Ar-Rahman

‏ الرَّحْمنُ (1 (Tuhan) Yang Maha Pemurah. 2) عَلَّمَ الْقُرْآنَ Yang telah mengajarkan Al Qur'an. 3) خَلَقَ الْإِنْسانَ Dia menciptakan manusia, 4) عَلَّمَهُ الْبَيانَ Mengajarnya pandai berbicara. 5) الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ بِحُسْبانٍ Matahari dan bulan ( beredar ) menurut perhitungan. وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدانِ (6) Dan tumbuh- tumbuhan dan pohon-pohonan kedua- duanya tunduk kepada-Nya. وَ السَّماءَ رَفَعَها وَ وَضَعَ الْميزانَ (7) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca ( keadilan ). أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْميزانِ (8) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. وَ أَقيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَ لا تُخْسِرُوا الْميزانَ (9) Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. وَ الْأَرْضَ وَضَعَها لِلْأَنامِ (10) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk ( Nya ). فيها فاكِهَةٌ وَ النَّخْلُ ذاتُ الْأَكْمامِ (11) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.(11) وَ الْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَ الرَّيْحانُ (12) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga- bunga yang harum baunya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (13) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. خَلَقَ الْإِنْسانَ مِنْ صَلْصالٍ كَالْفَخَّارِ (14) Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, وَ خَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مارِجٍ مِنْ نارٍ (15) Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (16) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَ رَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ (17) Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (18) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيانِ (19) Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu بَيْنَهُما بَرْزَخٌ لا يَبْغِيانِ (20) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (21) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَ الْمَرْجانُ (22) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (23) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لَهُ الْجَوارِ الْمُنْشَآتُ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلامِ (24) Dan kepunyaan-Nya lah bahtera- bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung- gunung. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (25) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كُلُّ مَنْ عَلَيْها فانٍ (26) Semua yang ada di bumi itu akan binasa. وَ يَبْقى‏ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (27) Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (28) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَسْئَلُهُ مَنْ فِي السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ في‏ شَأْنٍ (29) Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (30) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَ الثَّقَلانِ (31) Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (32) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَ الْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطارِ السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلاَّ بِسُلْطانٍ (33) Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus ( melintasi ) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (34) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُرْسَلُ عَلَيْكُما شُواظٌ مِنْ نارٍ وَ نُحاسٌ فَلا تَنْتَصِرانِ (35) Kepada kamu, ( jin dan manusia ) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri ( daripadanya ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (36) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَإِذَا انْشَقَّتِ السَّماءُ فَكانَتْ وَرْدَةً كَالدِّهانِ (37) Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti ( kilapan ) minyak. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (38) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَيَوْمَئِذٍ لا يُسْئَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَ لا جَانٌّ (39) Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (40) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُعْرَفُ الْمُجْرِمُونَ بِسيماهُمْ فَيُؤْخَذُ بِالنَّواصي‏ وَ الْأَقْدامِ (41) Orang- orang yang berdosa dikenal dengan tanda- tandanya, lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (42) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هذِهِ جَهَنَّمُ الَّتي‏ يُكَذِّبُ بِهَا الْمُجْرِمُونَ (43) Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang- orang berdosa. يَطُوفُونَ بَيْنَها وَ بَيْنَ حَميمٍ آنٍ (44) Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (45) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لِمَنْ خافَ مَقامَ رَبِّهِ جَنَّتانِ (46) Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (47) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. ذَواتا أَفْنانٍ (48) Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (49) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ تَجْرِيانِ (50) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (51) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما مِنْ كُلِّ فاكِهَةٍ زَوْجانِ (52) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (53) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ فُرُشٍ بَطائِنُها مِنْ إِسْتَبْرَقٍ وَ جَنَى الْجَنَّتَيْنِ دانٍ (54) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat ( dipetik ) dari dekat. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (55) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ قاصِراتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (56) Di dalam surga itu ada bidadari- bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (57) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كَأَنَّهُنَّ الْياقُوتُ وَ الْمَرْجانُ (58) Seakan- akan bidadari itu permata yakut dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (59) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هَلْ جَزاءُ الْإِحْسانِ إِلاَّ الْإِحْسانُ (60) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan ( pula ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (61) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ مِنْ دُونِهِما جَنَّتانِ (62) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (63) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan, مُدْهامَّتانِ (64) Kedua surga itu ( kelihatan ) hijau tua warnanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (65) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ نَضَّاخَتانِ (66) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (67) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما فاكِهَةٌ وَ نَخْلٌ وَ رُمَّانٌ (68) Di dalam keduanya ada (macam- macam ) buah-buahan dan kurma serta delima. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (69) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ خَيْراتٌ حِسانٌ (70) Di dalam surga- surga itu ada bidadari- bidadari yang baik- baik lagi cantik- cantik. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (71) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. حُورٌ مَقْصُوراتٌ فِي الْخِيامِ (72) (Bidadari- bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (73) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (74) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (75) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَ عَبْقَرِيٍّ حِسانٍ (76) Mereka bertelekan pada bantal- bantal yang hijau dan permadani- permadani yang indah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (77) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. تَبارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (78) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.
Sesungguhnya surga itu memiliki banyak pintu, salah satunya disebut AR-RAYYAN artinya 'Basah melimpah'. Nanti akan dipanggilah pada hari kiamat "wahai mana orang-orang yang berpuasa?" lalu bila orang terakhir dari mereka telah masuk ke dalam pintu tersebut, maka pintu itu pun ditutuplah (Sabda Nabi Muhammad SAW. HR Bukhari dan Muslim) Apakah tabungan puasa kita yang telah terkumpul dari tahun ke tahun itu cukup untuk membuka AR-RAYYAN, salah satu pintu surga yang termasyur itu? Tentu hanya Tuhan yang tahu. Tapi setidakknya kita harus yakin dahulu.

