RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Tegowanu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas / Semester
|
:
|
VIII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
15. Memahami buku novel remaja (
Asli / terjema dan antologi puisi.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
15. 2. Mengenali ciri-ciri umum
puisi dari buku antologi puisi. (Mandiri, disiplin, kritis, logis,
bertanggung jawab)
|
Indikator
|
:
|
1. Mampu mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi- puisi dalam antologi
|
|
|
2. Mampu
mendiskusikan ciri-ciri umum puisi.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 2 pertemuan )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengenali ciri-ciri
umum puisi dari buku antologi puisi.
B. Materi Pembelajaran
Pengenalan ciri umum puisi
C. Metode Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
Penugasan
d.
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Pendahuluan (5 menit) (mandiri, disiplin, kritis, logis)

1) Berdoa, salam, mendata kehadiran siswa, dan memotivasi siswa mengikuti
proses pembelajaran
2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
(1) Siswa mampu mendata hal-hal
yang bersifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
(2) Siswa mampu
mendiskusikan ciri-ciri umum puisi.
3) Guru menyampaikan rencana kegiatan.
Aktivitas pembelajaran
yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi membaca buku antologi puisi
untuk mengenali ciri umum puisi adalah (1) mengamati ciri puisi dan
membandingkan puisi, (2) menyimpulkan ciri puisi.
b.
Kegiatan inti

Guru mengadakan apersepsi (Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
antologi puisi)
Buku
antologi puisi merupakan buku yang berisi kumpulan puisi karya seorang penyair
atau beberapa penyair.

1.
Siswa secara individu secara individu membaca dan mengamati
sebuah puisi untuk menemukan ciri-ciri puisi.
2.
Siswa berkelompok 4-5 orang
3.
Siswa diberi lembar kerja siswa(LEMBAR KERJA 15.2)
4.
Siswa mengerjakan
lembar kerja

1. Kelompok
menyampaikan
hasil kerja kelompok. Minimal 2 kelompok menyampaikan hasil kerja kelompok
untuk pembanding.
2. Kelompok lain yang tidak menyampaikan
hasil kerja kelompok menanggapi presentasi temannya.
3. Diskusi kelas menyimpulkan ciri-ciri
puisi
c.
Refleksi (10 menit) (bertanggung jawab)

1.
Merujuk kembali ke tujuan dan hasil belajar,
bertanya kepada para siswa apakah
tujuan-tujuan ini sudah bisa tercapai.
2.
Tanyakan kepada para siswa “Apakah
mereka sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini?” Apakah ciri-ciri puisi?
3.
Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk
menuliskan hasil belajar dari sesi ini ke dalam buku jurnal.
Tugas Mandiri
Bentuklah kelompok. Masing-masing anggota kelompok mencari dua buah puisi.
Kemudian berilah tanggapan puisi tersebut. Kumpulkan dalam bentuk jilidan!
E. Sumber Belajar
Buku Antologi puisi
F. Penilaian
Teknik :
Penugasan
Bentuk Instrumen :
Tugas proyek
Soal / Instrumen
Buatlah laporan yang berisi hal-hal yang khusus dari setiap
puisi dari buku antologi puisi kemudian simpulkan ciri umumnya.
Pedoman Penskoran
Indikator
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa
menyebutkan hal-hal menarik dari puisi yang dibaca disertai alasan
|
3
|
Siswa
menyebutkan hal-hal menarik dari puisi yang dibaca tanpa disertai alasan
|
2
|
|
2
|
Siswa menyebutkan ( 5 ) ciri
dalam puisi
|
5
|
Siswa menyebutkan ( 4 ) ciri
dalam puisi
|
4
|
|
Siswa menyebutkan ( 3 ) ciri
dalam puisi
|
3
|
|
Siswa menyebutkan ( 2 ) ciri
dalam puisi
|
2
|
|
Siswa menyebutkan ( 1 ) ciri
dalam puisi
|
1
|
|
Siswa tidak menyebutkan ciri
dalam puisi
|
0
|
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai
berikut :
Perolehan
Skor
Nilai Akhir ------------------------------------- X skor ideal
( 100)
Skor
Maksimum
Tegowanu, 15 Januari 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
H. Saerozi, S.Pd. Supriyadi, S.Pd.
NIP. 19650704 198803 1 013 NIP.
19710116
200501 1 008