Ar-Rahman

‏ الرَّحْمنُ (1 (Tuhan) Yang Maha Pemurah. 2) عَلَّمَ الْقُرْآنَ Yang telah mengajarkan Al Qur'an. 3) خَلَقَ الْإِنْسانَ Dia menciptakan manusia, 4) عَلَّمَهُ الْبَيانَ Mengajarnya pandai berbicara. 5) الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ بِحُسْبانٍ Matahari dan bulan ( beredar ) menurut perhitungan. وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدانِ (6) Dan tumbuh- tumbuhan dan pohon-pohonan kedua- duanya tunduk kepada-Nya. وَ السَّماءَ رَفَعَها وَ وَضَعَ الْميزانَ (7) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca ( keadilan ). أَلاَّ تَطْغَوْا فِي الْميزانِ (8) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. وَ أَقيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَ لا تُخْسِرُوا الْميزانَ (9) Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. وَ الْأَرْضَ وَضَعَها لِلْأَنامِ (10) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk ( Nya ). فيها فاكِهَةٌ وَ النَّخْلُ ذاتُ الْأَكْمامِ (11) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.(11) وَ الْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَ الرَّيْحانُ (12) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga- bunga yang harum baunya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (13) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. خَلَقَ الْإِنْسانَ مِنْ صَلْصالٍ كَالْفَخَّارِ (14) Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, وَ خَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مارِجٍ مِنْ نارٍ (15) Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (16) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. رَبُّ الْمَشْرِقَيْنِ وَ رَبُّ الْمَغْرِبَيْنِ (17) Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (18) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيانِ (19) Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu بَيْنَهُما بَرْزَخٌ لا يَبْغِيانِ (20) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (21) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَ الْمَرْجانُ (22) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (23) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لَهُ الْجَوارِ الْمُنْشَآتُ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلامِ (24) Dan kepunyaan-Nya lah bahtera- bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung- gunung. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (25) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كُلُّ مَنْ عَلَيْها فانٍ (26) Semua yang ada di bumi itu akan binasa. وَ يَبْقى‏ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (27) Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (28) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يَسْئَلُهُ مَنْ فِي السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ في‏ شَأْنٍ (29) Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (30) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَ الثَّقَلانِ (31) Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (32) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَ الْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطارِ السَّماواتِ وَ الْأَرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلاَّ بِسُلْطانٍ (33) Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus ( melintasi ) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (34) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُرْسَلُ عَلَيْكُما شُواظٌ مِنْ نارٍ وَ نُحاسٌ فَلا تَنْتَصِرانِ (35) Kepada kamu, ( jin dan manusia ) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri ( daripadanya ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (36) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَإِذَا انْشَقَّتِ السَّماءُ فَكانَتْ وَرْدَةً كَالدِّهانِ (37) Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti ( kilapan ) minyak. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (38) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فَيَوْمَئِذٍ لا يُسْئَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَ لا جَانٌّ (39) Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (40) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. يُعْرَفُ الْمُجْرِمُونَ بِسيماهُمْ فَيُؤْخَذُ بِالنَّواصي‏ وَ الْأَقْدامِ (41) Orang- orang yang berdosa dikenal dengan tanda- tandanya, lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (42) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هذِهِ جَهَنَّمُ الَّتي‏ يُكَذِّبُ بِهَا الْمُجْرِمُونَ (43) Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang- orang berdosa. يَطُوفُونَ بَيْنَها وَ بَيْنَ حَميمٍ آنٍ (44) Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (45) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ لِمَنْ خافَ مَقامَ رَبِّهِ جَنَّتانِ (46) Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (47) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. ذَواتا أَفْنانٍ (48) Kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (49) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ تَجْرِيانِ (50) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (51) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما مِنْ كُلِّ فاكِهَةٍ زَوْجانِ (52) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (53) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ فُرُشٍ بَطائِنُها مِنْ إِسْتَبْرَقٍ وَ جَنَى الْجَنَّتَيْنِ دانٍ (54) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat ( dipetik ) dari dekat. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (55) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ قاصِراتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (56) Di dalam surga itu ada bidadari- bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (57) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. كَأَنَّهُنَّ الْياقُوتُ وَ الْمَرْجانُ (58) Seakan- akan bidadari itu permata yakut dan marjan. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (59) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. هَلْ جَزاءُ الْإِحْسانِ إِلاَّ الْإِحْسانُ (60) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan ( pula ). فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (61) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. وَ مِنْ دُونِهِما جَنَّتانِ (62) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (63) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan, مُدْهامَّتانِ (64) Kedua surga itu ( kelihatan ) hijau tua warnanya. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (65) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما عَيْنانِ نَضَّاخَتانِ (66) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (67) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِما فاكِهَةٌ وَ نَخْلٌ وَ رُمَّانٌ (68) Di dalam keduanya ada (macam- macam ) buah-buahan dan kurma serta delima. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (69) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. فيهِنَّ خَيْراتٌ حِسانٌ (70) Di dalam surga- surga itu ada bidadari- bidadari yang baik- baik lagi cantik- cantik. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (71) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. حُورٌ مَقْصُوراتٌ فِي الْخِيامِ (72) (Bidadari- bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (73) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَ لا جَانٌّ (74) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka ( penghuni- penghuni surga yang menjadi suami mereka ) dan tidak pula oleh jin. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (75) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. مُتَّكِئينَ عَلى‏ رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَ عَبْقَرِيٍّ حِسانٍ (76) Mereka bertelekan pada bantal- bantal yang hijau dan permadani- permadani yang indah. فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ (77) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. تَبارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلالِ وَ الْإِكْرامِ (78) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.
Sesungguhnya surga itu memiliki banyak pintu, salah satunya disebut AR-RAYYAN artinya 'Basah melimpah'. Nanti akan dipanggilah pada hari kiamat "wahai mana orang-orang yang berpuasa?" lalu bila orang terakhir dari mereka telah masuk ke dalam pintu tersebut, maka pintu itu pun ditutuplah (Sabda Nabi Muhammad SAW. HR Bukhari dan Muslim) Apakah tabungan puasa kita yang telah terkumpul dari tahun ke tahun itu cukup untuk membuka AR-RAYYAN, salah satu pintu surga yang termasyur itu? Tentu hanya Tuhan yang tahu. Tapi setidakknya kita harus yakin dahulu.

