RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Tegowanu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/2
|
Aspek
|
:
|
Membaca
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11 Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca intensif, membaca intensif, dan membaca nyaring.
|
Kopetensi Dasar
|
:
|
11.2 Menemukan informasi untuk
bahan diskusi melalui membaca intensif.(disiplin, rasa ingin tahu, toleransi,
kerja keras, demokratis, bertanggung jawab)
|
Indikator
|
:
|
11.2.1 Siswa mampu menuliskan topik teks/bacaan ilmiah yang berkaitan
dengan masalah
|
|
|
11.2.2 Siswa mampu mendata informasi yang problematika dan atau
kontroversial;
|
|
|
11.2.3 Siswa mampu memberi contoh
masalah dalam teks
|
|
|
11.2.4 Siswa mampu merumuskan masalah
dari data yang diperoleh untuk bahan diskusi.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
|
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui
membaca intensif.
2. Materi Pembelajaran
Menemukan informasi dalam teks berita.
a. Teks berita;
b. Cara menemukan informasi.
3. Metode
Pembelajaran
a. Diskusi
b. Tanya jawab
c. Inkuiri
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pertemuan Pertama
a.
Pendahuluan (5 menit) (disiplin)

1.
Berdoa, salam, mendata kehadiran siswa,
dan memotivasi siswa mengikuti proses pembelajaran
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari
materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
(1)
Siswa mampu menuliskan topik teks/bacaan ilmiah yang berkaitan dengan
masalah
(2) Siswa mampu mendata informasi yang problematika dan atau
kontroversial;
(3) Siswa mampu memberi contoh masalah
dalam teks;
(4)
Siswa mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh
untuk bahan diskusi.
3.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
Aktivitas pembelajaran
yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan informasi
untuk bahan diskusi melalui membaca intensif adalah (1) menemukan informasi
dari berbagai sumber, (2) membandingkan informasi yang dibaca dengan sumber
lain, dan (3) mengerjakan latihan.
b.
Kegiatan inti

Guru mengadakan apersepsi
Membaca intensif merupakan jenis membaca yangbertujuan memahami isi bacaan
secara rinci. Agar dapat memahami isi
bacaan tersebut, maka bahan bacaan tersebut akan dibaca secara teliti. Bahkan
jika informasi dalam bacaan tersebut kurang dapat dipahami sebaiknya melakukan
diskusi.
Untuk
mengetahui dan menemukan masalah yang problematik kita
dapat mengajukan beberapa pertanyaan
tentang suatu hal.
No
|
Topik
|
Pertanyaan yang dapat diajukan
|
1.
|
Mengonsumsi makanan ringan
|
·
Makanan
ringan apa saja yang boleh dibeli
·
Hal-hal
apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli makanan ringan?
·
Mengapa
orang harus berhati-hati membeli makanan ringan?
|
2.
|
Cara mengonsumsi obat
|
·
………………………………………
·
……………………………………….
·
……………………………………….
|
3.
|
Memilih dan membeli buku
|
·
……………………………………….
·
……………………………………
|

1. Siswa membaca bacaan
2. Siswa berkelompok 3-4 orang.
3. Siswa menerima LEMBAR KERJA 11.2.1
4. Siswa mengerjakan LEMBAR KERJA 11.2.1

1.
Kelompok menyampaikan
hasil kerja kelompok di depan
kelas. Minimal 2
kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok untuk pembanding.
2.
Kelompok lain
yang tidak menyampaikan hasil kerja kelompok menanggapi presentasi temannya.
3.
Diskusi kelas
menyimpulkan pokok-pokok berita dan penulisan rangkuman berdasarkan pokok-pokok
berita.

