehmu barang kata yang keluar
daripada mulutmu dengan akalmu. |
||||||||||
|
60. |
Tuhan Telah Menegurmu |
||||||||||
|
|||||||||||
Bacalah teks berikut dengan
saksama! |
1. |
Ide pokok paragraf tersebut adalah
........ |
||||||||||
|
2. |
Kalimat pertanyaan yang tepat
sesuai isi paragraf tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
|
3. |
Hal yang digambarkan dalam diagram
tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
4. |
Pernyataan yang sesuai dengan isi
diagram tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
Bacalah teks berikut dengan
saksama! |
5. |
Masalah yang diungkapkan dalam
tajuk rencana tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
6. |
Opini pada tajuk rencana tersebut
terdapat pada kalimat ........ |
||||||||||
|
Bacalah teks pidato berikut dengan
saksama! |
7. |
Topik pidato tersebut adalah
........ |
||||||||||
|
8. |
Kalimat ajakan dalam teks pidato
tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
Cermatilah paragraf berikut dengan
saksama ! |
9. |
Kalimat simpulan pada paragraf
tersebut terdapat pada nomor ........ |
||||||||||||
|
10. |
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
Bacalah penggalan cerpen berikut
dengan saksama! |
11. |
Sudut pandang pengarang yang
digunakan dalam penggalan tersebut adalah ........ |
||||||||||||
|
12. |
Watak tokoh "aku" dalam
penggalan cerita tersebut adalah ........ |
||||||||||||
|
13. |
Amanat dalam penggalan cerpen
tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
Bacalah kutipan novel berikut
dengan saksama! |
14. |
Konflik yang terdapat dalam
kutipan tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
15. |
Penyebab terjadinya konflik dalam
kutipan tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
16. |
Peristiwa yang terjadi akibat
konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
Bacalah kutipan cerita berikut
dengan saksama! |
17. |
Isi kutipan cerita tersebut
mengungkapkan ........ |
||||||||||
|
18. |
Nilai moral yang tersirat dalam
kutipan cerita tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
19. |
Bacalah penggalan cerita berikut
dengan saksama! |
||||||||||
|
Bacalah isi puisi berikut dengan
saksama! |
20. |
Maksud puisi tersebut adalah
........ |
||||||||||
|
21. |
Makna lambang kata "pita
hitam" dalam puisi tersebut adalah tanda ........ |
||||||||||||
|
22. |
Amanat puisi tersebut adalah
........ |
||||||||||
|
23. |
Bacalah iklan berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
24. |
Cermati kutipan surat lamaran
berikut! |
||||||||||
|
25. |
Cermatilah penutup surat lamaran
pekerjaan berikut! |
||||||||||
|
26. |
Bacalah ilustrasi berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
27. |
Cermati ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
28. |
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi,
terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah |
||||||||||||
|
29. |
Cermatilah paragraf berikut! |
||||||||||
|
30. |
Topik : Pantai Natsepa |
||||||||||||
|
31. |
Bacalah paragraf persuasi dengan
saksama! |
||||||||||
|
32. |
Bacalah paragraf generalisasi
berikut dengan saksama! |
||||||||||
|
33. |
Bacalah paragraf berikut dengan
seksama! |
||||||||||
|
34. |
Cermati silogisme berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
35. |
Cermatilah kalimat berikut! |
||||||||||
|
36. |
Kita tidak ........ beratnya
sanksi bagi pelanggar ........ lalu lintas karena hal itu ........ bukan
merupakan sumber masalah. |
||||||||||
|
37. |
Bacalah teks berikut dengan
saksama! |
||||||||||||
|
39. |
Bacalah teks berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
40. |
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama! |
||||||||||||
|
41. |
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama! |
||||||||||||
|
42. |
Tema karya tulis : Kirab Budaya
sebagai Terapi Mental untuk Memulihkan |
||||||||||
|
43. |
Judul karya tulis : menggali
potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri. |
||||||||||
|
44. |
Kalimat permintaan saran yang
tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah ........ |
||||||||||
|
46. |
Bacalah teks pidato berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
47. |
Masyarakat pariwisata Kaliurang
menyusun ........ untuk meyakinkan wisatawan bahwa Yogyakarta dan Gunung
Merapi aman dikunjungi. |
||||||||||||
|
48. |
Bacalah kalimat majemuk berikut
dengan saksama! |
||||||||||||
|
49. |
Bacalah paragraf deskripsi berikut
dengan saksama! |
||||||||||
|
50. |
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama! |
||||||||||
|
|||||||||||
1. |
Perhatikan diagram berikut tentang
Jumlah Pengunjung Perpustakaan Tahun Pelajaran 2003 - 2004 |
||||||||||
|
2. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
3. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
4. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
5. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
6. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
7. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
8. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||||
|
9. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||
|
10. |
Bacalah paragraf berikut ! |
||||||||||
|
11. |
Bacalah ilustrasi berikut ! |
||||||||||
|
12. |
Bacalah surat undangan berikut! |
||||||||||
|
13. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
14. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
15. |
Bacalah iklan berikut! |
||||||||||
|
16. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
17. |
Bacalah paragraf berikut ! |
||||||||||
|
18. |
Bacalah paragraf berikut ! |
||||||||||
|
19. |
Bacalah paragraf berikut ! |
||||||||||
|
20. |
Bacalah paragraf berikut ! |
||||||||||
|
21. |
Bacalah kalimat-kalimat berikut! |
||||||||||||
|
22. |
Dunia perbukuan di Indonesia
akhir-akhir ini kerap disoroti. |
||||||||||
|
23. |
Bacalah silogisme berikut! |
||||||||||
|
24. |
Bacalah paragraf sebab akibat
berikut! |
||||||||||
|
25. |
Seorang siswa membuat sebuah karya
tulis bertemakan "Pantun". Rumusan latar belakang berikut ini yang
tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
26. |
Bacalah bacaan berikut! |
||||||||||
|
27. |
Kerangka isi karangan ilmiah yang
tepat sesuai dengan judul karangan, "Rendahnya Minat Baca Anak SD di
Indonesia adalah ........ |
||||||||||
|
28. |
Perhatikan kesimpulan karya tulis
berikut! |
||||||||||
|
29. |
Perhatikan resensi berikut! |
||||||||||
|
30. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
31. |
Bacalah
paragraf berikut! Gagasan
Muhammad Yamin mengenai pentingnya mempersatukan bangsa dengan cara
menyatukan bahasa, patut diacungkan jempol. Dengan usianya yang masih muda,
belia itu, Muhammad Yamin sudah memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. Peran
Muhammad Yamin dalam mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa indonesia dan
memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, diakui oleh pakar
sejarah. Hampir semua buku sejarah menyinggung Muhammad Yamin sebagai
pencetus gagasan diselenggarakannya Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 itu, yang
menghasilkan tiga butir Sumpah pemuda yang salah satu isinya berbunyi
menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Pendapat
terhadap keteladanan tokoh Muhammad Yamin yang sesuai dengan. isi paragraf
tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
32. |
Perhatikan gambar di bawah ini! |
||||||||||
|
33. |
Saran-saran dari peserta rapat
dalam rapat kelas adalah sebagai berikut : |
||||||||||
|
34. |
35. |
Perhatikan
paragraf berikut! Krisis
ekonomi sekarang ini telah melanda penduduk miskin di Indonesia. Mereka sulit
mendapatkan makanan, terlebih yang tinggal di daerah kumuh. Pemerintah pernah
memberikan bantuan dalam bentuk makanan dan obat-obatan namun belum merata
dan tidak mencukupi. |
||||||||||
|
36. |
Perhatikan ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
37. |
Tujuan wawancara : mengetahui
apa saja yang disediakan sekolah, Kalimat wawancara yang sesuai dengan
tujuan wawancara tersebut adalah ........ |
||||||||||
|
38. |
Perhatikan saran berikut dalam
diskusi! |
||||||||||
|
39. |
Perhatikan ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
40. |
Perhatikan ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
41. |
Bacalah paragraf berikut! |
||||||||||||
|
42. |
Penulisan kata serapan yang benar
terdapat pada kalimat ........ |
||||||||||
|
43. |
Di kota-kota besar banyak didirikan
pusat pertokoan. |
||||||||||
|
44. |
Diberitahukan kepada siswa, hari
Kamis membawa aqua satu gelas satu orang. |
||||||||||
|
45. |
Anak itu tertawa-tawa
karena senang. |
||||||||||
|
46. |
Saya sampai di kecamatan
pukul 09.00. Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan per-an yang
semakna dengan ke-an pada kalimat di atas adalah ........ |
||||||||||
|
47. |
Lisa Natalia ........ penyanyi
........ penari. |
||||||||||
|
48. |
Walaupun kemampuannya terbatas, ia
mau belajar. |
||||||||||
|
49. |
50. |
Perhatikan ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
51. |
Bacalah kutipan cerpen berikut! |
||||||||||
|
52. |
Bacalah cuplikan cerpen berikut! |
||||||||||
|
53. |
Bacalah kutipan cerita berikut! |
||||||||||||
|
54. |
Bacalah kutipan "Keluarga
Permana" berikut! |
||||||||||
|
55. |
Bacalah penggalan berikut! |
||||||||||||
|
56. |
Bacalah puisi berikut! |
||||||||||||
|
57. |
Bacalah puisi berikut! |
||||||||||||
|
58. |
Bacalah puisi berikut! |
||||||||||
|
59. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|
60. |
Bacalah ilustrasi berikut! |
||||||||||
|