RPP Bahasa Indonesia 8 KD 9.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP Negeri 3 Tegowanu
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                       : VIII/2
Standar Kompetensi              : 9. Memahami isi berita radio/televisi.
Aspek                                      : Mendengarkan
Kopetensi Dasar                       : 9.1. Menentukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaiman) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi.
 Indikator                                  :  (1) Siswa mampu menemukan penyataan-pernyataan yang  merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita;
(2) Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar.
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi.

2.      Materi Pembelajaran
Menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya.
Dalam dunia jurnalistik dikenal singkatan 5W + 1H (what, who, where, when, why, dan how). Keenam kata Tanya tersebut merupakan unsur-unsur berita. Dengan kata lain, sebuah berita lazimnya menjawab pertanyaan apa yang diberitakan, siapa yang diberitakan, di mana peristiwa yang diberitakan terjadi, kapan peristiwa yang diberitakana terjadi, mengapa peristiwa yang diberitakan terjadi, dan bagaimana peristiwa yang diberitakan tersebut tejadi.

3.      Metode Pembelajaran
a.      Tanya Jawab
b.      Inkuiri
c.       Diskusi
4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
1)        Guru mengadakan apersepsi (guru bertanya jawab dengan siswa tentang acara apa saja yang pernah dilihat siswa di telivisi atau didengar di radio. Guru me          ngarahkan tanya jawab berkaitan dengan acara yang pengabarkan terjadinya suatu peristiwa. Acara apa itu? Warta berita. Guru  menyampaikan tujuan pembelajaran, dan rencana kegiatan.
Radio atau televisi sekarang ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap keluarga Indonesia. Hampir semua kalangan memilikinya. Televisi atau radio sudah menjadi bagian dari hidup kita. Banyak program acara yang ditayangkan di televisi atau disiarkan radio. Tayangan televisi dan siaran radio berisi informasi, pendidikan, hiburan, dan lain-lain.
Berita merupakan bagian utama penyampaian informasi melalui televisi atau radio. Wartawan dalam proses menggali berita biasanya perpedoman pada jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu kemudian dikemas menjadi berita. Siaran berita biasanya terdiri atas beberapa topik berita. Misalnya, dalam berita olahraga, topik-topik berita yang disiarkan, meliputi topik sepak bola, bola voli, bulu tangkis, dan senam.