Catatan guru

Dalam sebuah teks bacaan, umumnya penulis memaparkan
tulisannya bertolak dari fakta-fakta.
Setelah itu, fakta-fakta ditanggapi dengan pendapat-pendapat (opini) penulisnya atau opini para tokoh/pakar/ahli
di bidangnya. Selanjutnya, semua pandangan penulis atas faktafakta disimpulkan di bagian akhir
tulisan berdasarkan dari uraian-uraian sebelumnya.
Perbedaan
antara fakta, pendapat, dan kesimpulan.
a.
Fakta
adalah hal berupa keadaan atau
peristiwa yang merupakan kenyataan yang ada dan telah terjadi. Contoh: Tanggal 2 Mei ditetapkan
sebagai hari Pendidikan Nasional.
b.
Pendapat
(opini) adalah pernyataan
yang berdasarkan pikiran, anggapan, perkiraan, atau pendirian dari seseorang. Contoh: Kegiatan
lomba-lomba atau pameran pendidikan sebaiknya perlu digalakkan pada bulan Mei untuk memeriahkan
Hardiknas.
c.
Kesimpulan
adalah pendapat terakhir yang
berdasarkan uraian-uraian sebelumnya. Contoh: Dengan demikian, semua pihak mempunyai andil dalam
memajukan pendidikan di Indonesia.
c.
Refleksi (10 menit)
(bertanggung jawab)

1.
Merujuk kembali ke tujuan dan hasil belajar,
bertanya kepada para siswa apakah
tujuan-tujuan ini sudah bisa tercapai.
2.
Tanyakan kepada para siswa “Apakah
mereka sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini?”
a)
Apa saya dapat menuliskan
topik teks/bacaan ilmiah yang berkaitan dengan masalah?
b)
Apakah saya dapat mendata informasi
yang problematika dan atau kontroversial?
c)
Apakah saya dapat menentukan contoh masalah dalam teks?
d) Apakah saya dapat merumuskan
masalah dari data yang diperoleh untuk bahan diskusi.
3.
Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk
menuliskan hasil belajar dari sesi ini ke dalam buku jurnal.

Tugas
terstruktur
Kamu
juga dapat menemukan informasi rinci dari teks melalui penemuan ide pokok tiap
paragrafnya. Ide (gagasan) pokok paragraf merupakan informasi utama. Sementara
itu, gagasan penjelas paragraf juga penting untuk dijadikan data dalam
pengemukaan ide pokok dalam sebuah diskusi. Berdasarkan
teks Hardiknas 2006: “Pendidikan
Bermutu untuk Mewujudkan Insan Cerdas
dan Kompetitif” catatlah gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam tabel berikut ini!
Paragraf
ke-
|
Gagasan Pokok
|
Gagasan Penjelas
|
1
|
...
|
...
|
2
|
...
|
...
|
3
|
...
|
...
|
4
|
...
|
...
|
5
|
...
|
...
|
6
|
...
|
...
|
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan (5 menit) (disiplin)

1.
Berdoa, salam, mendata kehadiran siswa,
dan memotivasi siswa mengikuti proses pembelajaran
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
a.
Siswa mampu menuliskan topik teks/bacaan ilmiah yang berkaitan dengan
masalah
b. Siswa mampu mendata informasi yang problematika dan atau
kontroversial;
c.
Siswa mampu memberi contoh masalah
dalam teks;
d.
Siswa mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh
untuk bahan diskusi.
3.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
Aktivitas pembelajaran
yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui
membaca intensif adalah (1) menemukan informasi dari berbagai sumber, (2)
membandingkan informasi yang dibaca dengan sumber lain, dan (3) mengerjakan
latihan.
b.
Kegiatan inti

Guru mengadakan apersepsi
Guru bertanya
jawab dengan siswa tentang pembelajaran pertemuan pertama. Guru menanyakan
ulang. Apa yang dimaksud masalah, informasi
problematika, masalah kontroversial, dan rumusan masalah.
Siswa dan guru
membahas tugas siswa pada pertemuan pertama