RPP Bahasa Indonesia VII KD 4.3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                             : SMP N 3 Tegowanu
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               : VII/1
Standar Kompetensi       : 4 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif  
      baik dan benar.
Kopetensi Dasar             : 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif           
                                             baik dan benar
Indikator                          :  4.3.1 menyebutkan unsur-unsur pengumuman
4.3.2         mampu menentukan pokok-pokok pengumuman.
4.3.3    mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif.
4.3.4   mampu menyunting teks pengumuman.
Alokasi Waktu                            :  4 x 40 menit (2 x pertemuan)

1.        Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif baik dan benar.
  Pertemuan pertama, indikator : 4.3.1  mampu menyebutkan unsur-unsur pengumuman
4.3.2   mampu menentukan pokok-pokok pengumuman.
Pertemuan kedua, indikator :4.3.3 mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif.
     4.3.4 mampu menyunting teks pengumuman.

Karakter peserta didik yang diharapkan: disiplin, santun, peduli, bertanggung jawab, kerja sama, cermat, kritis

2.        Materi Pembelajaran
selanjutnya
  1. Teks pengumuman
Pengumuman adalah pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan kepada khalayak umum.
  1. Unsur-unsur pengumuman
  2. Cara penulisan teks pengumuman
Bahasa pengumuman harus jelas, lugas, tidak menimbulkan banyak tafsiran makna, dan tidak memuat kata-kata yang sulit dipahami, dan tentu saja harus bermakna.
  1. Praktik penulisan teks pengumuman

3.        Metode Pembelajaran
a.      Pemodelan
b.      Tanya jawab
c.       Diskusi
d.      Penugasan

4.        Langkah-langkah Pembelajaran
a.                 Pendahuluan
1)      Berdoa, salam, mengecek kehadiran peserta didik, menyiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran dan memotivasi peserta didik
2)      Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
3)      Pendidik menyampaikan rencana kegiatan
Agar kamu dapat menulis pengumuman dengan baik dan bermakna, kamu akan melakukan serangkaian aktivitas berikut: (1) dapat membaca beragam contoh pengumuman, (2) mendiskusikan isi pengumuman, (3) menulis teks pengumuman, dan (4) menilai teks pengumuman yang kamu tulis.

b.                Kegiatan Inti
Eksplorasi
Pendidik mengadakan apersepsi, bertanya jawab dengan peserta didik mengenai persepsi awal materi dan pengetahuan peserta didik.
Pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan biasa dikenal dengan pengumuman. Pengumuman dapat disebarkan melalui beragam media, misalnya televisi, radio, surat edaran, memasangnya di papan pengumuman, memasangnya di media cetak seperti surat kabar, atau majalah.