2)        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
(1) Siswa mampu menemukan penyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita;
(2)  Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar.

3)        Guru menyampaikan rencana kegiatan.
Sebagai pendengar atau pemirsa, kita harus kritis dalam menyimak berita yang disiarkan itu. Pada pembelajaran berikut ini, kamu akan berlatih menggali informasi dari berita yang disiarkan radio atau ditayangkan televisi.

b.      Kegiatan inti
1.    Siswa mendengarkan rekaman berita dari tape recorder, televisi, atau yang dibacakan dan mencatat pokok-pokok berita.
Simaklah rekaman berita dari radio atau televisi yang akan diperdengarkan oleh gurumu! Apabila tidak memungkinkan, tutuplah bukumu, dengarkan berita yang akan dibacakan oleh gurumu dari teks berita berikut ini! Sambil mendengarkan, catat pokok-pokok berita tersebut.
Contoh
No.
Unsur Berita
Isi Berita
1
Apa?
Tentang kebakaran
2
Siapa?
Dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
3
Kapan?
Terjadi kira-kira pukul 2.30 malam.
4
Di mana?
Di Pasar Baru.
5
Mengapa?
Karena hubungan arus pendek.
6
Bagaimana?
Pasar itu sangat tidak teratur,jalan sempit sehingga ketika terjadi kebakaran, pemadam kebakaran tidak dapat langsung menuju tempat kebakaran.

Dari unsur-unsur berita tersebut, dapat dikemukakan seperti berikut ini!
Flowchart: Alternate Process: Pukul 2.30 malam telah terjadi kebakaran yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hitungan jam, Pasar Baru telah dilahap oleh si jago merah. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian material diketahui 1,3 trilyun rupiah.





Teks Berita I:
Beckham Menunggu Panggilan McClaren
Setelah melunakkan hati pelatih Real Madrid, Fabio Capello, Beckham tinggal menunggu melunaknya Steve McClaren untuk memanggilnya kembali memperkuat timnas Inggris. Media massa Inggris, Rabu (21/3) menyebutkan penampilan kembali Beckham bersama Real Madrid telah membuatnya terlihat pantas untuk kembali dipanggil memperkuat timnas Inggris.
Beckham kehilangan tempatnya di timnas Inggris sejak pelatih Steve McClaren menggantikan pelatih asal Swedia, Sven-Goran Eriksson usai Piala Dunia 2006.
"Ambisi saya sejak usia 13 bahkan sebelumnya, tetap sama. Saya selalu ingin memperkuat timnas Inggris dan saya selalu bersedia walaupun saya bermain di Spanyol atau pun di Los Angeles," kata Beckham yang telah mencatat 94 cap. McClaren sendiri selalu mengatakan semua pemain memiliki kesempatan memperkuat timnas.

Beckham bermain cemerlang saat Real Madrid mengalahkan Bayern Muenchen 3-2 dalam lanjutan Liga Champion, Selasa. Ia menciptakan dua assist yang menghasilkan gol. Namun, beberapa mantan pemain timnas Inggris seperti Bobby Robson, Gary Lineker, dan Alan Shearer mengatakan kepindahan Beckham ke Amerika Serikat merupakan pertanda karirnyadi timnas telah berakhir. McClaren sendiri membantah berita yang menyebutnya telah berkonsultasi dengan para pemain timnas tentang kemungkinan memanggil kembali Beckham.
Inggris akan menghadapi Israel dalam pertandingan tandang kualifikasi Euro 2008 pada 24 Maret dan kemudian menjamu Andorra empat hari kemudian. Kekalahan akan membuat peluang mereka ke Swiss dan Austria menjadi menipis.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2006