1. Siswa berkelompok 3-4 orang.
2. Siswa menerima LEMBAR KERJA 11.2.2
3. Siswa mengerjakan LEMBAR KERJA 11.2.2

1. Kelompok
menyampaikan
hasil kerja kelompok di depan
kelas. Minimal 2
kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok untuk pembanding.
Diskusi membahas:
o Data yang diperoleh siswa;
o Rumusan masalah yang disusun siswa
2. Kelompok lain yang tidak menyampaikan
hasil kerja kelompok menanggapi presentasi temannya.
3. Diskusi kelas menyimpulkan rumusan
masalah yang baik
c.
Refleksi (10 menit)
(bertanggung jawab)

1. Merujuk
kembali ke tujuan dan hasil belajar, bertanya kepada
para siswa apakah tujuan-tujuan ini sudah bisa
tercapai.
2. Tanyakan
kepada para siswa “Apakah
mereka sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini?”
a) Apa siswa dapat mendata
berbagai masalah di sekitar?
b) Apakah siswa dapat merumuskan maslah berkaitan dengan data yang diperoleh?
3. Memberikan
kesempatan kepada para siswa untuk menuliskan hasil belajar dari sesi ini
ke dalam buku jurnal.
5. Sumber Belajar
a. Teks berita
b. Berbahasa dan Bersastra
Indonesia 2 : Untuk SMP/MTs Kelas VIII/oleh Asep Yudha Wirajaya dan
Sudarmawarti; editor Siti Aminah. — Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen
Pendidikan Nasional, 2008. Hal 131 – 135
c. Contextual Teaching and Learning Bahasa
Indonesia: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi
4/Kisyani Laksono,…[et. al.].--Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
d. Bahasa Indonesia: SMP/MTs Kelas VIII/Yulianti
Setyorini,Wahono — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,
2008.
.6. Penilaian
a. Teknik :
Tes Tertulis
b. Bentuk instrumen :
Tes uraian
c. Soal/Instrumen :
Indikator
|
Soal
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Pilihlah
satu buah topik yang mengandung problematik yang ada di sekitar Anda!
|
Siswa dapat
memilih topik dengan tepat
Siswa dapat
memilih topik cukup tepat
Siswa
memilih topik kurang tepat
|
3
2
1
|
2
|
Datalah
masalah-masalah berkaitan dengan topik yang telah Anda pilih!
|
Siswa
menemukan 3 data
Siswa
menemukan 2 data
Siswa
menemukan 1 data
|
3
2
1
|
3
|
Buatlah lima
pertanyaan berkaitan dengan topik yang telah Anda pilih!
|
Siswa
menyusun 5 pertanyaan
Siswa
menyusun 4 pertanyaan
Siswa
menyusun 3 pertanyaan
Siswa
menyusun 2 pertanyaan
Siswa
menyusun 1 pertanyaan
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Susunlah
rumusan masalah berdasarkan topik yang telah Anda pilih!
|
Siswa
menyusun rumusan maslah dengan tepat
Siswa
menyusun rumusan maslah cukup tepat
Siswa
menyususn rumusan masalah kurang tepat
|
3
2
1
|
Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100)
Skor maksimum (14)
Tegowanu, 15 Januari 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
H. Saerozi, S.Pd. Supriyadi, S.Pd.
NIP. 19650704 198803 1 013 NIP.
19710116
200501 1 008

Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Tegowanu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII/2
|
Aspek
|
:
|
Membaca
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11 Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca intensif, membaca intensif, dan membaca nyaring.
|
Kopetensi Dasar
|
:
|
11.2 Menemukan informasi untuk
bahan diskusi melalui membaca intensif;
|
Indikator
|
:
|
11.2.1 Siswa mampu menuliskan topik teks/bacaan ilmiah yang berkaitan
dengan masalah
|
|
|
11.2.2
Siswa mampu mendata informasi yang problematika dan atau
kontroversial;
|
|
|
11.2.3
Siswa
mampu memberi contoh masalah dalam teks
|
Alokasi Waktu
|
:
|
20 menit
|
Petunjuk
1. Bacalah teks berita berikut!
2. Setelah kalian memahami isi bacaan,
ujilah pemahamanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan!
3. Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di
depan kelas!
4. Kalian dapat menanggapi hasil diskusi
kelompok lain jika tidak sesuai dengan hasil diskusi kelompokmu.
Hardiknas 2006: “Pendidikan Bermutu untuk Mewujudkan
Insan
Cerdas dan Kompetitif”
1. K a m i s ( 4 / 5 ) , antusiasme
masyarakat Lebak, terutama guru dan p a r a
p e l a j a r d a l a m menyambut perayaan Hardiknas tampak jelas. Sejak
pukul tujuh pagi hampir seluruh masyarakat Lebak memadati alun-alun Rangkas
Bitung, tempat berlangsungnya acara. Kemeriahan ini dibarengi pula dengan
bertebarnya spanduk, umbul-umbul, dan balon udara di berbagai sudut kota.
Keamanan terlihat sangat ketat, polisi, satuan pengamanan dinas Kabupaten
Lebak, dan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) tampak berjaga-jaga mulai
dari pusat kota hingga sekitar tempat
acara.
2. Pukul 09.45 WIB, acara dimulai
dengan sambutan Gubernur Banten yang dilanjutkan dengan pidato sambutan oleh
Mendiknas. Dalam pidato sambutannya, Mendiknas mengungkapkan, tema yang dipilih
dalam menyambut Hardiknas kali ini, merupakan penjabaran dari visi
pendidikan nasional yang tertera dalam
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan. Bunyi UU tersebut
sebagai berikut: “Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang
kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Indonesia berkembang menjadi
manusia berkualitas sehingga mampu proaktif menjawab tantangan jaman yang
selalu berubah.”
3. Dalam kata sambutannya,
Mendiknas juga menyampaikan tiga pilar kebijakan prioritas pembangunan pendidikan nasional yang
berkaitan dengan indikator kinerja dalam rencana strategis
Depdiknas 2005-2009. Tiga pilar tersebut yaitu, pemerataan dan perluasan akses
pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, serta
penguatan tata kelola akuntabilitas, dan citra publik pendidikan.
4. Wapres menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, baik
pemerintah, guru, siswa dan orangtua, agar berperan aktif dalam
memajukan derajat bangsa melalui pendidikan.
5. “Ki Hajar Dewantoro selaku
perintis pendidikan nasional kita, dapat dijadikan contoh teladan bagaimana
kita menata dan memajukan pendidikan kita. Dasar dari kemajuan kita, harus memperhatikan faktor infrastruktur, moral,
serta agama yang selalu menjadi dasar pokok. Di samping itu, yang paling pokok
adalah bagaimana mutu pendidikan itu akan terus meningkat secara bertahap, dan
selalu mengikuti kebutuhan tingkat nasional dan internasional dengan
perbandingan kemajuan pendidikan di negara-negara lain,” ujarnya.
6. Itu sebabnya, menurut Wapres kembali, untuk
mendukung seluruh warga dalam memajukan pendidikan di Indonesia,
pemerintah harus mengeluarkan anggaran tertinggi dari seluruh anggaran yang ada di republik ini, untuk pendidikan. Namun,
menurutnya lagi, pendidikan bukan hanya bergantung pada anggaran, kemauan,
partisipasi, dorongan dan kesabaran juga tak kalah penting dari itu semua. Sumber: www.hardiknas.com
Pertanyaan bacaan
1.
Tulislah beberapa fakta yang
terdapat dalam bacaan Hardiknas2006: “Pendidikan Bermutu untuk Mewujudkan Insan
Cerdas dan Kompetitif”!
2.
Tulis
pula beberapa pendapat (opini) penulis/para tokoh yang merupakan tanggapan
dalam masalah tersebut!
3.
Susunlah
simpulan dari bacaan di atas!
4. Masalah apa yang dibahas dalam
bacaan di atas?
5. Buatlah 5 pertanyaan berkaitan dengan bacaan
di atas!
6. Masalah apa yang menurut kamu perlu
dibahas tetapi belum ada dalam bacaan?