Elaborasi
1)        Peserta didik berkelompok 3-4 orang
2)        Peserta didik diberi LK (LEMBAR KERJA 4.3)
3)        Peserta didik mengerjakan LK

Konfirmasi
1)        Kelompok menyampaikan hasil diskusi
2)        Kelompok saling menanggapi
3)        Menyimpulkan ciri-ciri pengumuman

c.                 Kegiatan akhir
1)        Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi
2)        Peserta didik mendapatkan tugas membuat pengumuman





Rounded Rectangle: Tugas Mandiri



Rounded Rectangle: Carilah sebuah pengumuman di koran atau majalah
Analisislah berdasarkan ciri-cirinya
 






Pertemuan Kedua
a.                            Pendahuluan
1)        Berdoa, salam, mengecek kehadiran peserta didik, menyiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran dan memotivasi peserta didik
2)        Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
3)        Pendidik menyampaikan rencana kegiatan

b.                            Kegiatan inti
Eksplorasi
Pendidik mengadakan apersepsi bertanya jawab dengan peserta didik mengenai kompetensi yang harus dikuasai pada pertemuan pertama



Elaborasi
1)        Peserta didik berkelompok 3-4 orang
2)        Peserta didik mendata informasi yang akan dibuat pengumuman
3)        Peserta didik menyusun teks pengumuman

Konfirmasi
1)      Peserta didik bertukar hasil pekerjaan dengan temannya
2)      Peserta didik saling memberi masukan atas teks pengumuman temannya
3)      Peserta didik memperbaiki pengumuman yang telah dikoreksi
4)      Peserta didik memajang teks pengumuman yang telah dibuat

c.                             Kegiatan akhir
1)        Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi
2)        Peserta didik menuliskan rangkuman hasil pembelajaran dalam buku catatan.
3)        Peserta didik menuliskan pengalaman belajarnya dalam buku jurnal belajar

5.        Sumber Pembelajaran
1)      Endah Tri Priyatni, dkk. 2008  Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 27
2)      Contoh pengumuman

6.        Penilaian
1)                                                    Proses
2)                                                    Tugas
3)                                                    Proyek

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
4.3.1  mampu menyebutkan unsur-unsur pengumuman
Tes tulis
Uraian

§ Sebutkan unsur-unsur pengumuman!
4.3.2        mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
tugas
proyek
§ Tulislah data pokok yang akan kamu buat dalam pengumuman!
4.3.3        mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif.
tugas
proyek
§ Susunlah pengumuman berdasarkan data pokok yang telah kamu susun!
4.3.4        mampu menyunting teks pengumuman
tugas
proyek
§ Perbaikilah  pengumuman yang telah kamu buat berdasarkan masukan dari temanmu!







Pedoman penskoran
Rubrik Penilaian Individual
Kemampuan Menulis Teks Pengumuman
No.
Aspek
Indikator
Skor

4.3.1
Unsur-unsur pengumuman
o  Menyebutkan  5
o  Menyebutkan  4
o  Menyebutkan  3
o  Menyebutkan  2
4
3
2
1
4.3.2
Isi pengumuman
Apakah unsur-unsur teks pengumuman
o  lengkap
o  ada 1 unsur yang tidak ada
o  ada 2 unsur atau lebih yang tidak ada

3
2
1
4.3.3
Keindahan dan kemenarikan
Apakah isi pengumuman tepat?
o  Sesuai tujuan
o  Cukup sesuai
o  Kurang sesuai
Apakah kata-kata dalam teks pengumuman
o  unik, menarik, dan bermakna
o  cukup unik menarik, dan bermakna
o  kurang unik, menarik, dan bermakna
Apakah pilihan kata
o  tepat mudah dipahami
o  cukup
o  kurang tepat
Struktur kalimat teks pengumuman
o  mudah dipahami dan enak dibaca
o  cukup
o  kurang

3
2
1

3
2
1

3
2
1

3
2
1

Penulisan
Tanda baca, huruf kapital, ejaan
o  tepat
o  terdapat 1-2 kesalahan
o  terdapat 3 < kesalahan

3
2
1
4.3.4
Menyunting
o  memperbaiki semua kesalahan
o  memperbaiki sebagian kesalahan
o  memperbaiki sedikit kesalahan
3
2
1