Teks Berita II:
Chelsea Juara, Terry Cedera
Chelsea merebut Piala Liga setelah mengalahkan Arsenal 2-1 dalam pertandingan final yang berlangsung brutal dan mengakibatkan John Terry harus dilarikan ke rumah sakit. Terry mengalami cedera serius setelah kepalanya tertendang pemain Arsenal, Abou Diaby. Insiden ini terjadi saat Terry berusaha menyundul umpan lambung tendangan penjuru Arjen Robben. Diaby yang berusaha menghalau bola justru menendang kepala Terry dengan telak.
Pertandingan sempat terhenti beberapa menit. Petugas kesehatan kemudian melarikan Terry yang menggunakan bantuan masker oksigen ke rumah sakit. Padahal Terry baru saja pulih dari cedera pergelangan kaki yang dialaminya.
Pertandingan final ini sendiri berakhir ricuh. Wasit Howard Webb mengeluarkan dua pemain Arsenal, Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor. Sementara itu, Chelsea harus bermain dengan 10 pemain setelah Mikel John Obi juga terkena kartu merah.
Menjelang akhir pertandingan, para pemain kedua kubu terlibat pertikaian di lapangan. Keadaan ini memaksa manajer Chelsea, Jose  Mourinho dan manajer Arsenal, Arsene Wenger masuk ke lapangan menenangkan para pemain mereka. Dua gol kemenangan Chelsea dicetak oleh striker mereka, Didier Drogba. Gol pertama dicetak menit 20. Sementara gol yang memastikan kemenangan The Blues dicetak menit 84. Drogba mencetak gol kedua setelah menerima umpan Arjen Robben. Sementara itu, gol Arsenal dicetak pemain muda Theo Walcott menit 12. Gol pemain berusia 17 tahun tersebut dicetak melalui kerja sama dengan Abou Diaby.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2006
Tuliskan pokok berita yang kamu dengarkan seperti dalam format berikut ini!
No
Pertanyaan
Topik Berita I
Topik Berita II

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
Apa
Siapa
Kapan
Di mana
Bagaimana
Mengapa




Dari unsur-unsur berita tersebut, tuliskan rangkumannya!





2.    Siswa menentukan pokok-pokok berita yang didengar dari tape recorder,televisi, atau dibacakan.

3.    Siswa menulis rangkuman berdasarkan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar.


c.       Kegiatan Akhir
 Siswa dan guru melakukan refleksi (5 menit)
Tugas
1.    Dengarkan berita olahraga di radio atau televisi.
2.    Jangan lupa tulislah nama stasiun radio atau televisi yang
3.    menyiarkan berita.
4.    Catatlah nama pembaca berita.
5.    Tuliskan waktu mendengarkan berita (hari, tanggal, jam)
6.    Tulislah pokok-pokok berita yang kamu dengarkan.

Kerjakan tugas dengan menggunakan kolom berikut ini!
Nama stasiun                : ____________________________________
Nama Pembaca Berita  : ____________________________________
Hari, tanggal siaran     : ____________________________________
Waktu siaran                : ____________________________________
No
Pertanyaan
Pokok-Pokok Berita
1
Apa
..................................................................
2
Siapa
..................................................................
3
Kapan
..................................................................
4
Di mana
..................................................................
5
Bagaimana
..................................................................
6
Mengapa
..................................................................


5.      Sumber belajar
a.      TV/radio
b.      Rekaman berita (kaset/VCD berita)
c.       Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
1)        Bahasa Indonesia 2: Bahasa Kebanggaanku Untuk SMP/Mts Kelas VIII/ Oleh Sarwiji Suwandi Dan Sutarmo.— Cet.1.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
2)        Bahasa dan Sastra Indonesia 2: untuk SMP/MTs kelas VIII/Maryati, Sutopo -- Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

6.      Penilaian
a. Teknik                           : Tes tulis
b. Bentuk instrumen        : Tes uraian
c. Soal/Instrumen             : ..

Berita 1


Text Box: Putu Wijaya, Penerima Anugerah FTI 2007
Dramawan Putu Wijaya (63) terpilih sebagai penerima Anugerah Federasi Teater Indonesia (FTI) 2007. Penghargaan bagi lelaki kelahiran Puri Anom, Tabanan, Bali, 11 April 1944, ini akan diserahkan bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-3 FTI di Teater Studio, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Rabu (9/1) malam. 
Pada acara puncak penganugerahan tersebut dijadwalkan tampil teaterwan terkemuka Indonesia, seperti Danarto, Slamet Rahardjo Djarot, N Riantiarno, dan Deddy Mizwar, serta pemusik Ebiet G. Ade. “Putu Wijaya dipilih tim juri, antara lain, karena berbagai rintisannya dalam perkembangan teater modern Indonesia,” kata Ketua FTI Radhar Panca Dahana yang juga satu di antara lima juri. Empat juri lainnya adalah Danarto, N Riantarno, Yohannes, dan Kenedi Nurhan.
Sumber: Kompas 9 Januari 2008
 

















1.      Tuliskan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengar!


No.
Unsur Berita
Isi Berita
1
Apa?

2
Siapa?

3
Kapan?

4
Di mana?

5
Mengapa?

6
Bagaimana?


2.      Tulislkan rangkuman berita tersebut berdasarkan pokok-pokok berita yang kamu dapatkan!

Rangkuman













Berita 2



Text Box: OKU Timur Siap Menjadi Produsen Biodiesel
Sejak tanaman jarak pagar (Jatropha curcas) dicanangkan jadi sumber bahan bakar alternatif pada tahun 2005, nama Kabupaten Ogan Komering Ulu atau OKU Timur, Sumatera Selatan, banyak terdengar. Namun, dari sejumlah daerah yang giat menanam, daerah penghasil duku Palembang tersebut ternyata boleh dikatakan agresif dalam membangun pabrik biodiesel untuk mengolah biji jarak. 
Pengembangan tanaman jarak untuk bahan bakar alternatif yang digaungkan oleh pemerintah di sejumlah daerah sejak 2005 ternyata diwarnai kesimpangsiuran pada beberapa daerah, mulai dari pola produksi, pengolahan, hinggga pemasaran. Bahkan sudah menimbulkan keresahan kalangan petani kecil yang terlanjur menanam jarak pagar karena tidak tahu bagaimana memasarkan produknya. 
Namun, kebingungan itu tidak berlaku di Kabupaten OKU Timur, yang pada tahun ini membangun pabrik  pengolahan biji jarak dan pabrik biodiesel. Pembangunan  industri hilir itu terletak di ibu kota kabupaten, Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura. 
Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah OKU  Timur, Saiman  Kedsumadharma mengatakan, masyarakat  di wilayah tersebut telah mengembangkan tanaman jarak sejak tahun 2005. Sebagian tanaman itu kini sudah dipanen. 
Filosofi penanaman jarak adalah untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi pemerintah terhadap BBM. Selain itu,  menciptakan  penghasilan tambahan bagi masayarakat.
Sumber: Kompas, September 2007
 


























1.      Tuliskan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengar!


No.
Unsur Berita
Isi Berita
1
Apa?