Skor maksimal
25
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =     Perolehan skor       x skor ideal (100)   
                     Skor maksimum (25)

Mengetahui,
Kepala Sekolah


Saerozi, S. Pd.
NIP. 19650704 198803 1 013
Tegowanu, Juli 2011

Pendidik Mata Pelajaran


Supriyadi, S.Pd.
NIP. 19710116 200501 1 008




24-Point Star: NilaiLEMBAR KERJA 4.3.1

1.     Bacalah teks pengumuman berikut!
Contoh 1)
Enam Pemenang Kuis EggBo
1. Nur Rochman, Yogyakarta
2. Yayat Ahmad Hidayat, Ciamis
3. Esa Hergatama, Tangerang
4. Karl Joshua, Bogor
5. Eky, Pontianak
6. M. Rifky Yusuf, Lenteng Agung
Untuk pemenang yang tinggal di wilayah Jakarta dimohon mengambil hadiahnya di Promosi XY-Kids Gedung Guna Elektro Lt 2, Jl. Arjuna utara No.50, Kebun Jeruk, Jakarta Barat 11510, Telepon: (021) 56662153, 5662734, Fax: (021) 5634426. Sedangkan bagi pemenang yang tinggal di luar wilayah Jakarta, hadiah akan dikirim ke alamat yang tertulis di kartu pos yang dikirim pemenang.
(Toys Rus, XY KIDS Edisi 05/1/29 September--12 Oktober 2003)

Contoh 2)

Kepada:
Kru Star FM dan Masyarakat Umum
Untuk mengembangkan kemampuan di bidang kepenyiaran, Manajer Star FM akan mengadakan pelatihan singkat kepenyiaran kepada para kru Star FM dan kepada masyarakat yang berminat. Pelatihan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Mei dan Kamis 13 Mei pukul 14—15 WIB.
Kru dan masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan ini dimohon segera mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikan formulir tersebut paling lambat tanggal 10 Mei 2008.
Manager Operasional Star FM30 Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VII

Contoh 3)
PENGUMUMAN
Diumumkan kepada para peserta didik kelas VII.2 SMP Sinar Mulia yang telah ditunjuk menjadi petugas upacara Hari Pendidikan Nasional 2008, diharap berkumpul di lapangan upacara pada hari Senin,1 Mei 2008 pukul 08.00 tepat, untuk melaksanakan gladi bersih persiapan upacara Hari Pendidikan Nasional 2008.
Dimohon semua hadir tepat waktu.
Pembina Osis

2.     Setelah membaca tiga contoh pengumuman tersebut, diskusikanlah hal-hal berikut! Pertanyaan Pemandu Diskusi
No.
Aspek yang didiskusikan
Contoh 1
Contoh 2
Contoh 3
1.
Siapakah yang mengumumkan?




2.
Kepada siapa pengumuman itu ditujukan?



3.
Apa isi pengumumannya?




4.
Apa tujuan utama pengumuman itu?



5.
Adakah kata-kata sulit dalam pengumuman itu yang tidak kamu pahami?



3.     Tuliskan unsur-unsur pengumuman!



LEMBAR KERJA 4.3.2

1.         Cermati data berikut!
a.                             Peserta lomba adalah kelompok
b.                             Sasaran : semua peserta didik di sekolahmu
c.    Isi pengumuman : lomba karya tulis ilmiah remaja dalam rangka memperingati ulang tahun sekolahmu yang ke-20
d.                            Penyelenggara : OSIS
e.                             Waktu pelaksanaan : 6 Oktober 2008
f.                              Tempat pelaksanaan : di aula sekolahmu
g.                             Waktu pendaftaran : 1 Agustus s.d. 5 Oktober 2008
h.                            Tempat pendaftaran : Sekretariat OSIS
i.                               Lomba ini akan memperebutkan piala Kepala Sekolah.
j.      Peserta dapat menciptakan kreasi sesuai dengan ciri khas masing- masing kelompok dengan memperhatikan unsur keaslian.
k.    Usahakan pengumuman yang kamu susun benar-benar bermakna (jelas, dapat dipahami, dan berguna)

2.         Tulislah teks pengumuman berdasarkan data di atas!