2
Siapa?

3
Kapan?

4
Di mana?

5
Mengapa?

6
Bagaimana?


2.      Tulislkan rangkuman berita tersebut berdasarkan pokok-pokok berita yang kamu dapatkan!

Rangkuman






            Penskoran

1.      Tuliskan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengar!

            Masing-masing dari berita 1 dan berita 2
Ø  Siswa menemukan 6 pokok-pokok berita dengan benar          skor (5)
Ø  Siswa menemukan 5 pokok-pokok berita dengan benar          skor (4)
Ø  Siswa menemukan 4 pokok-pokok berita dengan benar          skor (3)
Ø  Siswa menemukan 3 pokok-pokok berita dengan benar          skor (2)
Ø  Siswa menemukan 1-2 pokok-pokok berita dengan benar      skor (1)
Ø  Siswa tidak menemukan apa-apa                                              skor (0)
Jumlah                        = 10
2.      Tuliskan pokok-pokok berita dengan singkat!
Ø  Siswa menuliskan pokok-pokok berita sebanyak 5-6              skor (2)
Ø  Siswa menuliskan pokok-pokok berita sebanyak 1-4               skor (1)
Ø  Siswa tidak menuliskan apa-apa                                                           skor (0)
Ø  Tidak terdapat  kesalahan ejaan dan tanda baca                                 skor (3)
Ø  Terdapat 1- 2 kesalahan ejaan dan tanda baca                                    skor (2)
Ø  Terdapat  3 – 4 kesalahan ejaan dan tanda baca                                 skor (1)
Ø  Terdapat  4 < kesalahan ejaan dan tanda baca                                    skor (0)
Subtotal                      = 10
                                                                              Total                            = 20

Skor maksimal = 20
Nilai akhir =     Perolehan skor       x (10)   
                                 (20)

Kunci Jawaban:

1.      Tuliskan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengar!

No.
Unsur Berita
Isi Berita
1
Apa?
Putu Wijaya menerima anugerah FTI 2007
2
Siapa?
Putu Wijaya
3
Kapan?
 Rabu , 9 Januari 2009  malam
4
Di mana?
di Teater Studio, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta
5
Mengapa?
Putu Wijaya dipilih tim juri, antara lain, karena berbagai rintisannya dalam perkembangan teater modern Indonesia
6
Bagaimana?
Penghargaan bagi lelaki kelahiran Puri Anom, Tabanan, Bali, 11 April 1944, ini akan diserahkan bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-3 FTI

2.      Tulislkan rangkuman berita tersebut berdasarkan pokok-pokok berita yang kamu dapatkan!

Rangkuman
Flowchart: Alternate Process: Putu Wijaya menerima anugerah FTI 2007 pada Rabu, 9 Januari 2008 malam di Teater Studio Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Penghargaan yang akan diserahkan bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-3 FTI itu sebagai penghargaan atas berbagai rintisannya dalam perkembangan teater modern Indonesia.






1.      Tuliskan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengar!


No.
Unsur Berita
Isi Berita
1
Apa?
OKU Timur Siap Menjadi Produsen Biodiesel
2
Siapa?
Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah OKU  Timur, Saiman  Kedsumadharma mengatakan
3
Kapan?
Sejak tahun 2005 dan tahun ini
4
Di mana?
Kabupaten OKU Timur
5
Mengapa?
Penanaman jarak untuk bahan bakar alternatif, mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi pemerintah terhadap BBM. Selain itu,  menciptakan  penghasilan tambahan bagi masayarakat.
6
Bagaimana?
Pengembangan tanaman jarak digaungkan oleh pemerintah 2005 ternyata menimbulkan keresahan kalangan petani kecil yang terlanjur menanam jarak pagar karena tidak tahu bagaimana memasarkan produknya.
Namun, kebingungan itu tidak berlaku di Kabupaten OKU Timur, yang pada tahun ini membangun pabrik  pengolahan biji jarak dan pabrik biodiesel.
Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah OKU  Timur, Saiman  Kedsumadharma mengatakan, masyarakat  di wilayah tersebut telah mengembangkan tanaman jarak sejak tahun 2005. Sebagian tanaman itu kini sudah dipanen.


2.      Tuliskan rangkuman berita tersebut berdasarkan pokok-pokok berita yang kamu dapatkan!

Rangkuman
Flowchart: Alternate Process: Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah OKU  Timur, Saiman  Kedsumadharma mengatakan, masyarakat  di wilayahnya telah mengembangkan tanaman jarak sejak tahun 2005. Sebagian tanaman itu kini sudah dipanen. Filosofi penanaman jarak adalah untuk bahan bakar alternatif, mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak (BBM) dan subsidi pemerintah terhadap BBM. Selain itu,  menciptakan  penghasilan tambahan bagi masayarakat.






                                                                                                                                                                                                                                                                       

Tegowanu,  15 Januari 2012
Mengetahui                                                                           
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran


H Saerozi , S.Pd.                                            Supriyadi, S.Pd.
NIP. 19650704 198803 1 013                        NIP. 19710116  200501 1 008